KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengatasi Sayangnya Asus Launcher Telah Berhenti di Zenfone

Fix Asus Launcher Has Stopped - Ada banyak sekali pengguna HP Asus Zenfone, terutama seri lama seperti Zenfone 2 / 3 / 5 dll yang mengalami masalah menyebalkan Unfortunately ZenUI launcher has stopped, Open app again.

Pesan error tersebut selalu (jika bukan biasanya) muncul setelah menginstal aplikasi atau game baru dari toko aplikasi resmi Google Play Store.

Ini juga terjadi di ponsel Asus Zenfone 3 ZE520KL / ZE552KL.

Mengatasi ZenUI Launcher Has Stopped

Karena itulah hari ini Umahdroid akan berikan tutorial cara menghilangkan tulisan sayangnya Asus Launcher telah berhenti. Semoga bisa dijadikan solusi untuk kalian yang mengalami hal serupa.

ZenUI Launcher Has Stopped

Entah apa penyebab pasti kenapa Asus Launcher telah berhenti. Yang jelas, masalah ini sangat mengganggu karena setiap kali dialog muncul, Zenfone akan loading saat membuka home-screen atau app-drawer.

Baca juga :

Lihat screenshot di bawah berikut untuk lebih jelasnya :

ZenUI Asus Launcher Error

Awalnya kita pikir mungkin perlu diperbarui. Tapi setelah kroscek, ternyata Asus sudah menghentikan dukungan peluncur buatan mereka untuk model lama.

Ini ditandai dengan tidak bisa dibukanya halaman ZenUI launcher di Google Play Store. Padahal jika menggunakan HP Asus model baru seperti Zenfone 5, Zenfone 5Q, atau Zenfone 5Z bisa diakses.

Memperbaiki Asus Launcher Telah Berhenti

Pertolongan pertama mengatasi aplikasi bawaan Android bermasalah dengan melakukan clear cache dan clear data ternyata tidak berhasil. Setelah uji coba, akhirnya ketemu juga cara yang work.

Disini kita akan menggunakan ZenUI launcher 5.0, tepatnya v5.0.1.62.

Tampilan Menu Asus Launcher versi Lama

Pengaturan Homescreen Asus Launcher versi Lama

Setahu kita, ini adalah versi paling tinggi yang bisa dipakai di Zenfone 3 (ZE520KL / ZE552KL). Diatas versi itu sudah tidak bisa diinstal karena device wajib menjalankan API level 28 aka Android 9 Pie.

Cara Update ZenUI di Zenfone Jadul

Untuk memasangnya mudah kok, tidak lah jauh berbeda dengan menginstal atau memperbarui aplikasi dengan APK di smartphone Android pada umumnya.

Langkah lengkapnya akan seperti dibawah ini :
  • Silahkan unduh ZenUI launcher 5.0 APK
  • Setelah proses unduh selesai, buka aplikasi file manager
  • Buka folder tempat dimana file tadi tersimpan (contoh download)
  • Ketuk pada com.asus.launcher_5.0.1.62_umahdroid_com.apk
  • Berikan permission Install unknows apps agar bisa dieksekusi
  • Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai

Jika cara diatas tidak berhasil, coba gunakan cara lain dengan masuk ke mode recovery Zenfone lalu pilih wipe data / factory reset yang ada di menu tersebut.

Jangan lupa backup data penting di memori internal.

Itulah cara atasi Asus Launcher telah berhenti. Bagikan artikel ini untuk support Umahdroid agar terus menulis tutorial Zenfone lainnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan