KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Kecepatan Internet 4G Indonesia Peringkat 72 dari 77 Negara

Kecepatan internet Indonesia - Pembangunan jaringan 4G memang sudah cukup lama diaplikasikan dan terus digenjot agar lebih merata. Namun pengguna kerap kali protes karena kecepatan 4G LTE lemot, lelet, tidak stabil, masalah kuota, dan bla bla bla.

Ini sejalan dengan hasil penelitian lembaga riset OpenSignal yang belum lama ini merilis peringkat kecepatan internet dunia dari 77 negara. Hasilnya, Indonesia menempati posisi enam terbawah atau tepatnya diurutan 72.

Data tersebut diperoleh dari hasil survei yang melibatkan 94 juta perangkat yang tersebar di 77 negara di dunia selama tahun 2018, mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember.

Kecepatan Internet Indonesia

Riset ini juga mengumpulkan data pengguna seperti waktu dimana internet 4G berada pada kecepatan tertinggi dan terendah.

Siapa yang Tercepat?

Korea Selatan dan Swiss tercatat sebagai dua negara dengan kecepatan internet 4G maksimal yang paling tinggi. Masing-masing memiliki kecepatan download maksimal pada angka 55,7 Mbps dan 55,5 Mbps.

Baca juga :

Tidak itu saja, OpenSignal juga menghitung kecepatan rata-rata yang diambil dari hasil hitung antara kecepatan download paling rendah, kecepatan download paling tinggi, serta kecepatan fluktuasi atau naik-turun.

Hasilnya, negeri gingseng masih menempati peringkat teratas sebagai negara dengan kecepatan rata-rata tertinggi yakni mencapai 47,1 Mbps.

Posisi kedua ditempati oleh Singapura dengan 45,4 Mbps.

Peringkat Bawah

Sementara itu, Indonesia dan beberapa negara dari Asia Tenggara lain seperti Filipina, Indonesia, Kamboja, dan Thailand masih masih betah di peringkat bawah dan kalah jauh dari negara lain.

Indonesia memiliki kecepatan internet 4G maksimum 18,5 Mbps dan kecepatan rata-rata 8,6 Mbps.

Dengan hasil tersebut, negara tercinta kita ini masih kalah satu peringkat dibawah Filipina yang mempunyai kecepatan jaringan 4G maksimum 19 Mbps.

Thailand menjadi negara dengan kecepatan yang paling lambat dan menduduki peringkat 77.

Bisakah kecepatan internet 4G Indonesia mengimbangi kecepatan negara-negara di peringkat teratas di masa depan?. Walau sulit, tapi semoga saja. Jangan lupa ikuti akun Umahdroid untuk mendapatkan artikel teknologi terbaru. Terimakasih sudah berkunjung!.
5 komentar

5 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • GIS
    GIS
    05 September
    • Kunjungi profil
    Indonesia harus cepat mengikuti juga, karena semakin lama kebutuhan download /upload data akan semakin tinggi seiring perkembangan.

    Jadi keinget sama Tifatul "internet cepat buat apa"
    • GIS
      Tiwo Satriatama
      06 September
      • Kunjungi profil
      Betul, kalo engga bakal ketinggalan sama yang lain. Wkwkwk, mentri geblek
    Reply
  • Jhahahehe
    Jhahahehe
    11 Maret
    • Kunjungi profil
    Negara +62 numbawanla
    • Jhahahehe
      Tiwo Satriatama
      06 September
      • Kunjungi profil
      Numbawanlah itu number one lah?
    • Jhahahehe
      Jhahahehe
      04 Agustus
      • Kunjungi profil
      Hahahahahaha
    Reply