KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

12 Perintah OK Google Android Untuk Memudahkan Hidup

Cara menggunakan Ok Google di Android - Google merupakan salah satu perusahaan OTT yang terkenal akan inovasinya. Berbagai macam layanan mereka ciptakan untuk para penggunanya. Seperti yang sedang kita bahas ini, voice command atau perintah suara dari aplikasi Google yang sudah disertakan secara default pada Android.

Di lingkungan kita mungkin lebih dikenal dengan Ok Google. Yah, seperti iklan yang mungkin kalian sudah sering lihat di media pertelevisian tanah air,

"Oke Google, vintage store dekat sini", system Google akan segera merespon untuk memberi jawaban perintah suara pengguna.

Mengaktifkan Ok Google di HP Android

Untuk smartphone Android yang sudah mempunyai Google Assistant sebenarnya lebih enak seperti Google Pixel dan Pixel XL. Namun karena fitur tersebut belum dimiliki oleh semua smartphone jadi kita bisa ambil alternatif dengan tutorial ini.

Voice command memungkinkan kita browsing dengan memasukan keyword yang sedang kita cari menggunakan suara. Namun jika kalian tidak terlalu familiar dengan teknologi ini, maka kita akan bagikan beberapa fitur pencarian suara, dan daftar perintah Ok Google yang bisa kalian gunakan.

Mengaktifkan Ok Google di Android

Sebelum kita lanjut, ada beberapa persiapan yang mesti kalian penuhi, yakni :
  1. HP Android
  2. Aplikasi Google
  3. Suara kalian
  4. Koneksi internet

Oh iya, pastikan kalian mengupdate aplikasi Google ke versi yang terbaru. Kenapa? Karena di versi terbaru lebih responsive dibanding versi lama.


Setting juga penelusuran bahasa menjadi Bahasa Indonesia, lewat menu setting aplikasi Google yang sudah terinstall di HH kalian. Caranya mudah sekali, tinggal :
  • Buka aplikasi Google
  • Pilih menu yang terletak di pojok kiri atas
  • Tap Search Languange
  • Cari dan pilih Bahasa Indonesia (Indonesia)

Jika setelan bahasa masih English, maka perintah suara juga harus berbahasa Inggris. Nah untuk yang sedang belajar speaking bisa juga digunakan untuk latihan.

Cara Menggunakan Ok Google di Android

Nah setelah persiapan diatas selesai, mari kita lanjutkan dengan daftar fitur yang bisa kalian gunakan untuk menunjang aktifitas.

Dimulai dari yang pertama!

1. Pasang Alarm

Mata terlanjur ngantuk. Kepengin bangun pagi untuk sholat malam, tapi males ngetik untuk set alarm. Nah ini dia solusinya, Google juga disertai fitur menyetel alarm dengan perintah suara.

Beberapa perintah tersebut diantaranya :
  • Nyalakan alarm
  • Aktifkan alarm
  • Set alarm 2 jam dari sekarang
  • Bangunkan saya jam 3

Sangat praktis sekali bukan?.

Masih ada bayak lagi perintah suara Ok Google yang bisa kita nikmati, jadi lanjutkan bacanya sampai selesai ya.

2. Ok Google, Kirim Sesuatu

Untuk fitur ini sudah dimuat di dalam iklan. Waktu itu pemeran cewek minta Google sms ibu kos untuk tidak pulang. Namun selain SMS, kita juga bisa menggunakan perintah-perintah lainnya dan beberapa kombinasi. Misalnya seperti :
  • Email ke Mamat
  • Kirim SMS ke Andi aku di lantai 15
  • Kirim SMS ke Putri besok Aku jemput

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kalian wajib memberikan permisi ke Google untuk menelusuri kontak atau buku telepon yang ada di ponsel. Jika tidak maka system tidak bisa menemukan perintah suara yang kita masukan.

3. Flash Light

Jika smartphone Android kalian mempunyai fitur flash atau senter kita juga bisa memanfaatkan Google untuk mematikan dan menyalakan. Perintah suara yang digunakan disini adalah "Aktifkan Senter".

Google akan segera menjawab perintah kita "Mengaktifkan senter ( misalnya )". Taraaaa, flash light langsung menyala dan siap digunakan. Untuk mematikan tinggal ganti saja kata "Aktifkan" jadi "Matikan Senter".

4. Koneksi WiFi

Untuk menggunakan fitur Wifi lewa perintah suara, kalian hanya perlu mengucapkan "Aktifkan Wifi" atau "Matikan Wifi". Nanti otomatis system akan mendeteksi kalian dan mengeksekusi perintah.

5. Kontrol Bluetooth

Tidak jauh berbeda dari yang pertama, untuk menghidupkan Bluetooth pada smartphone Android dengan perintah suara, kalian hanya perlu mengucapkan "Aktifkan Bluetooth" atau "Matikan Bluetooth".

Ponsel akan langsung melakukan perintah yang kalian masukan dan siap digunakan untuk bertukar file lewat Bluetooth.

6. Ok Google Play Music

Bagi penggila musik, tentunya akan sangat praktis jika kalian menggunakan fitur ini. Pengguna bisa dengan mudah mengeksekusi suara sesuai perintah yang diminta. Contohnya :
  • Putar Musik
  • Putar Musik di Spotify
  • Putar Hoochie Coochie Man

Jreng! Aplikasi pemutar lagu akan otomatis terbuka dan menyala. Apabila lagu atau musik yang diminta tidak ditemukan maka Google akan melakukan penelusuran secara online.

7. Buka Aplikasi

Google juga bisa membuka aplikasi Android yang terinstall di ponsel kita. Perintah suara yang digunakan disini yakni "Buka --nama aplikasi". Kata yang ada di dalam kurung itu diganti dengan nama aplikasi yang akan kita buka, "Buka Telegram" misalnya.

Jika suara tidak terdeteksi dengan baik, maka Google akan langsung menelusuri atau melakukan pencarian di internet tentang aplikasi yang hendak kita buka sebelumnya.

8. Tanya Dong Mbah

Enaknya lagi, kita juga bisa menanyakan sesuatu ke Google. Yah, jadi Google seperti asisten pribadi kita. Beberapa contoh perintah bertanya ke Google lewat perintah suara antara lain :
  • Berapa suhu di Yogyakarta
  • Apakah besok hujan?
  • Berapa harga tiket pesawat ke Singapura
  • Kapan Chelsea bertanding
  • Dimana letak Hotel Aston
  • Berapa umur Eric Clapton
  • Siapa pembuat One Piece

Google akan menelusuri jawab kita. Hasil pencarian yang sudah umum biasanya akan disertai suara ( cewek ) juga.

9. Panggil dan Tenulis Pesan ke Kontak

Dengan perintah suara "Panggil --nama kontak", kita sebagai pengguna akan mengikuti perintah suara tersebut. Nantinya baris kontak yang ada akan segera ditampilkan pada layar sesuai dengan perintah lanjutan atau nama kontak yang kita masukan.

10. Jepret Foto dan Rekam Video

Bagi kalian yang suka foto bisa menggunakan perintah suara Google juga loh. Dengan hanya memasukan perintah "Ambil Foto" maka camera akan terbuka dan siap menjepret objek.

Begitu juga untuk merekan video, system Google akan langusng membuka kamera dalam mode video. Nah perintah suara yang digunakan disini adalah "Rekam video".

11. Navigasi dan Map

Biasanya fitur ini yang paling sering digunakan ketika berkunjung ke tempat asing perjalanan. Biar cepat, engga perlu ketik-ketik tempat. Tinggal ngomong aja ke Google :
  • Navigasi ke Hotel Aston
  • Arah ke Hotel Aston

Dengan 2 perintah sederhana itu saja kita bisa langusng disuguhkan peta atau map letak dari tempat tujuan yang akan kita kunjungi.

12. Kecerahan dan Volume

Kita juga bisa mengatur kecerahan layar dan besar / kecilnya volume ponse kita dengan perintah suara seperti pada daftar berikut :
  • Keraskan volume
  • Turunkan vomume
  • Terangkan layar
  • Redupkan layar

Setelah perintah itu, nanti pengaturan menu terkait akan terbuka. Tinggal atur saja sesuai selera. Loh kok manual?. Yah memang, pengguna harus mengaturnya manual. Sebagai tambahan saja, kalian bisa baca menghidupkan layar tamba tombol power

Hmmm, Apa Ada Yang Kurang?

Bagaimana menurut kalian tentang panduan menggunakan Google voice search bisa diterima? Adakah perintah OK Google yang belum kita sebutkan diatas? Tuliskan komentar kalian. Bantu hidup teman-teman kalian dengan share artikel ini ya. Credit photo to Derek Walter.
2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    28 November
    • Kunjungi profil
    Kalo bisa turn off handphone pake ok Google
    Reply
  • GS
    GS
    28 Januari
    • Kunjungi profil
    ijin share gan
    Reply