Review Logitech K375s Wireless 1 Keyboard Untuk 3 Perangkat

16:18
Logitech keyboard bluetooth multi device - Multitasking atau mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu seperti membalas pesan masuk di smartphone/tablet, menulis posting blog, mencari bahan dan referensi di komputer adalah hal yang tidak terelakan dalam keseharian admin.

Masalahnya, akan cukup sulit ketika harus melakukan hal tersebut dalam satu waktu. Repot juga ketika akan berpindah-pindah dari satu device ke device lainnya.

Setelah browsing bolak-balik tentang keyboard komputer murah berkualitas yang sesuai dengan isi kantong, akhirnya ketemu juga. Adalah Logitech K375s yang cukup menarik perhatian.

Logitech K375s adalah sebuah keyboard wireless multi-device, yakni keyboard yang dapat terhubung lebih dari satu perangkat menggunakan system Unifying.

Nah disini kita akan mereview sekaligus sharing pengalamannya.

Dalam Box

Pertama kita mulai dari paket penjualan. Di dalam box, kalian akan mendapatkan :
  • 1 Keyboard K375s
  • 1 Unifying Receiver
  • 2 Baterai AAA
  • 1 Stand holder untuk ponsel / tablet
  • Beberapa lembar kitab

Desain

Sejatinya Logitech menyediakan 2 varian untuk keyboard K375s ini, yakni aksen abu-abu dan aksen putih pada tombol switch dan stand holdernya. Jadi silahkan kalian pilih sesuai denga selera, karena ini hanya beda warna saja.

Logitech K375s adalah keyboard full size. Disini jelas Logitech berhasil membuat desainnya kompak dengan ukuran hanya 20,5 mm x 435,5 mm x 137,5 mm saja.

Logitech k375s review indonesia

Efeknya, aksesoris komputer ini tidak memakan banyak tempat di meja kerja.

Apabila kita perhatikan bentuk tombol pada perangkat masukan ini tidaklah datar, namun agak cekung. Dengan desain demikian tentunya akan menambah kenyamanan saat mengetik.

Dibagian belakang ya standar lah. Ada stand untuk kemiringan keyboard, tombol power on/off, slot untuk 2 buah baterai AAA, beberapa bantalan karet agar tidak selip saat digunakan, serta 10 buah lubang air.

Sangat disayangkan Logitech K375s tidak memiliki led indikator untuk tombol Caps lock dan Num lock. Padahal masih ada space kosong untuk meletakan lampu penting ini.

Kekurangan LOgitech k375s

Oh iya, pastikan kalian menjaga receivernya baik-baik. Karena K375s tidak memiliki slot untuk menyimpan receivernya.

Bagaimana build quality nya? Standar banget!

Yang cukup mengganggu adalah ketika K375s ini diplintir sedikit saja, maka ada bunyi kretek-kretek. Entah ini hanya terjadi pada unit keyboard yang admin terima atau semuanya memang seperti ini.

Untungnya saat digunakan untuk mengetik tidak demikian. Aman sentosa!

Performa

Selain full size serta sudah wireless, alasan paling kuat saat membeli Logitech K375s ini adalah untuk meningkatkan produktifitas. Kemampuannya yang bisa berpindah-pindah dari perangkat satu ke perangkat lainnya tanpa ribet ini yang admin butuhkan.

Tombol switch untuk berpindah perangkat

K375s bisa terhubung dengan PC dan smartphone.

Lebih tepatnya bisa berjalan di berbagai sistem operasi mencakup Microsoft Windows, Mac OS, Chrome OS, serta Android dan iOS.

Apakah Logitech K375s Support Linux?

Support! Plug and Play out of the box. Berpindah dari komputer yang menggunakan sistem operasi Windows ke Android atau ke Linux tidak ada masalah sama sekali.

Memang di website resmi dan kemasan tidak mencantumkan bahwa keyboard ini support Linux, namun nyatanya bisa berjalan dengan mulus di Elementary OS 0.4 Loki .

Pair Logitech Unifying Receiver Linux

Jadi jika kalian menggunakan Ubuntu atau turunannya harusnya bisa juga.

Bagi Linux user, apabila ingin menggabungkannya dengan perangkat lain, kalian bisa menggunakan Solaar, sebuah aplikasi Unifying Logitech yang dikhususkan untuk Linux. Gunanya untuk memudahkan pair/unpair, melihat status daya baterai, dan info peripheral baik GUI atau command line.

Install Solaar di Linux Ubuntu dan Turunannya

Menginstall Solaar di Linux tidaklah sulit. Kalian hanya perlu koneksi internet dan menjalankan beberapa baris perintah saja seperti dibawah ini (khusus untuk Ubuntu 14.04 dan keturunannya):

sudo add-apt-repository ppa:daniel.pavel/solaar
sudo apt-get update
sudo apt-get install solaar

Sedangkan untuk Ubuntu 16.04 LTS keatas dan turunannya bisa langsung diinstall tanpa menambahkan PPA setelah mengaktifkan Ubuntu universe repositories.

Konektivitasnya menggunakan wireless receiver berjenis Unifying System yang mana sudah tersedia dipaket penjualannya dan Bluetooth hingga 10 meter tanpa terputus-putus.

Keypress dari keyboard ini juga akan di-enkripsi untuk melindungi data inputan.

Apa itu Unifying?

Unifying adalah sebuah teknologi nirkabel 2.4 GHz yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan hingga 6 device sekaligus hanya dengan satu buah receiver saja.

Unifying Receiver Keyboard Logitech

Jadi apabila kalian mempunyai perangkat yang support Unifying, maka kalian bisa menghubungkannya. Disini admin menggabungkan keyboard ini dengan mouse Logitech M331.

Pengalaman mengetik cukup menyenangkan. Tombolnya enak, empuk, dan tidak terlalu berisik.

Meskipun K375s bukan keyboard yang diperuntukan untuk multimedia, namun keyboard ini dibekali dengan tombol multifungsi seperti Play, pause, mengatur volume naik/turun, mute, back, dll.

Banyak diluar sana yang sering salah ketik saat menggunakan K375s karena jarak tombolnya yang berdempetan. Menurut admin, ini hanya masalah preferensi saja sih.

Nyatanya nyaman-nyaman saja saat menggunakannya.

Lubang Air

Perlu di ingat, keyboard ini tidaklah seperti Logitech K310 washable yang bisa langsung dicuci dengan air. Namun adanya lubang air yang tersedia akan cukup membantu ketika keyboard terkena tumpahan air.

Di website resminya tertulis diuji dalam kondisi terbatas (maksimum tumpahan cairan sebanyak 60 ml).

Kelebihan dan Kekurangan Logitech K357s

Berikut adalah daftar pros dan cons berdasar penglaman admin selama menggunakan keyboard ini :

1. Kelebihan

  • Desain simple, minimalis
  • Tombol empuk dan ramah tangan
  • Free stand HP/Tablet
  • Wireless, tidak direpotkan dengan gulungan kabel
  • Terhubung ketiga device sekaligus
  • Support berbagai macam operating system
  • Shortcut key multi-fungsi
  • Keypress ter-enkripsi

2. Kekurangan

  • Tidak ada lampu indikator Caps lock dan Num lock
  • Tidak tersedia tempat menaruh receiver
  • Build quality kurang prima

Logitech K375s Video Hands On



Kesimpulan

Terlepas dari keleibihan dan kekurangan yang ada, keyboard wireless Logitech K375s adalah keyboard yang layak dibeli untuk kalian yang membutuhkan keyboard dengan desain minimalis, enak untuk mengetik, serta kemudahan dalam mengoperasikan 3 buah perangkat sekaligus.

Semoga ulasan Logitech K375s keyboard ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin membeli keyboard wireless dengan harga dibawah 300 ribuan. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk ditanyakan lewat kolom komentar. Sampai jumpa di posting selanjutnya!

Artikel Rekomendasi

4 Komentar
avatar

pernah ada masalah kaga ini kibot om

Balas
avatar

Beda layout keyboard saja. Pilihan tergantung dengan selera Mas Deni. Kalo mau yang ukurannya lebih kompak pilih k380, kalo butuh full size pilih K375s. Secara fungsi sama saja, bisa konek 3 device

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.