KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Samsung Hentikan Dukungan Linux on DeX untuk Android 10

Linux on DeX Samsung - Lingkungan desktop yang dapat mengubah HP atau Tablet Samsung menjadi PC saat terhubung ke layar eksternal yang disebut DeX sempat mencuri perhatian pecinta gadget dari seluruh penjuru dunia terutama para developer software aplikasi.

Hampir setahun lalu Samsung memperkenalkan proyek Linux on DeX beta yang membuat seri Galaxy S, Note, dan Tab tertentu bisa menjalankan GNU/Linux Ubuntu secara penuh.

Baca juga :

Meski masih dalam tahap beta, dari pantauan Umahdroid, sistem tersebut dapat berjalan dengan cukup baik.

Instal Ubuntu di HP Androi Samsung dengan Linux on Desk

Sayangnya proyek menarik tersebut telah resmi dihentikan. Samsung memutuskan untuk menyusul Canonical yang lebih dulu menyetop Ubuntu Phone bersamaan dengan Unity8 sebagai proyek desktop konvergen.

Linux on DeX Resmi Mandek

Hal ini diketahui setelah vendor asal Korea Selatan tersebut mengirim email kepada para penguji bahwa program beta telah berakhir. LoD tidak akan didukung pada perangkat yang menjalankan Android 10.


Pada perjalanannya, Linux on DeX memang tidak menerima improvisasi mayor selain memperluas kompatibilias ke lebih banyak device.

Thank you for supporting Linux on DeX Beta. The development of Linux on DeX was all thanks to customer interest and valuable feedback. Unfortunately, we are announcing the end of our beta program, and will no longer provide support on future OS and device releases.

NOTE - Linux on DeX will not be supported on Android 10 Beta. Once you update your device to Android OS 10, you will not be able to perform a version rollback to Android Pie. If you decide to update your device to Android 10 Beta, we recommend backing up data before updating.

Thank you,
The Linux on DeX Team

Satu-satunya system image yang ditawarkan adalah Ubuntu LTS, tepatnya versi 16.04. Bukan yang paling baru memang, tapi versi tersebut masih mendapatkan support dari sampai 2021.

Samsung Tidak Sendiri

Dengan ini, maka Samsung join the club atau menambah daftar vendor yang gagal dalam pengembangan sistem convergence desktop. Sebelumnya ada Ubuntu Phone, Motorola Atrix, dan Windows Continuum.

Meski demikan, pengguna Samsung Android Pie ke bawah dapat mencoba Linux on DeX dengan mengunduh dan menginstalnya secara manual.

#1 Android 9 Pie

  • Galaxy Note 9
  • Galaxy S9 & S9+
  • Galaxy S10, S10e, S10+
  • Galaxy Tab S4
  • Galaxy Tab S5e

#2 Android 8 Oreo

  • Galaxy Note 9
  • Galaxy Tab S4

Itulah berita Linux terbaru tentang discontinue-nya LoD. Bagikan artikel ini ke teman-teman kalian di sosial media dan grup open source jika bermanfaat. Sampai jumpa di artikel teknologi lainnya. Terimakasih sudah membaca!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan