Apakah android bisa terkena virus? Ini Pembahasannya

04:11
Kupas Tuntas dan Penjelasan Soal Virus Android - Kesempatan kali ini saya gunakan untuk membahas topik yang menurut saya masih menjadi pertanyaan orang banyak, dan banyak juga dari teman-teman yang masih salah kaprah.

Pertanyaan tentang security pada dunia teknologi tidak akan ada habisnya jika dibahas, tidak terkecuali pada dunia smartphone android. Ya, sekarang ini memang sudah masuk era mobile.

Orang-orang dengan segala kesibukannya dan tuntutan teknologi untuk menunjang aktifitas baik kerja, ataupun pemakaian sehari-hari.

Anti Virus Terbaik Android

Sobat bisa lihat gambar diatas agar lebih punya gambaran. Oke, saya sebutkan saja beberapa dari pertanyaan dan pernyataan yang sering kita jumpai dan masih sekali terjadi salah kaprah diantaranya seperti :

Apa android bisa kena virus ?
Apa android kebal dari virus?
Android saya kena virus! Muncul peringatan ponsel anda terkena virus dan bunyi bip saat buka halaman web.
Andriod itu Linux jadi bebas virus.
Perlu gak sih anti virus untuk android?

Bahkan terkadang ada juga yang dibumbui dengan bully seperti :

"Android bisa kena virus? Baru pegang hp bagus lu tong?. Mungkin dia user s*mbian. Kasih dia nasi bungkus! :v" 

Kebanyakan dari mereka yang mengeluarkan pernyataan tersebut sering disebut dalam forum dengan istilah bocah. Entah lah, apa tujuan dan dari mana asalnya pernyataan tanpa dasar tadi. Coba sobat balik tanya ke si pembuat pernyataan tadi

Apa dasarnya? Dari mana dasarnya? Emang situ pake Linux?

Saya yakin hanya sedikit sekali yang bisa menjelaskan dengan jawaban yang kuat. Kebanyakan dari mereka hanya mendengar dan mengandalkan KATANYA. Bagi yang masih bully, mending mikir lagi.

Jangan mengeluarkan statement tanpa dasar yang kuat. Wong kamu aja pake windows.

Nah oleh sebab itu, saya akan bahas satu-satu dengan bahasa dan pengetahuan saya yang sangat cetek, sekaligus pilihan antivirus terbaik untuk ponsel android kesayangan sobat. Baik kita mulai saja pembahasan nya.

1. Mengenal Virus Lebih Dekat

1.1 Pengertian Virus

Dikutip dari Wikipedia virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

1.2 Jenis-Jenis Virus

Setelah pengertian virus diatas, mari kita masuk ke poin selanjutnya yakni jenis-jenis virus. Disini masih saya kutip dari Wikipedia, berikut dibawah ini adalah daftar dari jenis-jenis virus : 
  1. Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. 
  2. Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri. 
  3. Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game. 
  4. Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. 
  5. Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain. 
  6. Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. 
  7. Polymorphic - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi. 
  8. Metamorphic - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

Lalu untuk apa virus diciptakan? Sangat beragama motif pembuatan virus, mulai dari mengetes skill si pembuat, iseng / jail, untuk kesenangan, bisnis, hingga tindakan melanggar hukum seperti cybercrime / kehajatan dunia maya termasuk didalamnya pencurian data, dan masih banyak lagi motif lainnya.

2. Ponsel Android Saya Kena Virus

Pernahkan sobat mendapati peringatan ponsel anda terkena virus disertai bunyi bip saat buka halaman web? Mungkin pernah. Lalu pertanyaannya benarkah demikian? Tentu saja tidak!


Lihat screenshot diatas. Kejadian dengan pesan semacam ini adalah bentuk promosi atau iklan dari sebuah perusahaan aplikasi agar sobat mengunduh / mendownload aplikasi yang mereka buat. Kebetulan diatas UC Browser yang main curang, masih ada Clean Master dan sebagainya. Jadi buat sobat yang mendapati peringatan semacam ini tidak perlu kawatir dan takut.

3. Android itu Linux, Jadi Tidak Bisa Kena Virus

Saya katakan bahwa pernyataan "Bisakah android kena virus?" dan pernyataan "Android itu Linux jadi tidak bisa kena virus atau bebas dari virus" adalah TIDAK BENAR.

Bukan berarti Linux tidak bisa terkena virus.

Tanya : "Saya pake linux tidak pernah terkena virus mas? Gimana tuh"
Jawab : "Tidak pernah bukan berarti tidak bisa"

Tanya : "Virus di windows .exe kan enggak bisa jalan di Linux mas"
Jawab : "Virus tidak hanya berextensi .exe saja"

Virus di Linux memang tidak sebanyak seperti yang ada di Windows. Pada OS Linux sendiri mempunyai hak akses yang bisa kita atur dan mainkan sendiri sesuka hati kita.

Jadi untuk berkreasi sangat nyaman, karena berpredikat sebagai OpenSources / FREE, Linux bisa sobat download dan install tanpa membeli lisensi untuk memakainya, plus tidak perlu repot-repot cr*ack. Berikut daftar dari beberapa virus yang pernah ditemukan di dalam Linux antara lain : 

1. Alaeda (Virus.Linux.Alaeda)

Shown in: 2003
Risk Level: low
Wild Level: low
Platform: Linux

2. OSF.8759

Shown in: 2002
Risk Level: low, non-destructive ELF executable virus
Wild Level: low
Platform: Unix

3. Vit virus (Virus.Linux.Vit.4096)

Shown in:1999
Risk Level: low for Linux users
Wild Level: low
Platforms: Unix, Linux, Windows and MSD0S

4. Staog

Shown in:1996
Risk Level: low
Wild Level: low ( It has not been detected in the wild since its initial outbreak)
Platforms: Linux

5. Bliss

Shown in: in February 1997
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

6. Virus.Linux.Winter.341

Shown in: in 2000
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

7. Zipworm

Shown in: in 2001
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

8. Satyr:( Virus.Linux.Satyr.a)

Shown in: in 2001
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

9. Ramen virus ( Ramen worm)

Shown in: in 2001
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux (Red Hat)

10. Koobface

Shown in: in 2010
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Windows, Mac and Linux

11. Kaiten

Shown in: in 2006
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

12. Badbunny (Perl.Badbunny)

Shown in: 2007
Risk Level: low
Wild Level: low
Platform: Linux, Windows

13. Rike

Shown in: in 2003
Risk Level: low
Wild Level: low
Platforms: Linux

Sources http://www.unixmen.com/meet-linux-viruses/

Nah diatas adalah beberapa daftarnya. Dengan data tersebut masih mau bully? Ngaca dulu deh, kamu pake OS apa? Kok main bully se-enak perut sendiri. Makanya jangan suka bully orang. Selalu tempatkan sobat dalam wadah yang tepat.

4. Anti Virus Untuk Android

4.1 Perlukah Anti Virus Untuk Android

Kita masuk ke poin ke 4 "Apa android membutuhkan anti virus?, Perlu gak sih install anti virus di android?". Untuk yang satu ini saya tidak bisa mematok harus dan tidaknya.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Virus tidak hanya berupa program aplikasi, script-script jahat yang digunakan untuk mencuri data korban, seperti script yang bisa memanipulasi halaman website dari suatu bank dengan menambah menu yang ternyata adalah menu transfer ke rekening pelaku.

Biasanya juga ada oknum-oknum nakal dalam area wifi umum yang sembari menyelam minum air, sembari download sembari sniffing. Sniffing adalah suatu aktifitas menyadap yang di lakukan dalam jaringan.

Ada juga yang menyebarkan backdoor. Jikalau obat memutuskan untuk menginstall Anti Virus pada perangkat android, yang harus diperhatikan adalah soal daya batterai. Karena Anti Virus akan berjalan terus pada system otomatis akan berpengaruh juga pada daya tahan batterai sobat.

4.2 Anti Virus Terbaik Untuk Android

Teknologi dari ke hari kian maju dan berkembang pesat, termasuk dalam dunia anti virus. Sudah banyak anti virus pada perangkat android yang mempunyai fitur Anti Theft.

Fitur ini didesain sebagai anti maling yang memungkinkan user untuk melacak ponsel menggunakan GPS, sekaligus mengambil atau snapshot camera yang ada.

Setelah sobat membaca pada point sebelumnya dan memutuskan untuk menginstallnya pada Smartphone Android sobat, saya akan berikan daftar dari beberapa antivirus terbaik untuk android dan saya rekomendasikan seperti : Kapersky, ESET, Avira, AVG, Dr Web dan masih banyak lagi.

Sekedar informasi saja, kita sudah melakukan review terhadap Kaspersky Internet Security untuk Android.

5. Kesimpulan

Setelah kita bahas soal kontroversi pertanyaan dan pernyataan yang saya sebutkan diatas, ada beberapa kesimpulan yang bisa sobat petik : 
  1. Android itu Linux jadi tidak bisa kena virus adalah TIDAK BENAR.
  2. Kejahatan dunia maya tidak hanya berupa virus, masih banyak lagi jenis cybercrime.
  3. Tidak ada system yang 100% aman.

Nah semoga sobat tidak tersesat lagi dengan adanya penjelasan ini. Jika ada salah dari yang saya tulis mohon dikoreksi untuk dibenarkan. Mohon maaf jika ada kesalahan baik tentang penjelasan atau kata-kata yang tidak berkenan.

Sekian yang bisa saya bahas tentang apakah android bisa terkena virus?, anti virus terbaik untuk android, jenis virus, virus pada Linux. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

26 Komentar
avatar

panjang bgd postnya :-))
tapi jadi tau sekarang, makach postinya um :p

Balas
avatar

Makasih penjelasanya mas.sangat membantu.ijin share boleh?

Balas
avatar

Makasih penjelasanya mas.sangat membantu.ijin share boleh?

Balas
avatar

Silahkan kang perintis cahaya. Jika berkenan sertakan sumbernya. Hehehe

Balas
avatar

bocah kalo baca ini pasti kena skak sama ente bos :v btw nice artikel bos

Balas
avatar

kaLo 360 security gimana gan?bagus gak?sekarang ini ane pake AV ini..Lumayan ndetect beberapa virus di apLikasi2 pihak ktiga..tapi masih gak paham ane tuh AV termasuk bener2 bagus apa gak haha :D

Balas
avatar

Kalo saya sih enggak. Usahakan yang udah punya nama besar. Yang pernah saya pake paling dapet hasilnya Kapersky, Eset. Atau coba deh Dr. Safety

Balas
avatar

makasih udah bahas topik virus teh. artikelnya enak, mudah dipahami. tambah banyak ilmu.

Balas
avatar

temen2 ane suka tuh gan, nyindir gitu. ternyata eh xixixixi. makasi banget nih gan. tambah ilmu lagi. sekarang udah bisa jawab kalo disindir :p

Balas
avatar

Hehe, makanya sebelum mengungkapkan opini dipikir dulu, check kebenaran, jangan meneruskan berita bohong dan dari pembohong. Buat pelajaran kita semua

Balas
avatar

Kehormatan bagi saya selaku admin bisa memberi post yang bermanfaat bagi rekan-rekan visitor

Balas
avatar

Bagi yang memakai os android, sekarang ada tuh virus yg ganas bnget, ia juga bisa mencuri pulsa, ditambah kalo mau hapus tuh susah bnget, dari pihak kaspersky aja kesulitan menangani virus ini.
Kalo nggak percaya, liat aja tuh di google dngan keyword virus android terganas

Balas
avatar

Terimakasih banyak atas informasinya

Balas
avatar

Sama-sama kang Totok. Semoga berkah

Balas
avatar

thanks gan postingan yg bermanfaat

Balas
avatar

Gan klo kemarin gw ga sengaja buka halaman web, eh tau2 bilang hp gw kena virus, trus disuruh ngunduh apaa gitu, nah ga sengaja kepencet akhirnya ke download, tapi belum sempet install gw apus lagi tuh downlodan, itu virusnya sempet masuk lewat aplikasi yg kedownload itu ga ya

Balas
avatar

jd semua hp android itu memakai OS linux ya mas

Balas
avatar

opininya kurang tegas, saya maunya jawaban ya atau tidak, bukan kembali ke opini masing2, artikel diatas sy mengalami, ketika dapat bunyi bip, semua link terasa susah dibuka, krn kita seperti dipaksa buat donlot anti virus tsb, mimin tolong jawab yg jelas dan lugas doong, Android bisa terkena virus atau tidak? klo memang tdk bs terkena, kenapa hrs suggest unduh / recomend beberapa nama antivirus, atau mimin jg promosii??/

Balas
avatar

Kalau pas browsing tiba2 ada peringatan bahwa HP kita terkena virus abaikan saja. Itu namanya Scareware, tujuannya menakut-nakuti supaya kita download aplikasi tertentu, misalnya antivirus. Agar aplikasi si pembuat Scareware tersebut laku.

Balas
avatar

Bisa! Sudah dijawab kang dony. Kalo promosi pasti saya akan tonjolkan satu yang pastinya akan terlihat jelas.

Balas
avatar

Kalo mau tau benar, ada 2 pendapat. Ada yang meng-IYA-kan dan ada yang meng-TIDAK-kan. Contoh, The Linux Foundation ada di kelompok IYA, dan beberapa pihak lain menyatakan TIDAK karena Android tidak membawa komponen GNU. Tinggal mau ikut yang mana, kalo saya lebih ke IYA.

Balas
avatar

penjelasan yang mantap, Thanks for your information.

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.