KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Menampilkan Watermark di Kamera Realme C1, C2, 2 Pro

Menampilkan Shot on Realme - Jika kalian sampai di halaman ini dari hasil Googling, kemungkinan besar informasi yang sedang kalian cari adalah tutorial mengenai bagaimana cara memunculkan watermark pada hasil foto HP Realme atau menambah tulisan Realme di kamera.

Untuk ponsel lain biasanya sih butuh aplikasi tambahan. Tapi itu tidak berlaku untuk Realme, produsen smartphone yang berbasis di Shenzhen ini sudah dibekali fitur watermark foto secara out of the box.

Realme muncul pertama kali di Indonesia pada 9 Oktober 2018 lalu.

Menampilkan Watermark Shot on Realme

Jadi wajar saja jika masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara menampilkan tulisan Realme di kamera karena baru 1 tahun lebih sebulan mereka menyasar Tanah Air sebagai target pasar.

Apa itu Watermark?

Watermark adalah sebuah teks singkat / logo / informasi copyright yang biasa ditemukan pada karya baik digital atau non-digital untuk menunjukan identitas dari pembuat karya sebagai identitas, media promosi, dan perlindungan hak cipta.

Baca juga :

Dengan demikian, WM bisa menjadi bukti otentik atau bukti nyata atas hak kepemilikan pencipta terhadap suatu hasil karya yang telah diproduksinya.

Tanda air sangat mudah ditemukan pada karya fotografi digital. Letaknya biasanya ada di pojok agar tidak menutupi objek foto atau di tengah menutupi namun dengan tingkat transparasi yang cukup tinggi.

Setting Watermark Kamera Realme

Seperti yang kita katakan sebelumnya, pengguna bisa dengan mudah menambahkan tulisan Shot on di kamera Realme tanpa aplikasi pihak ketiga yang banyak beredar di Google Play Store.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama buka menu Pengaturan
  • Masuk ke setelan Aplikasi Sistem
  • Selanjutnya pilih Kamera
  • Aktifkan opsi Tanda air dengan tap 1x

Sekarang setiap hasil foto Realme kalian akan memiliki logo dan teks "Shot on Realme [Tipe / Model]".

Cara Menghilangkan Watermark Realme

Bisa dibilang ini adalah kebalikan bahasan sebelumnya, jadi kurang lebih sama. Buka Settings > System App > Camera > Disable Watermark.

Itulah tutorial mengaktifkan dan menonaktifkan fitur watermark di hasil foto HP Realme. Jika ada yang ditanyakan, jangan sungkan untuk menyampaikannya lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!.
2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • agusaribowo
    agusaribowo
    24 Desember
    • Kunjungi profil
    Maaf gan. Klu untuk menampilkan titik koordinat lokasi pada hp realme gmn?
    • agusaribowo
      Tiwo Satriatama
      24 Desember
      • Kunjungi profil
      Wah, kurang paham kalo aplikasi bawaan. Dulu sih pake Open Camera
    Reply