KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Jajaran 17 Aplikasi dan Game VR (Virtual Reality) Terbaik Android

Kumpulan aplikasi dan game VR android smartphone terbaik - Kali ini Umahdroid akan share beberapa aplikasi virtual reality untuk hp agar bisa menonton video 3D, melihat gambar dengan rotasi 180-360 derajat, games, atau baca news, lewat smartphone kesayangan sobat.

Virtual reality merupakan salah satu produk dari kemajuan jaman yang bisa kita nikmati di era digital seperti sekarang ini.

Virtual reality bukanlah barang baru di dunia teknologi. Walau demikian, masih terus berkembang hingga sekarang. Tengok saja Oculus Rift, Samsung dengan Samsung Gear VR, HTC dengan Vive, Cardbox dari Google, Xiaomi Mi VR yang baru dirilis, serta berbagai macam perangkat VR lain yang sudah banyak beredar. Termasuk di Indonesia.

Sobat bisa menjumpai berbagai macam VR dijual di toko-toko online lokal. Mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Sebelum saya listing mungkin ada teman-teman disini yang bertanya.

Apa itu Virtual Reality?

Virtual Reality atau sering disingkat dengan VR adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment).

aplikasi game virtual reality vr terbaik android

Lingkungan ditiru mempuyai kedalaman bidang, dan sudut putar hingga 360 derajat. Dengan teknologi ini maka pengalaman terhadap object yang disajikan semakin terlihat nyata.

Virtual Reality umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Dijaman modern ini, kita bisa menikmati tayangan Virtual Reality menggunakan handphone.

Apakah Semua Android Bisa Digunakan Untuk VR?

Jika hanya melihat saja, ponsel sekarang ini kebanyakan sudah bisa. Namun untuk fitur lengkapnya dan agar mendpat hasil performa yang lebih baik tetap saja ada syarat yang perlu dimiliki. Salah satunya adalah sensor Gyroscope pada smartphone.

Smartphone Android apa saja yang bisa?. Silahkan teman-teman baca pada artikel kami daftar Android support Gyroscope.

Selain itu layar juga mempengaruhi. Beberapa video VR mempunyai resolusi yang tinggi. Nah jika ponsel teman-teman tidak support untuk memutar resolusi tinggi percuma kan? Tidak bisa diputar nanti.

Bagaimana caranya? Kita sudah buatkan artikel cara nonton film VR di Android.

Virtual Reality Apps Untuk Smartphone Android

Apa saja aplikasi VR yang tersedia? Langsung saja kita simak bersama lewat daftar dibawah ini ( Link download tersedia di masing-masing ) :

1. Google Cardboard

Google Cardboard Android

Aplikasi pertama ini adalah besutan dari Google sendiri. Cardboad adalah aplikasi google yang direkomendasikan pertama ketika teman-teman mencoba perangkat cardboard. Dilengkapi dengan guide tour dari berbagai tempat di belahan dunia, pemandangan kota yang indah, dan sebagainya.

Selain itu, Google Cardboard juga dilengkapi dengan video player dan photo viewer. Walaupun tidak dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap namun sudah cukup untuk merasakan sensari Virtual Reality dari HP.


2. Within VR

Download Within VR Android

Yang kedua adalah Within. Aplikasi ini tersedia untuk iOS, Android, Samsung Gear VR, HTC Vive dan Oculust Rift. Berbagai kontek seperti film pendek, video, musik, komedi dan film-film dkomenter tersaji disini. Jenis yang disajikan dapat dilihat dengan atau tanpa Cardboard.



3. ARTE360 VR

Arte 360 VR Android

ARTE360 VR adalah sebuah aplikasi video VR yang menunjukkan tempat indah. Teman-teman bisa melihat dan menjelajahi gunung, bangunan bersejarah, pemandangan laut, diving, melihat pertunjukan opera, dan masih banyak lagi.


4. NYT VR

New York Times VR Android

Untuk yang suka baca berita mungkin ini cocok. New York Times bereksperimen dengan dunia virtual reality sebagai format berita. Update berita dilakukan setiap hari untuk teman-teman.


5. BombSquad VR

BoomSquad Game VR Android

Suka nge-game via handphone? Mungkin aplikasi ini bisa dicoba. BombSquad VR untuk Cardboard merupakan game vr untuk android beraliran arcade dengan elemen platformer di mana kita sebagai gamer harus menghindari semua jenis bom, dan meng-capture
bendera.

Baca juga :

Apabila kita tidak punya VR, kita juga tetap bisa memainkannya. Yang perlu digaris bawahi, BoobSquad untuk VR tidaklah gratis. Kalian harus membayar kurang lebih 40ribu untuk penginstalan via Play Store.


6. Sisters: Virtual Reality Cerita Horor

Sisters, Aplikasi Virtual Reality Horror

Be careful where you look, because something doesn't want you here. Itulah yang tertulis di halaman Play Store aplikasi ini. Sudah bisa ditebak kan? Yap, Sisters adalah aplikasi virtual reality bergenre horror.

Dengan video 360 derajat, cerita yang disajikan akan menjadi lebih hidup. Untuk pengalaman lebih, direkomendasikan menggunakan headphone.


7. Caaaaardboard!

Game VR Android Keren

Caaaaardboard! adalah game Virtual Reality yang diklaim bekerja sempurna di Google Cardboard. Permainan ini memang dibuat khusus untuk VR headset. Untuk ukuran gamenya terbilang kecil, hanya 29MB saja.


8. Orbulus

Orbulus Aplikasi Liburan Lewat Virtual Reality

Seperti aplikasi sebelumnya, Orbulus juga di desain khusus untuk Google Cardboard dan pengguna Smartphone VR. Mereka menawarkan perjalanan ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah kita kunjungi, planet Mars misalnya.

Aplikasinya cukup besar, hampir 200MB. Jika kalian punya kuota internet berlebih paut dicoba. Kapan lagi bisa liburan ke planet mars.


9. Cardboard Camera

Google Cardboard Camera Android

Seperti Google Cardboard, Cardboard Camera adalah aplikasi yang di develop oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan kita mengambil photo lewat device kita. Kemudian hasilnya untuk dilihat menggunakan Cardboard.

Dengan demikian, kita bisa membuat konten virtual reality tanpa menghabiskan banyak uang. Apabila spesifikasi sobat memenuhi silahkan dicoba.


10. Jaunt VR

Nonton Film Virtual Reality di Android

Jaunt VR menawarkan kita bisa menonton 60 premium video virtual reality. Tentu saja dilengkapi dengan 360 video portal. Semua konten video virtual reality gratis! Beberapa hal baru dimunculkan setelah update pada tanggal 11 Juli kemarin. Diantarnya :
  1. Video baru di Paul McCartney Series
  2. Video baru di Camp4 Home Turf Adventure Series
  3. Serta bug fixes


11. End Space VR

Game VR Terbaik Android

Buat yang suka game pesawat ini harus dicoba. End Space VR for Cardboard adalah game yang diproduksi oleh Orange Bridge Studio Inc. Karena memang di buat khusus untuk Google Cardboard, maka ponsel sobat harus kompatibel dengan Cardboard app.

End Space VR adalah permainan arcade luar angkasa. Menggunakan gerakan kepala kita sebagai kendalinya. Game ini tidak gratis, sobat perlu membelinya untuk menginstallnya. Berapa harganya? Murah banget kok, cuma Rp16.000.


12. Fulldive VR

Menonton Movie Lewat Cardboard

Fulldive memungkinkan kita untuk menelusuri dan melihat lebih jauh media generasi baru. Contohnya seperti menonton 3D, 360 foto atau video, dan juga browsing internet dengan sudut pandang yang berbeda.


13. AAA VR Cinema Cardboard 3D SBS

Cara nonton Film 3d di android

Jika sobat ingin menonton video atau film untuk Cardboard tapi Android sobat tidak mempunyai sensor Gyroscope, sobat bisa gunakan aplikasi ini. Kita masih bisa menonton film 3D Virtual Reality tanpa sensor Gyro. Cukup sedikan video Virtual Reality dan tap-tp-tap sudah bisa merasakan sensasi VR.


14. VaR's VR Video Player

Cara Nonton Video Virtual Reality VR di Cardboard

Seperti pada aplikasi sebelumnya, VaR's VR Video Player juga memungkinkan kita menonton film Virtual Reality tanpa Gyroscope. Bedanya apa? Bedanya terletak pada navigasi dan fiturnya.

VaR's VR Video Player lebih sederhana / simple, dengan kontrol bisa dengan mudah kita lakukan langsung dari HP. Saya juga menggunakan ini. Hasilnya cukup bagus.


15. VR Cave

VR Cave Aplikasi Petualang

Bagi yang suka berpetualang atau backpacker mungkin coba aplikasi yang satu ini. VR Cave adalah aplikasi virtual reality yang menyuguhkan suasana Gua dengan view 3D, lengkap dengan environmentnya.


16. VR Roller Coaster

Game VR Android Terbaik 2016

Seperti namanya, kita bisa menikmati roller coaster tanpa pergi keluar ke tamna bermain dan wahana permainan. Cukup dengan VR handset dan smartphone yang cukup kita menikmati sensasi permainan ini.


17. Youtube

Yang terakhir adalah Youtube. Loh kok? Jaman kita hidup sekarang ini adalah jaman serba instan, jaman canggih :D Youtube juga bisa digunakan sebagai media melihat Virtual Reality.

Bagaimana daftar aplikasi VR untuk HP android diatas? Ada yang kurang? Jika teman-teman punya aplikasi sendiri yang belum kami sebutkan, silahkan tulis komentar dibawah agar bisa Umahdroid tambahkan ke daftar. Semoga bermanfaat!
34 komentar

34 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    27 Desember
    • Kunjungi profil
    Permisi numpang tanya, dimana ya bisa download film 3d untuk VR yang ada subtitle indonesia nya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      28 Desember
      • Kunjungi profil
      Dulu pernah liat ada di ganool. Sekarang kurang tau deh Mas. Hehe
    Reply
  • Wig31
    Wig31
    12 Desember
    • Kunjungi profil
    bagaimana dengan hp xiaomi 4A, apakah sudh mendukung gyro ??
    • Wig31
      Tiwo Satriatama
      13 Desember
      • Kunjungi profil
      Yap, sudah ada
    Reply
  • Skymoore
    Skymoore
    05 Desember
    • Kunjungi profil
    Lenovo K4 Note kok gak masuk di list hp yg support VR?
    Dalam paket pembeliannya sendiri udah include ANTVR kalau gak salah inget.
    • Skymoore
      Tiwo Satriatama
      06 Desember
      • Kunjungi profil
      Oh iya, udah ada. Betul bundle sama ANTVR. Nanti kita masukin ke daftarnya. Makasih ya udah di ingetin :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    05 Desember
    • Kunjungi profil
    Sory newbie gyro apaan ya?.
    Cara cek hp kita ada atau ga ada gyronya gimana?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      05 Desember
      • Kunjungi profil
      Gyro adalah sensor untuk menentukan orientasi gerak. Bisa pake CPU Z Mas
    Reply
  • muhammad rizka
    muhammad rizka
    20 November
    • Kunjungi profil
    halooo mbak ada recomend game nya tanpa controler + gyro ga ya ??
    • muhammad rizka
      Tiwo Satriatama
      21 November
      • Kunjungi profil
      Game VR yang bagus untuk Android mestinya butuh Gyro dan controller
    Reply
  • zainul mawok mue
    zainul mawok mue
    29 Oktober
    • Kunjungi profil
    Permisi.
    Mau nanya. Buat ngejalanin mode vr di hp gimana ya.
    • zainul mawok mue
      Tiwo Satriatama
      29 Oktober
      • Kunjungi profil
      Langsung saja pasang ke VR, buka aplikasinya. Namun ada beberapa aplikasi yang minta konfigurasi menggunakan QR Code bawaan VRnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Oktober
    • Kunjungi profil
    gan tanya ke 17 aplikasi di atas buat hp xiaomi note 4 apa menurut agen yang bagus nomor berapa sori minta sousi ya... tolong di respon tks
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 Oktober
      • Kunjungi profil
      Kalo yang paling bagus kembali ke selera dan kebutuhan. Kalo buat muter video sih lebih baik pake Vars VR atau Fulldive saja
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Agustus
    • Kunjungi profil
    Hai
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Yap
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    10 Mei
    • Kunjungi profil
    Permisi om... Tante. Mo tanya nih. Punya recommanded link download game vr yang full version tapi free gak?
    Terimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      12 Mei
      • Kunjungi profil
      Wah jarang banget pake VR buat game. Buat nonton video-video aja sih seringnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 Februari
    • Kunjungi profil
    Kalo ga suport giro tetep bisa nonton kan ?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      15 Februari
      • Kunjungi profil
      Yap bisa pake trik diatas. Sudah dites di Zenfone 5 buat nonton finding doy lumayan kok hasilnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    06 Februari
    • Kunjungi profil
    Permisi mbak/mas.sya mw tanya gimana kalau game vr yg d download tetapi game tersrbut mendukung gyro sensor dan hp sya tidak bisa menjalankan gamenya. Apakah ada solusi biar hp yg tidak bisa mendukung gyro sensor bisa menainkan game tersebut.o
    Cobtoh nama gamenya VR JET FIGTHER.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      07 Februari
      • Kunjungi profil
      Solusinya ganti HP mba :D Engga bisa diakali kalo emang perlu Gyro.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 November
    • Kunjungi profil
    ijin bookmark dl.cz blm punya vr.hha
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 November
      • Kunjungi profil
      Ijin diberikan
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Oktober
    • Kunjungi profil
    Maaf gan mw tanya kalo mau nonton video tapi online gimana ya,terus pake aplikasi apa..??soalnya saya pake aplikasi vr cardboard player gak bisa online meati download dulu..

    Makasi sebelumnya,,mohon pencarahan..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      18 Oktober
      • Kunjungi profil
      Youtube juga nyediain VR mas
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 September
    • Kunjungi profil
    mantap gan thanks atas infonya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 September
      • Kunjungi profil
      Sama-sama mas Choerul Aziz
    Reply