KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Modem WiFi Orbit Telkomsel Tidak Ada Internet? Berikut Cara Mengatasinya

Orbit Tidak Bisa Connect - Selamat datang untuk yang baru mampir di Umahdroid. Kali ini kita akan mempelajari tentang cara mengatasi Orbit tidak bisa terhubung setelah sebelumnya, kita juga share pengaturan DNS di modem Orbit.


Kejadian ini cukup banyak dialami oleh pelanggan layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi yang sistemnya memakai jaringan selular dari operator seluler plat merah, Telkomsel.


Hal pertama yang wajib kalian cek tentunya adalah kartu Orbit itu sendiri. Pastikan jika SIM Telkomsel Orbit belum expired dan paket data pada SIM Card masih ada.


Modem Orbit Telkomsel Tidak Ada Internet

Jika SIM masih aktif, paket internet masih banyak, dan jaringan yang ada di sekitar tempat kalian tidak bermasalah tapi tetap saja tidak bisa untuk mengakses internet, itu artinya ada faktor lain.


Ini juga dialami teman kita. Komputernya sih bisa tersambung ke WiFi Orbit, tapi dengan keterangan No Internet. Lampu modem berwarna putih, bukan merah.


Percobaan dengan perangkat lainpun (smartphone, tablet, dan laptop) tidak mengubah apapun. Hasilnya tetap sama, WiFi connected but No Internet Access. Jadi bagimana jalan keluarnya?. Simak posting-nya sampai habis.


Solusi #1 WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Internet

Cara pertama untuk mengatasi gangguan koneksi pada modem WiFi terobosan dari perusahaan yang kini sudah merger dengan IndiHome ini bisa dibilang standard networking troubleshooting.


Baca juga :


Silahkan coba Restart modem dulu. Kita bisa melakukannya dengan tekan dan tahan tombol Power sampai lampu mati dan hidup lagi secara otomatis.


Cara Restart Modem Orbit Telkomsel

Metode lain untuk Mulai ulang perangkat yang merupakan singkatan dari Modulator Demodulator ini juga bisa dilakukan melalui dashboard web bawaan seperti screenshot yang Umahdroid sertakan di atas.


Ingin lebih ringkas?. Langsung cabut saja power adaptornya dari colokan atau outlet listrik sebagai cara mematikan modem Orbit paling gampang.


Begitu kedua workaround tersebut kalian lakukan, silahkan hidupkan ulang, kemudian cek ulang, apakah sudah bisa untuk browsing, streaming, atau kegiatan berselancar di dunia maya lainnya.


Jika prosedur reboot atau power off and power modem on di atas masih belum fix juga, jom kita lanjutkan ke opsi selanjutnya.


Solusi #2 WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Internet

Cara selanjutnya inilah yang akhirnya berhasil memperbaiki koneksi internet yang tidak bisa pada kasus kawan kita. Untuk menerapkannya, modal utama yang wajib dimiliki yakni dengan login ke sistem modem Orbit Telkomsel.


Tutorialnya bisa dibaca pada link di atas. Agar hemat waktu, kita asumsikan kalian sudah sukses mengakses dasbor sistem (WebUI) dan ada di menu Beranda.


Cara Aktifkan Data Seluler Orbit Telkomsel

Jika belum, jalankan browser (Chrome, Firefox, Edge) > kemudian buka 192.168.8.1. Hasilnya bisa dilihat pada gambar tangkapan layar di atas. Di menu ini, kita bisa melihat pesan "Internet terputus" dengan ikon centang berwarna kuning.


Dan dengan ini, kita langsung tahu ternyata status data dalam kondisi disabled. Inilah penyebab Orbit tersambung tapi tidak bisa ngenet.


Mungkin secara tidak sengaja Dia klik button tersebut. Nah, untuk cara mengatasinya bisa dibilang sangat mudah, cukup tekan saja tombol Aktifkan data seluler yang letaknya tepat ada di bawahnya.


Ikon centang yang tadinya berwarna kuning akhirnya berubah menjadi hijau. Selesai. Sekarang kalian sudah bisa ngenet lagi tanpa problem. Gampang kan?.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan