Menghidupkan dan Mematikan Layar Android Tanpa Tombol Power No Root

15:04
Cara menghidupkan dan mematikan layar  tanpa power - Selamat siang sobat umahdroid! Posting kali ini kita akan sharing tutorial untuk menyalakan dan mematikan layar HP Android tanpa meggunakan tombol power No Root.

Kita semua tahu, smartphone adalah ponsel dengan minim tombol fisik. Biasanya hanya beberapa tombol fisik saja seperti tombol volume up dan down, lalu power. Walaupun ada juga yang menggunakan tombol menu seperti produk smartphone Samsung.

Masalah yang sering timbul adalah usia dari tombol power itu sendiri. Bisa dibilang tombol power ini sangat, sangat riskan semenjak dilahirkan. Karena bebannya selalu ditekan untuk menyalakan, mengunci, menghidupkan ponsel itu sendiri.

Alhasil usia tombol power juga umumnya lebih pendek atau lebih cepat rusak dibandingkan tombol fisik lainnya seiring dengan pemakaian gadget.

Jika pada smartphone baru biasanya sudah disertai dengan fitur gesture double tap to wake up dan double tap to lockscreen seperti pada Android Oppo R7S dan juga bagi pengguna Asus Zenfone 5 dan 6 bisa menambahkan sendiri Zenfone double tap to wake yang pernah kita share.

Nah, itulah yang mendasari artikel kali ini, untuk mengatasi masalah tombol power Android rusak atau bagi yang belum rusak bisa gunakan trik ini untuk menjaga agar power button tidak cepat rusak. Dan pastinya tanpa rooting terlebih dahulu.

Menyalakan Layar Android Dengan Tombol Volume

Menyalakan HP Android Dengan Volume Button Tanpa Rooting

Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya, untuk melakukan hal ini kita tidak perlu menggunakan user root. Kita akan menggunakan aplikasi gratis Android pihak ketiga bernama Volume Unlock. Tenang saja, ukurannya sangat kecil. Jadi bisa dipastikan tidak akan membuat internal HP menjadi penuh.


Untuk langkah-langkah lengkapnya bisa teman-teman ikuti seperti ini :

Step 1 - Donlot file apk lewat link yang sudah disediakan. Bagi yang lebih prefer install aplikasi lewat Google Play Store, cari saja Volume Unlock

Step 2 - Setelah selesai, install apk tersebut seperti menginatall apk biasa. jangan lupa untuk mengaktifkan Unknown Source pada pengaturan Android. Caranya :
  • Masuk ke Settings
  • Pilih Security
  • Berikan ceklis pada Unknown source

Step 3 - Buka aplikasi Volume Unlock yang sudah terpasang, nanti akan ada beberapa pilihan seperti screenshot dibawah ini :

Meyalakan Layar Android Tanpa Tombol Power

Step 4 - Aktifkan Enable/Disable Volume Power dengan men-toggle nya

Step 5 - Selesai deh!

Sekarang tombol volume Android jadi tombol power yang bisa digunakan untuk menghidupkan layar.


Mematikan Layar Android Tanpa Tombol Power

Fitur yang kedua dari aplikasi ini adalah kemampunannya yang bisa kita gunakan untuk lockscreen tanpa menekan tombol power. Dengan catatan pengaturan Power button instanly lock sudah aktif.

Step 1 - Kembali lagi ke aplikasi tersebut, aktifkan Screen Off from Notification

Mematikan Layar Android Tanpa Tombol Power

Step 2 - Setelah itu tekan tombol kembali

Step 3 - Lihat dibagian notifikasi panel, nanti akan muncul disana. Untuk detailnya, teman-teman bisa lihat screenshot dibawah ini :

Mematikan Layar Android Tanpa Menekan Tombol Power

Step 4 - Tap saja pada menu tersebut. Tap pada tombol Activate ketika jendela konfirmasi untuk mengaktifkan Android device administrator muncul :

Cara  Mengunci Android Tanpa Tombol Power

Step 5 - Taraaa... Fitur mematikan layar HP Android tanpa tombol Power sudah berhasil digunakan

Atau bisa juga lewat app drawer / menu aplikasi seperti screenshot dibawah berikut :

Cara Kunci HP Android Tanpa Tombol Power

Dengan cara sederhana ini, otomatis akan membuat awet tombol power Android kesayangan kita serta bisa juga digunakan untuk mengakali bilamana tombol power Android error.

Pilihan lain dari aplikasi ini adalah Start on boot. Jadi Volume Unlock akan otomatis berjalan atau running ketika smartphone kita dinyalakan.

Mudah sekali bukan tutorial menghidupkan dan mematikan layar Android tanpa tombol power plus tanpa root? Share artikel ini jika bermafaat ya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu dipostingan Umahdroid selanjutnya!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.