KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengambil Nomor Anggota Grup WhatsApp Secara Massal

Tutorial Scrape WhatsApp - Meski secara fungsi dan fitur masih kalah jauh dengan Telegram, namun WhatsApp masih jadi pilihan utama kebnyakan orang untuk berkirim pesan. Nah apakah kalian ingin mengambil semua nomor anggota grup WhatsApp tapi tidak tahu bagaimana caranya?.

Jangan kawatir, karena hari ini Umahdroid akan bahas trik paling mudahnya. Memang sih kita bisa menyalin nomor WA yang belum tersimpan di kontak dengan melihat daftar participants atau peserta yang ada pada Group Info.

Bagaimana jika jumlah anggotanya ada ratusan?. Lah bisa kriting jari kita.

Mengambil Nomor Grup WA

Itulah mengapa perlu trik untuk mengambil kontak grup WA secara masal. Teknik seperti ini disebut scrape, orang yang mengambil disebut scraper, sedangkan aktivitasnya disebut scraping.

Tahap Persiapan dan Bahan

Seperti kebanyakan tutorial teknologi yang sudah pernah kita bahas, ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu sebelum menyedot seluruh nomor HP sebagai menu utama dalam postingan kali ini.

Nah monggo siapkan syarat berikut :
  • Seperangkat PC desktop atau laptop
  • Koneksi Internet, bisa tethering dari HP
  • Peramban aka browser, Chrome atau Firefox
  • Aplikasi editor teks komputer

Untuk poin terkahir kalian bisa pakai aplikasi Notepad, Sublime, Atom, Gedit, Leafpad, Visual Code, dst. Sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing.

Mengambil Seluruh Kontak Grup WA

Setelah semua bahan pada tahap persiapan di atas terkumpul, langkah utama yang wajib dilakukan adalah mengkoneksikan PC serta HP yang terpasang WhatsApp ke jaringan internet (data mobile maupun Wi-Fi).

Baca juga :

Yah seperti kita tahu, aplikasi pesan instan milik perusahaan yang kena skandal data pengguna ini tidak bisa terhuhung dengan device lain jika smartphone tidak memiliki akses internet.

Langkah 1

Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membuka peramban (disini kita pakai Google Chrome) yang terpasang di PC Desktop atau laptop. Klik pada kolom alamat, lalu buka alamat web.whatsapp.com.

Cara Login WhatsApp Web

Setelah itu ambil smartphone kalian, buka aplikasi WhatsApp, tekan menu titik 3 yang ada di pojok kanan atas, pilih WhatsApp Web, lalu scan QR code yang muncul pada halaman tersebut untuk login.

Langkah 2

Kembali ke komputer. Langkah selanjutnya adalah membuka "persekutuan" yang nomornya akan kita sedot. Silahkan klik kanan pada area judul grup, lalu pilih menu Inspect Element untuk Firefox atau Inspect untuk Chrome.

Cara Nenyimpan Nomor Grup WhatsApp

Jika bingung bisa lihat tangkapan layar pada gambar di atas untuk lebih jelasnya. Sebenarnya bisa juga sih lewat tombol shortcut, tapi kita harus menyorot elemennya, jadi menurut kita kurang praktis.

Langkah 3

Sekarang perhatikan bagian bawah pada panel inspek. Lihat?. Identitas semua penghuni yang sudah kita miliki (berupa nama) dan belum kita miliki (berupa nomor) alias not saved akan otomatis muncul disini.

Cara Mengambil Nomor di Grup WhatsApp

Nah, langsung saja Double-click elemen tersebut, terus klik kanan, lalu pilih Copy atau bisa juga langsung dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+C pada papan ketik komputer kesayangan kalian.

Langkah 4

Seakrang tinggal buka aplikasi teks editor yang sudah disiapkan pada tahap alat dan bahan dan Paste salinan dari aplikasi WhatsApp berbasis web pada step sebelumnya. Hasilnya kurang lebih akan seperti screenshot berikut.

Semua Kontak Grup WhatsApp

Formatnya memang masih berantakan, jadi perlu kita rapihkan dulu. Kalian bisa gunakan Find and Replace untuk menghapus karakter yang tidak diperlukan, seperti spasi, tanda strip, dan koma.

Mengolah Data Kontak Mentah

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menambahkannya ke kontak sekaligus?. Apa iya harus satu-satu?. Oh tentu tidak, kita bisa pakai MS Excel, Google Sheets, atau software pengganti Microsoft Office lainnya.

Cara Save Nomor Sekaligus di Excel

Jika memang butuh, kalian bisa mengunduh file csv yang sudah Umahdroid upload ke Google Drive. Nah, untuk link-nya sendiri kita letakan di akhir artikel.

Cara mengisinya juga mudah, isi dengan :
  • Given Name : Nama kontak
  • Family Name : Nama belakang
  • Group Membership : *myContacts
  • Phone 1 - Type : Mobile
  • Phone 1 - Value : Nomor HP

Setelah semua terisi, tinggal import saja berkas tadi ke aplikasi kontak atau di contacts.google.com jika ingin menyimpannya di akun Google.

Apabila ada yang ditanyakan tentang trik menyimpan kontak telepon dari grup WA tanpa aplikasi pihak ketiga di komputer silahkan tuliskan lewat komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan berkah.

3 komentar

3 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • の
    08 Juni
    • Kunjungi profil
    Mantap triknya bos
    Reply
  • Google User
    Google User
    04 April
    • Kunjungi profil
    Typo detected. Software pengganti Microsoft "Offline" lainya
    • Google User
      Tiwo Satriatama
      05 April
      • Kunjungi profil
      Terimakasih koreksinya. Sudah diperbaiki :)
    Reply