Review Mouse Wireless Logitech M331 Sunyi Bingits

13:22
Logitech M331 Review Indonesia - Sebagaimana kita ketahui Logitech adalah pemain besar di industri asesoris komputer. Perusahaan ini berdiri pada 2 Oktober 1981. Produk mereka mencakup : speaker, mouse, keyboard, baik wired (kabel) atau wireless. Dan kali ini Umahdroid akan mereview mouse wireless Logitech M331 Silent Plus.

Seri yang kita review ini adalah penerus dari Logitech M280 yang sudah habis dan discontinue. Sebagai generasi penerus, M331 nyatanya cukup sukses dipasaran. Dengan ditambahkannya kemampuan Silent Plus menjadi daya tarik tersendiri.

Oh ya, mouse ini dirilis tahun lalu di Indonesia. Kalo enggak salah bulan Oktober. Jadi yah, masih belum lama banget lah.

Mouse wireless Logitech Gaming murah

Kita beli di toko online cincai. Harganya Rp 177.000,-. Ditambah lagi, waktu itu lagi ada promo dengan voucher jadi dapat potongan atau anggap aja gratis ongkir.

Oke, mari kita lanjutkan!

Didalam Box

Apa saja yang ada di dalam kemasan? Baik, di dalam paket penjualan kalian akan mendapati :
  • Mouse
  • Nano receiver
  • 1 baterai AA bawaan
  • Dokumentasi pengguna

Walaupun garansi resmi 1 tahun, namun tidak ada kartu garansi Logitech disini. Jadi hanya mengandalkan nota pembelian dan kemasan saja untuk klaim.

Desain

Nah dari segi desain, antara M280 dan M331 memiliki kesamaan baik bentuk dan ukuran fisiknya. Material yang digunakan berbahan plastik standar. Sesuai dengan harga mouse dibawah 200 ribuan.

Adanya bantalan karet pada mouse ini menambah tingkat kenyamanan sekalipun digunakan dalam waktu yang relatif lama.

Karetnya juga memiliki kontur. Mungkin untuk anti selip saat digenggam.

Review logitech m331 silent plus mouse

Jika kita lihat dari desain lekukan mouse, maka hampir bisa dipastikan mouse seri ini dirancang untuk pengguna tangan kanan.

Dibagian bawah ada bertuliskan M331, tombol power (on/off), slot baterai (1 buah), serta optik yang sudah menggunakan teknologi invisible optic. Karena invisible, jadi kalian tidak akan menjumpai cahaya merah seperti pada mouse konvensional.

Mouse seri ini memiliki satu buah led indikator berwarna hijau. Letaknya tepat diatas logo Logitech yang baru.

Led ini akan menyala ketika Mouse dihidupkan dan saat terbangun dari sleep.

No Kabel, No Ribet

Logitech M331 Silent Plus hadir dengan mengusung teknologi wireless. Artinya, kita tidak akan direpotkan dengan gulungan kabel mouse. Imbasnya? Meja kerja kita akan lebih rapih.

Cukup dengan menancapkan nano receiver bawaan, dan siap digunakan.

Berhubung receivernya hanya berukuran cukup kecil (hanya 14,4 mm x 18,7 mm x 6,1 mm), maka kalian wajib berhati-hati menyimpannya. Jangan sampai hilang!.

Untungnya M331 ini mempunyai tempat menyimpan receiver. Letaknya ada di dalam bersanding dengan baterai.

Lumayan kan bisa meminimalisir receiver Logitech hilang.

Enggak Berisik

Inilah yang menjadi nilai jual utama dari Logitech M331. Masalah suara klik mouse saat bekerja tanpa disadari bisa menggangu aktivitas orang yang ada disekitar kita.

Disinilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Lausanne, Swiss ini.

Logitech berinovasi dengan menghadirkan mouse yang hening. Mereka jika bunyi klik mouse ini sudah berkurang lebih dari 90 persen dari mouse pada umumnya. Sampai-sampai kesenyapan suaranya mendapatkan pengakuan Quiet Mark dari Noise Abatement Society.

Ingat ya, bukan berarti tidak ada suara.

Suara tetap ada, namun sangat lembut. Kalo dibandingkan dengan mouse konvensional dijamin beda jauh banget deh.

Enggak percaya? Simak video berikut :



Meski demikian, rasa kliknya masih berasa kok. Jadi jangan kawatir.

Fitur silent tersebut juga didukung oleh teknologi Logitech Advanced Optical Tracking sehingga tetap memiliki tingkat presisi terbaik dan dapat digunakan pada hampir semua permukaan.

Oh ya, gerakan scroll wheel nya juga enak. Alus!

Tahan Lama

Bagi yang belum pernah membeli mouse wireless mungkin bertanya-tanya, “Emang gak boros baterai yak?, mending pake kabel gak usah beli baterai”. Yah, wajar kok, ada benernya juga.

Jenis baterai yang digunakan di mouse Logitech

Tapi tenang aja, Logitech M331 Silent Plus hadir dengan daya tahan baterai yang diklaim bisa bertahan hingga 24 bulan.

Ditambah lagi ada auto sleep untuk menghemat energi baterai itu sendiri.

Support Major OS

M331 Silent Plus adalah wireless mouse yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi mencakup Microsoft Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows RT, Mac OS X, Chrome OS, dan Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS dengan persyaratan kernel 2.6+.

Tidak perlu instalasi software, benar-benar plug and play.

Logietch M331 hadir dengan 3 buah varian warna yang bisa kalian pilih sesuai selera. Ketiganya adalah hitam, merah, dan biru.

Kesimpulan

Meskipun harganya tergolong murah, namun bisa kita katakan jika M331 tidak murahan. Berdasar pengalaman menggunakan mouse ini cukup puas. Meski demikian tetap saja sebuah produk tidak mungkin terlepas dari kelebihan dan kekurangan.

Nah untuk menjadikan bahan pertimbangan sebelum membeli Logitech M331 ini, berikut adalah daftar pros dan cons berdasarkan pengalaman Umahdroid.

Kelebihan

  • Desain keren
  • Brand mentereng
  • Mouse dan keyboard Logitech terkenal awet
  • Suara klik dan scroll lembut
  • Baterai awet
  • Support berbagai operating system

Kekurangan

  • Tidak untuk semua orang / tidak cocok untuk user kidal
  • Material plastik rasanya kurang solid

Apakah Logitech M331 recomended dan layak dibeli?

Kalo ditanya begitu, yah enggak bisa pasti jawabnya karena ini tentu saja kembali ke kebutuhan masing-masing. Jika memang menginginkan mouse wireless 100 ribuan dengan desain keren, minim suara klik, nyaman digunakan, maka M331 sudah lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Namun untuk yang kidal lebih baik tidak membeli produk ini. Percaya deh, enggak enak banget dipegang dengan tangan kiri.

Itulah ulasan Logitech M331 Silent Plus, sebuah mouse wireless murah dengan desain keren dan enak digunakan berjam-jam. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya dengan komentar dibawah ya. Sampai ketemu diartikel-artikel berikutnya. Salam!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.