KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Teknologi Penyimpanan Online Serta Kelebihan Layanan Cloud

Cloud Storage Advantages and Disadvantages - Tidak terasa setiap hari yang kita lewati, perlahan namun pasti kita mulai menuju penyimpanan awan. Dengan hadirnya cloud ini (sadar atau tidak), kita akan semakin dimudahkan.

Karena penyimpanan awan memungkinkan kita access, share file, dan save dokumen baik gambar, foto, laporan, dan sebagainya, kapanpun dan dimanapun.

Lalu pertanyaannya adalah :
  • Apa itu cloud storage?
  • Apa pentingnya teknologi ini?
  • Apa manfaat menggunakan cloud service?
  • Apa kekurangannnya?

Apa Yang Dimaksud Cloud Storage?

Mungkin ada yang ketika mendengar kata cloud, dan itu berhubungan dengan dunia cuaca. Namun bukan itu, cloud yang dimaksud disini adalah sebuah media penyimpanan online, di mana kita dapat menyimpan data pada server virtual yang tersedia.

Karena sifatnya daring, maka pengaksesannya memerlukan jaringan internet.

Cloud Storage for Small Business

Teknologi ini sudah mulai diperkenalkan mulai tahun 1960an oleh John McCarthy, seorang insinyur teknik komputer dari MIT. Hanya saja saat itu belum diterapkan pada jaringan internet seperti sekarang.

Baca juga :

Pada tahun 2000an, Amazon menjadi salah satu yang mempelopori penggunaan sistem cloud sebagai jembatan dari layanan e-commerce seperti Amazon Web Service.

Benefits of Cloud Computing

Semakin lama semakin banyak data yang kita miliki. Semakin banyak data kita, semakin banyak pula ruang penyimpanan yang kita butuhkan. Itulah yang menjadi persoalan pengguna tablet, komputer saat ini.

Meskipun ada harddisk eksternal, flashdisk tahan air, penggunaan metode konvensional tersebut masih kurang fleksibel.

Review Samsung Flash Drive Bar Bukan Palsu

Dengan adanya cloud storage, kita tidak perlu lagi membawa media penyimpanan fisik. Cukup dengan meletakkannya di server, kita bisa dengan mudah mengaksesnya. Toh kebanyakan layanan sekarang ini menawarkan mode offline.

Contoh, seorang mahasiswa mendapatkan tugas kuliah. Dia sudah membuat file ppt dengan aplikasi office yang nantinya akan di bedah saat akan presentasi.

Sesampainya di hari-H, berkas yang seharusnya dibawa untuk presentasi ketinggalan. Zonk, dosen marah, doi malu, nilaipun tidak didapat.

Padahal jika jika berkas tersebut disimpan di aplikasi penyimpanan awan, Ia hanya perlu device yang terkoneksi internet, lalu mengambilnya dari server. Sangat praktis bukan?.

Cloud Storage Advantages

Secara garis besar, ada beberapa keuntungan ketika kita memutuskan memilih untuk menggunakan cloud storage sebagai media penyimpanan data, diantaranya :
  • Kenyamanan
  • Cepat dan efisien
  • Kemudahan mencadangkan
  • Kolaborasi

Sebagian sudah kita bahas pada cara backup yang baik dan benar. Silahkan dibaca sendiri ya.

Disadvantages of Cloud Storage

Meskipun banyak keuntungan yang bisa didapatkan, metode seperti ini bukan berarti tidak memiliki kekurangan :
  • Keamanan data
  • Padam e.g server down
  • Limitasi kapasitas

Berikut kita lampirkan video sebagai referensi agar lebih memahami penyimpanan awan :


Itu saja yang bisa kami bagikan tentang cloud storage sebagai teknologi digital penyimpanan daring masa kini, beserta kelebihan dan kekuranganya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berkah bagi pembaca dan penulis. Teriamakasih!.
2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    13 November
    • Kunjungi profil
    saya masih bingung dengan istilah cloud computing dan cloud storage,ada yg mengatakan itu adalah hal yg sama, tapi dari segi cara kerjanya berbede. tolong dong pencerahannya
    Reply
  • mega
    mega
    06 November
    • Kunjungi profil
    kga ngaruh bro ttp imei null
    Reply