Unboxing dan Review VR Shinecon Virtual Reality Glasses

17:10
Virtual Reality Murah Untuk Android - Apa kabar kawan-kawan Umahdroid? Semoga selalu sehat sentosa. Aamin! Kali ini kami akan berbagai tentang unboxing dan review VR Shinecon headset – virtual reality glasses yang bisa kita gunakan untuk menonton film 3D lewat HP Android atau iPhone kita.

Kebetulan kami membeli VR ini online dari salah satu toko online lokal di Indonesia. Untuk harga VR Shinecon ini adalah Rp. 100.000. Soal nama / situs toko online tidak perlu kami sebutkan ya? Hal ini untuk menghindari cuap-cuap dikira promosi.

Review VR Shinecon Virtual Reality

Bagi penggemar produk Xiaomi, sebenarnya ada juga VR buatan Xiaomi. Namanya tidak jauh dari produk yang sudah mereka keluarkan Mi VR. Teman-teman bisa membacanya pada Mi VR Play Virtual Reality Pertama Dari Xiaomi.

Langsung saja kita mulai yuk!

VR Shinecon Unboxing

Setelah 4 hari dikirim dari seller, akhirnya barang yang dibeli sampai juga dirumah. Telat 1 hari dari waktu yang biasanya diperlukan untuk sampai ke alamat tujuan. Padahal alamat tujuan yang tertera sangat jelas. Tapi ya sudahkan abaikan saja! Yang terpenting adalah barang sampai dengan sehat wal’afiat.

1. Desain Box

Unboxing VR Shinecon Virtual Reality Headset

Tidak perlu waktu lama kami langsung membukanya. Kesan pertama saat melihat box Shinecon ini cukup keren. Kemasan dari perangkat VR ini tergolong cantik dan menarik. Kalo boleh kita nilai, kita akan kasih nilai 8+.

Warna box hitam, dengan gambar VR headset, logo Shinecon dan text simple Virtual Reality Glasses membuatnya terlihat elegan. Overall, bungkusnya keren! Bagaimana dengan isinya? Kita lanjut!

2. Paket Didalam Box

Unboxing VR Shinecon Paket Penjualan

Setelah kita bongkar box, tidak banyak isi yang kita peroleh. Hanya ada beberapa hal saja seperti :
  1. VR Shinecon
  2. Manual book / buku panduan
  3. Kartu Garansi
  4. Kain pembersih
  5. Bantalan untuk slot HP

Entah ada paket yang kurang atau memang dari pabriknya sudah seperti itu, yang jelas setelah kami cari memang VR ini tidak menyertakan QR code.

VR Shinecon QR Code

Beberapa aplikasi seperit Cardboard dan Fullvide membutuhkan barcode ini sebelum kita menggunakannya. Jadi kami coba googling sendiri QR codenya, dan akhirnya ketemu juga.


Apabilan teman-teman yang membutuhkan QR Code VR Shinecon, silahkan simpan saja gambar dibawah berikut ini :

QR Code VR Shinecon

Perlu diperhatikan, ini hanya berlaku untuk smartphone yang sudah support Gyroscope sensor. Jika smartphone teman-teman tidak ada sensor Gyro, tidak perlu QR Code.

Hanya pinter-pinter pilih aplikasi Virtual Reality saja. Untuk daftar aplikasi dan game VR, teman-teman bisa baca pada Daftar Aplikasi dan Game Virtual Reality Terbaik Untuk Android.

Review VR Shinecon Review

Setelah kita bongkar isi box-nya, sekarang waktunya kita untuk melakukan review virtual reality headset ini.  Lanjut!

1. Desain Body

Jujur saja, kesan pertama ketika melihat bentuk VR Shinecon keren abis! Bahan plastik yang digunakan ringan, jadi tidak akan memberatkan kepala kita saat digunakan.

Review Desain Body VR Shinecon

Ikat kepala yang digunakan juga cukup bagus, dan elastis. Ada 3 buah perekat untuk mengatur ikat kepala : samping masing-masing kanan dan kiri, serta atas untuk lingkar tinggi kepala kita. Disana juga disertakan bantalan pada bagian belakang agar kepala kita lebih nyaman dengan VR ini.

Bagian depan juga bisa kita bongkar pasang. Ini berguna untuk membuang panas yang ditimbulkan handphone saat digunakan untuk jangka waktu yang relatif lama. Teman-teman hanya perlu menariknya tanpa perlu usaha yang berarti. Bahan perekatnya sendiri dari magnet.

2. Tombol Pengatur Pupil

Seperti pada VR berbahan plastik lainnya, VR Shinecon versi ini juga dilengkapi dengan pupil distance adjusting button. Letaknya ada di bagian atas headset. Fungsinya mengatur jarak antar lensa sekaligus untuk mengatur fokus view.

Review Tombol VR Shinecon

Kita hanya perlu memutar tuasnya ke kanan atau ke kiri untuk menemukan fokus terbaik dan kenyamanan mata kita sebagai user.

3. Tombol Jarak Object

Selain tombol pengatur pupil, Virtual Reality device ini juga dilengkapi dengan Object distance adjusting button yang terletak di bagian samping. Berbeda dengan sebelumya yang digunakan untuk mengatur fokus, tombol ini digunakan untuk mengatur jarak lensa VR dengan mata kita.

Review Tombol Jarak Object VR Shinecon

Pengaturannya simple sekali, teman-teman hanya perlu memutar tombol tersebut sesuai dengan keinginan untuk menemukan jarak dan view terbaik.

4.  Slot Smartphone

Seperti halnya pada bagian depan, magnet digunakan sebagai daya buka tutup. Teman-teman tidak akan kesulitan membukanya untuk memasukan ponsel kita ke dalam Virtual Reality headset ini.

Review VR Shinecon Ukuran Smartphone

VR ini bisa digunakan untuk jenis smartphone dengan ukuran 3.5 sampai dengan 6.0 inch. Bagian slot smartphone dilengkapi dengna 2 penjepit yang cukup kuat. Jangan lupa tambahkan bantalan yang disertakan dalam box untuk melindungi lecet pada sisi ponsel kita.

Tenang saja, slotnya kuat kok. Jadi ponsel kita akan aman, dan resiko jatuh sangat kecil.

Namun ada kelemahan VR Shinecon yang kami temukan. Tepatnya pada bagian depan dibagian. Saat kami coba gunakan dalam posisi duduk / berdiri kemudian melihat kebawah, Adsorption Switch mudah terbuka.

Jika ponsel kita tergolong berat harus hati-hati, sebisa mungkin kurangi gerakan kepala kebawah untuk menghindari hal tersebut. Atau bisa juga dipegangi biar engga kebuka.

Ya, ini masalah magnet yang ada kurang kuat untuk menahan ponsel. HP ane bakal jatuh dong kalo kebuka? Engga kok, ponsel kita tetap aman, engga bakal jatuh, hanya Adsorption Switch saja yang terbuka.

5. Lensa dan Tempat Kepala

Bagian tempat kepala dilengkapi dengan busa yang lumayan empuk jadi cukup nyaman saat digunakan dan tidak menyakiti wajah kita. Nah mungkin ini yang ditunggu-tunggu.

Review Lensa VR Chinecon

Ya, lensa memang menjadi bagian penting di sebuah Virtual Reality. Semakin bagus lensa yang digunakan, maka semakin bagu juga view yang kita dapatkan.

Bagaimana dengan lensa VR Shinecon? Ya, standard lah. Tidak terlalu bagus, dan tidak terlalu buruk juga. Ingat pepatah, harga membawa wujud! Selain lensa, view juga dipengaruhi oleh kemampuan smartphone dan aplikasi yang digunakan.

Kita sudah tes untuk menonton video dengan beberapa aplikasi. Dan hasilnya memang beda. Ada aplikasi yang menghasilnya gambar cukup mulus, ada juga aplikasi yang menghasilkan view yang kurang smooth.

Kesimpulan

Setelah kita kumpulkan beberapa kemampuan dan faktor yang dimiliki VR untuk HP Android dan iPhone ini, bisa kita kumpulkan poin-poin pentingnya.

1. Kelebihan VR Shinecon

  • Dengan harga yang tergolong ekonomis, desain yang digunakan VR Shinecon cukup menarik.
  • Fit dengan kepala dan wajah user, jadi nyaman saat digunakan
  • Kemudahan untuk membuka bagian depan yang fungsinya mengeluarkan panas yang dihasilkan ponsel menjadi nilai tambah disini
  • Penjepit ponselnya kuat, aman dari jatuh saat smartphone kita sudah fit didalamnya

2. Kekurangan VR Shinecon

  • Lensa yang digunakan kurang greget Tapi hal ini kembali lagi ke harga banderolnya yang tergolong relatif murah tentunya
  • Adsorption Switch sebagai pintu awal untuk memasukan smartphone mudah terbuka saat menoleh ke bawah

Dari kelebihan dan kekurangan VR Shinecon bisa kita ambil kesimpulan dengan harga Rp. 100.000, Virtual Reality Glasses ini cukup bagus dan yang paling penting cukup untuk mengobati rasa penasaran bagaimana sensasi menonton film 3D di Android atau iPhone.

Saya sudah punya VR gan. Gimana cara pake buat nonton video? Tenang saja, salah satu admin Umahdroid sudah buatkan kok tutorial lengkapnya. Teman-teman bisa baca pada artikel Umahdroid di Tutorial Menggunakan VR Dengan HP Android.

Itu saja artikel kali ini yang bisa kami share tentang unboxing dan review VR Shinecon, Virtual Reality murah untuk Android. Semoga artikel yang kami share bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silahkan sampaikan lewat komentar. Terimakasih!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.