11 Cloud Storage Service Apps Terbaik Untuk Android

12:03
Daftar aplikasi penyimpanan online terbaik untuk android - Ditahun 2016 perkembangan teknologi cloud cukup pesat. Bahkan bisa dibilang cepat. Mulai dari hanya media penyimpanan online, laporan, hingga coding juga bisa dilakukan dimedia ini.

Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan service cloud ini. Sebelumnya, beberapa post yang menyinggung teknologi komputasi awan ini sudah pernah kami publish. Teman-teman bisa membacanya pada :

Disana kami sudah membahasnya cukup lengkap seperti manfaat, tujuan, cloud dll sebagai acuan, referensi dan pengetahuan bersama. Sekarang, Umahdroid ingin berbagi aplikasi android cloud terbaik. Link download juga kami sediakan untuk setiap list-nya.

1. Dropbox

Dropbox Cloud Storage Apps Android

Aplikasi pertama adalah Dropbox. Hampir semua Blogger dan Geekers pasti kenal dengan service ini. Dropobox memungkinkan kita untuk mengunggah photo, video, gambar dan berbagi dengan mudah. Selain itu beberapa fitur yang berguna juga disematkan pada aplikasi ini, diantaranya : Edit file Microsoft Office dari HP dan tablet dan fitur otomatis backup.

Dropbox menawarkan beberapa paket yang bisa kita pilih :
  1. Pro ($8.25/month)
  2. Business ($12.50/user/month)
  3. Enterprise (Contact Dropbox)

Tentunya masing-masing menawarkan fitur yang berbeda. Untuk lebih jelasnya sobat bisa kunjungi halaman resmi Dropbox yang beralamat di https://www.dropbox.com/plans.

Harus bayar ya mas? Tentu saja tidak, kita juga bisa menikmati paket basic dengan memori 2GB GRATIS. Cukuplah untuk backup-backup dokumen ringan.


2. Google Drive

Google Drive Cloud Storage Apps Android

Siapa yang tidak kenal Drive? Saya yakin semua tau aplikasi ini karena sejak bawaan pabrik memang sudah di packing bersamaan ponsel Android sobat. Drive adalah salah satu aplikasi cloud storage yang paling populer untuk smartphone yang tersedia.

Ketika mendaftar kita akan mendapat ruang sebesar 15GB. Dan itu Gratis! Dengan mudahnya user bisa menggunakannnya untuk backup photo, musik, video, berkas, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menikmati office apps untuk membuka/mengedit/dan berbagi dokumen, spreadsheet ataupun file presentasi.


3. Amazon Drive

Amazon Drive Cloud Storage Apps Android

Amazon Drive Cloud adalah memberikan akses mudah ke dokumen, musik, foto dan video yang sudah kita simpan di server. Dibawah ini adalah fitur yang akan kita dapatkan jika menggunakan Amazon Drive :
  • Foto Preview, dokumen, spreadsheet, dan presentasi
  • Memutar video dan musik yang disimpan di Amazon drive
  • Upload foto, video dan file langsung dari smartphone
  • Membuat dan mengedit file teks
  • Membuat folder untuk manajemen file
  • Pencarian, edit dan menghapus baik file ataupun folder
  • Berbagi file sebagai link dan lampiran lewat email, SMS, dan aplikasi lainnnya.

Berapa memori gratis Amazon Drive yang bisa kita nikmati? Mereka akan memberikan kita free cloud storage sebesar 5GB.


4. Box

Box Cloud Storage Apps Android

Box adalah pemenang dari PC Magazine Editor Choice Award. Dibanding dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Box termasuk besar dalam memberikan space. Tepatnya 10GB dari free cloud storage untuk backup bisa kita dapatkan.

Mereka meng-klaim menggunakan 5 level encryption dan security contols untuk mengamankan client mereka. Ada juga mode offline access ke file dan folder yang bisa kita nikmati. Teman-teman juga bisa upgrade penyimpannan menjadi 100GB dengan mahar $10/month.


5. Mega

Mega Cloud Storage Apps Android

Mega adalah secure cloud storage yang memberi space sebesar 50GB. Data yang kita akan di encrypted and decrypted oleh device. Kita akan dengan mudah upload file dari Android atau Tablet dan mencarinya, download, stream, melihat, share, rename, ataupun menghapusnya.

Adapun beberapa paket yang ditawarkan Mega untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar adalah sebagai berikut :
  1. PRO LITE 200GB harga 4.99€/month atau 49.99€/year dan bandwidth 1TB/month.
  2. PRO I 500GB harga 9.99€/month atau 99.99€/year dan bandwidth 2TB/month.
  3. PRO II 2TB harga 19.99€/month atau 199.99€/year dan bandwidth 4TB/month.
  4. PRO III 4TB harga 29.99€/month atau 299.99€/year dan bandwidth 8TB/month.


6. Mediafire

Mediafire Cloud Storage Apps Android

Inilah pilihan Umahdroid. Kenapa? Kata Mas Tiwoa sudah terlanjur menggunakan service ini dari awal. Males pindahin datanya kalo ganti service. Mediafire memungkinkan kita dengan mudah meng-upload semua file seperti foto, video, musik, dan dokumen kemudian mengaksesnya dari mana saja dengan ponsel, tablet, komputer, atau web.

Ketika kita mendaftarkan akun ke Mediafire, kita akan mendapat ruang penyimpanan gratis sebesar 12GB. Satu kekurangan yang akan saya soroti adalah lemotnya perpindahan file. Versi web-nya tergolong berat.

Namun hal itu berbanding terbalik dengan aplikasi Androidnya. Ternyata sangat ringan dan smooth. Ukurannya juga terbilang kecil hanya 3.4MB saja.


7. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive Cloud Storage Apps Android

Ketika kita mendengar kata Microsot pasti sobat akan langsung paham. Salah satu perusahaan software raksasa yang eksis sampai sekarang. Jika sobat menggunakan Windows sebagai OS di komputer atau laptop sobat, dan produk-produk Microsoft lainnya seperti Ms Office ini akan sangat berguna.

Kenapa? Karena Microsoft OneDrive bisa kita integrasikan langsung dengan berbagai macam produk Microsoft lain. Untuk paket starter, kita akan mendapat 5GB free Cloud Storage.

Untuk penyimpanan lebih besar, kita bisa upgrade ke 100GB dengan harga $1.99 atau $3.99 untuk 200GB. Microsoft OneDrive juga dibekali dengan Office 365 subscribtion untuk penggunaan personal atau bisnis.


8. Yandex Disk

Yandex Disk Cloud Storage Apps Android

Untuk yang aktif di internet pasti tidak asing dengan nama Yandex. Yap, mereka adalah salag satu perusahaan terbesar di Eropa. Perusahaan ini juga menyediakan cloud service. Selain itu, ada juga search engine, free mail, dan Yandex.

Yandex menawarkan 20GB penyimpanan online gratis untuk penggunanya. Seperti halnya service yang sudah kita bahas, kita bisa dengna mudahnya transfer data dari ponsel ke server, berbagi file yang sudah diupload, dan men-donlotnya dikemudian hari.


9. Verizon Cloud


Verizon Communications ( sebelumnya bernama Bell Atlantic, NYNEX dan GTE ) adalah perusahaan internasional yang dirikan tahun 2000. Verizon bergerak di bidang telekomunikasi dan berpusat di New York City, Amerika Serikat.

Verizon Cloud memberi kita free cloud service storage sebesar 5GB. Jika teman-teman disini adalah pengguna Asisten Backup atau Backup Assistant Plus, semua konten secara otomatis akan mentransfer ke Verizon Cloud.


10. G Cloud Backup

G Cloud Storage Service Apps Android

G Cloud Backup merupakan aplikasi backup Android yang terbilang simple dan aman untuk backup kontak, pesan, foto, video, musik, dokumen, log panggilan, file dan lebih ke penyimpanan online.

Aplikasi ini juga menjadi salah satu rujukan oleh situs besar teknologi seperti CNet dan Android Central. Tidak heran jika di Google Play Store mereka mendapat nilai 4.6.


11. Cubby

Cubby Cloud Storage Apps Android

Aplikasi cloud yang terakhir adalah Cubby. Mereka menawarkan penyimpanan online gratis sebesar 5GB. Walaupun ratingnya 4,3 di PlayStore namun tampaknya aplikasi ini kurang aktif. Bisa dilihat dari terakhir update pada tanggal 1 September 2014.


Nah itulah beberapa aplikasi android cloud storage service gratis yang bisa kita gunakan untuk backup, dan berbagi data-data di ponsel Android kita dengan mudah. Dari aplikasi diatas mana favorit teman-teman Umahdroid? Tuliskan lewat komentar ya! 

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.