KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Masih Hangat, Download Ubuntu 20.04 LTS ISO 64 bit Focal Fossa

Ubuntu Terbaru 2020 - Yohoho, versi paling anyar dari distribusi yang menjadi basis Linux Mint, Elementary OS, Zorin, KDE Neon, akhirnya resmi dirilis oleh Canonical. Penerus dari Ubuntu 19.10 Eoan Ermine yang masih fresh ini termasuk varian Ubuntu Long Term Support.

Seperti LTS lainnya, Ubuntu 20.04 memang dicancang lebih fokus ke stabilitas dan performa, sehingga sangat cocok untuk diajak kerja intens. Meski demikian, Focal Fossa meluncur dengan sejumlah fitur menarik.

Pengguna 18.04 LTS mungkin akan merasakan perubahan signifikan.

Download Ubuntu Terbaru 2020

Perubahan yang dimaksud tidak hanya dari segi visual, tapi juga kinerja. Terimakasih untuk GNOME 3.36 Gresik. Ya kalian tidak salah baca, pengembang memakai nama kota di Indonesia sebagai codename.

Perubahan Ubuntu 20.04 LTS

Ubuntu 20.04 LTS berjalan di atas kernel Linux 5.4 dengan dukungan lebih baik untuk hardware baru, termasuk pada chip terbaru Intel, AMD, Qualcomm, USB 3.2, port USB Type-C, Sound Open Firmware, hingga perangkat networking.

Baca juga :

Soal tampilan, rilis kali ini dibekali dengan 3 varian tema Yaru (Standar, Light, Dark), wallpaper baru, serta lockscreen lebih indah.

Pengaturan Ganti Tema Ubuntu 20.04 LTS

Ada juga dukungan fractional scaling di sesi X11 untuk kalian yang menggunakan layar HiDPI, improvisasi ZFS, multi-monitor pada GDM, fitur do not disturb mode, logo OEM saat booting, Ubuntu Software berbasis snap.

Untuk kalian yang suka bermain game di Linux, GameMode buatan Feral Interactive kini terpasang secara default.

Download Ubuntu 20.04 LTS

Kalian bisa mengunduh berkas ISO melalui link yang sudah Umahdroid siapkan. Setelah itu kalian bisa membuat bootable dengan UNetbootin, Etcher, dengan perintah dd, atau instal di Virtualbox untuk sekedar mencobanya.

Berikut tabel spek perangkat yang dibutuhkan :

SYSTEM REQUIREMENTS
CPU2 GHz dual core processor
RAM4 GB of system memory
Storage25 GB of hard-drive space
Display1024x768 screen resolution
InstallerCD/DVD drive or a USB port

Untuk informasi tambahan saja, daftar di atas adalah spesifikasi minimal. GNOME 3 tidak termasuk desktop environment Linux ringan.

Dalam kasus kita, posisi idle pada GNOME sudah memakan 1.2-1.4GB. Bayangkan setelah itu membuka Google Chrome?. Nangis nanti komputer kalian.

Jika memang spek mesin kalian dirasa terlalu mepet, lebih baik gunakan Official Flavors seperti Ubuntu MATE, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu yang terkenal lebih ramah laptop kentang.

Update Tips Install Ubuntu

Jika kalian mengalami masalah Ubuntu tidak berhenti di loading screen saat akan instalasi menggunakan bootable media, silahkan merapat ke artikel terbaru, Ubuntu stuck on splash screen.

Setelah Memasang Ubuntu 20.04 LTS

Disana juga kita jelaskan jika ada freeze setelah instalasi dan cara memperbaikinya. Jadi yah, monggo dibaca saja.

Jika ada pertanyaan mengenai Ubuntu 20.04 LTS terbaru ini silahkan tinggalkan lewat komentar. Jangan lupa like, follow, and subscribe akun medsos Umahdroid untuk mendapatkan update artikel Linux lainnya. Semoga bermanfaat!.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Ale
    Ale
    09 Mei
    • Kunjungi profil
    Perbedaan ubuntu 18.04 dengan ubuntu 20.04 apa aja om???
    • Ale
      Tiwo Satriatama
      10 Mei
      • Kunjungi profil
      Lumayan banyak. Soal performa juga signifikan peningkatannya. GNOME 3.36 lebih ngebut
    Reply