KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengubah Tampilan Widget Google Search di Semua Android

Mengganti Tampilan Google Search - Ternyata masih banyak pengguna yang tidak / belum tahu bagaimana kostumisasi widget mesin pencari paling populer di dunia. Itulah sebabnya hari ini Umahdroid akan coba untuk sharing cara merubah tampilan Google search di Android.

Sebuah widget diletakan di homesreen untuk memudahkan user mengakses fitur tertentu dari sebuah aplikasi. Dalam kasus yang kita bahas, widget Google dipakai untuk mencari informasi tanpa perlu membuka browser.

Jangan kawatir, disini kita tidak akan pakai aplikasi pihak ketiga.

Merubah Widget Google Search Android

Yah meskipun banyak juga sih pengembang aplikasi Android yang membuat app tema khusus untuk sesuaikan widget Google dll. Salah satu contoh yang paling sering dipakai oleh modder adalah Zooper Pro.

Tampilan Standar Widget Google

Dengan cara yang kita tulis ini, kalian juga bisa membuat widget Google melengkung. Oh ya, pastikan kalian tidak disable aplikasi Google, karena jika hal tersebut dilakukan maka Google search hilang dari widget secara otomatis.

Baca juga :

Tutorial ini bisa dipraktekan di segala merek dan tipe smartphone, termasuk Asus, Advan, Realme, Samsung, Sony, Oppo, Vivo, Xiaomi, dst.

Tampilan Standar Google Seach Widget

Gambar tersebut adalah screenshot tampilan default widget Google search. Putih, kotak (jika versi lama), ada logo G di sebelah kiri, tulisan Say "Hey Google" (jika OK Google belum aktif), serta ikon mikrofon di bagian kanan.

Jika kalian yang bosan, ingin membuatnya matching dengan icon pack atau wallpaper, langsung saja praktekan panduan ini.

Menampilkan Google di Layar Utama

Pertama-tama, kita perlu menambahkan widget Google ke layar depan HP terlebih dahulu sebelum diotak-atik. Jika tidak, fitur customize yang akan kita gunakan tidak bisa diakses, jadi tidak bisa dipilih.

Caranya beda-beda tergantung ponsel dan launcher yang kalian pakai. Tapi umumnya bisa dengan tekan dan tahan layar utama lalu pilih Widget :

Menampilkan Google Search di Layar Depan

Silahkan cari Google lalu tekan, tahan, terus seret ke homescreen. Tinggal geser saja letaknya ke atas / ke tengah / ke bawah.

Gambarnya kurang lebih seperti di atas. Pada prakeknya kemungkinan ada perbedaan tergantung dari launcher yang kalian gunakan. Dalam kasus ini, kita menggunakan peluncur bawa'an ponsel, yakni Samsung One UI Home.

Merubah Tampilan Widget Google Search

Sudah siap dengan hidangan utama?. Oke langsung saja buka aplikasi Google di ponsel kesayangan kalian lalu pilih menu More (3 titik horizontal) yang letaknya ada di bawah sebelah kanan layar.

Baca juga :

Lanjutkan dengan memilih menu Customize Widget. Jika bingung bisa lihat screenshot di bawah untuk lebih jelasnya :

Mengganti Tampilan Pencarian Google HP

Sekarang tinggal dikreasikan sesuai selera dan gaya kalian. Yang pasti ada 4 menu yang tersedia dan bebas kita setel :

Ubah Widget Google Search di Android

Berikut masing-masing funginya (dari kiri ke kanan) :
  • Mengedit logo G menjadi teks Google
  • Memilih bentuk stadium / capsule, rounded, rectangle
  • Mengubah warna dasar aka background
  • Mengatur tingkat transparansi bar

Apabila style dirasa sudah cocok, kalian bisa menekan tombol DONE di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Itu saja tips mengubah tampilan widget Google search yang bisa Umahdroid tulis. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan penulis. Terimakasih sudah membaca, ditunggu kungjungan selanjutnya.
2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Dadang h
    Dadang h
    21 Agustus
    • Kunjungi profil
    Mas. Mau tanya .kalau di Nokia 5.3 box penelusurannya ada di bawah itu tidak bisa dipindah keatas, ada cara lain ga ya?
    • Dadang h
      Tiwo Satriatama
      21 Agustus
      • Kunjungi profil
      Baru tahu kalo nggak bisa digeser. Ada setting lock home screen yang aktif mungkin?. Saya kurang paham dengan Android One. Kalo emang nggak bisa paling ganti launcher
    Reply