KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tutorial Unlock Bootloader Sony Xperia M4 Aqua dengan Laptop

Cara unlocking bootloader - Kali ini saya akan coba berbagi tentang Sony device Xperia series, tepatnya tentang bagaimana langkah untuk membuka bootloader pada smartphone Android Xperia series M4 Aqua.

Karena langkah ini merupkan salah satu yang harus dilakukan sebelum me-root smartphone Xperia seri ini. Sebelum kita bahas lebih jauh bagaimana tutorialnya, saya akan jelaskan sedikit tentang pengertian Bootloader.

Apa itu Bootloader?

Bootloader merupakan sebuah program yang sudah tertanam pada suatu operating system (OS) untuk memlaukan boot atau memanggil sistem operasi yang terdapat pada memory. Di dunia android, secara default Boot Loader dikunci oleh pihak perusahaan smartphone.

Tutorial Unlock Bootloader Sony Xperia M4 Aqua

Hal ini dilakukan lebih kepada faktor security untuk melindungi produk mereka. Dengan kondisi tersebut, kita tidak bisa melakukan kostumisasi untuk ROM (CUSTOM ROM).

Intinya UBL atau Unlock BootLoader ini akan membuat sobat mampu merubah ataupun melakukan flashing custom rom, custom kernel serta modifikasi tanpa batas pada ponsel Android sobat, dalam hal ini yag sedang kita bahas untuk Sony Xperia tipe M4 Aqua.

Adapun salah satu kekurangan ketika kita memutuskan untuk meng-Unlock Bootloader adalah garansi akan void.

Persiapan dan Tools

Sebelum kita eksekusi, kita butuh beberapa tools terlebih dahulu. Pastikan sobat mempunyai kesemuanya. Daftarnya bisa sobat lihat pada list dibawah berikut :
  1. Flashtool for Sony Xperia
  2. ADB, Fastboot Android tools
  3. Sony USB Drivers
  4. Unlock Code for Sony Smartphone. Pilih M2 atau M dan ikuti instruksi yang diberikan disana untuk mendapatkan KEY. Untuk serial number bisa dilihat pada menu Settings -> About phone -> Status.

Backup Data

Walaupun kita tidak melakukan wipe perangkat Android kita, namun backup sangat disarankan. Contoh sederhana dan kasus yang sudah-sudah ketika mendapat masalah nanti data kita tetap aman.

Jadi pastikan sobat data penting yang ada pada memory smartphone. Lebih bagus lagi jika backup dilakukan secara rutin / berkala.

Eksekusi Unlock

Setelah semua persyaratan / bahan diatas sudah sobat penuhi, sekarang saatnya megeksekusi Sony Android M4 Aqua sobat. Ikuti step-step dibawah ini :

Step 1 - Install Sony USB Driver dan Flashtool yang sudah di download pada bahan diatas.

Step 2 - Aktifkan USB Debuggin pada HH. Caranya masuk ke menu Settings > Developer options -> Enable USB Debugging.

Step 3 - Kemudian masuk ke direktori hasil install flashtool. Contoh C:/Flashtool.

Step 4 - Buka folder Custom dan navigisikan ke folder Mydevices. Untuk or Flashtool version 0.9.18.4 sudah ada secara default. Jika belum ada silahkan buat sendiri saja.

Step 5 - Buatlah sebuah folder dengan nama code device kita. Disni code muncul pada log ketika sobat memilih tombol BLU, di “Current device”. Contoh :

09/045/2015 23:45:08 - INFO - Current device : C2104 - AB100C2DE3 - 1272-4136_R5B - 1269-5420_15.3.A.1.17 - WORLD-a_15.3.A.1.17

Pada contoh diatas kode device Sony Android smartphone kita adalah AB100C2DE3. Nah, jadi buatlah folder baru dengan nama code tersebut.

Step 6 - Buka folder yang kita buat tadi kemudian buatlah sebuah file text dengan nama ulcode.

Step 7 - Sekarang paste unlock code yang sudah sobat dapat persiapan dan tools kemudian jangan lupa disave.

Step 8 - Buka Flashtool lalu coba BLU option lagi.

Jika benar seharusnya sekarang HH sobat sudah unlocked. Sekang sobat bisa melanjutkan dengan mengnstall TWRP atau cutom recovery pada Sony Xperia Aqua M4.

Bagaimana Cara Root?

Nah untuk cara rooting sudah saya publish. Silahkan sobat baca pada tutorial Root Sony Xperia M4 Aqua.

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang cara unlocking bootloader Sony Xperia Aqua M4. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    01 April
    • Kunjungi profil
    Gan kalo unclock bootloadernya ga pake PC bisa kah
    Reply
  • .......
    .......
    14 Februari
    • Kunjungi profil
    gan untuk MTP mode di rubah ke MSC mode tidak bisa, karena tidak ada di USB Koneksi.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    31 Januari
    • Kunjungi profil
    Min tolong di perjelas, cari current devicesnya dimana? Terus saat saya klik BLU yang keluar malah keluar pop up wait for flashmode yang mengintruksikan cabut hh, matikan hh, tekan tombol back terus colokin lagi ke pc. Mohon bantuan nya min
    • Unknown
      Unknown
      05 Agustus
      • Kunjungi profil
      dicuekin yah? aku juga nda bisa bisa nih :(
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    29 Januari
    • Kunjungi profil
    Wah, request saya di tanggapi. Terima kasih mas tiwo, di tunggu tutorial root dan pasang twrp nya mas tiwo :D umahdroid top markotop
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      30 Januari
      • Kunjungi profil
      Terimakasih kembali mba melinda. Sebuah kehormatan bisa memberi yang terbaik untuk visitor Umahdroid. Sudah saya publish mba. Ada di artikel terbaru, silahkan mba cek
    Reply