KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

2 Cara Gampang Melihat Daftar Aplikasi Yang Terinstal di Ubuntu

Manajemen Aplikasi Linux - Kalian baru atau sedang belajar menggunakan Ubuntu mungkin akan cukup kebingungan saat ingin remove aplikasi di Ubuntu karena Ia tidak memiliki Control Panel seperti Micorosft Windows.


Apakah kalian sedang mencari informasi bagaimana melihat aplikasi yang sudah di install di Ubuntu?. Jangan kawatir, hari ini Umahdroid akan bagikan tutorialnya migrasi sistem operasi kalian lebih lancar.


Mengetahui cara melihat aplikasi yang diinstal pada sistem bisa membantu dalam situasi di mana kita perlu menginstal aplikasi yang sama di komputer lain.


Tampilan Desktop Ubuntu Terbaru

Skema penggunaan lainnya adalah saat kita ingin memasang aplikasi setelah selesai menginstal ulang sistem. Dengan mengetahuinya, kita bisa dengan mudah memasang ulang paketnya.


Tutorial kali ini tidak hanya untuk Ubuntu, tapi juga berlaku untuk turunannya seperti Linux Mint, Elementary OS, Pop!_OS, dan orang tuanya, Debian.


Melihat list software yang terinstal di dalam sistem Linux sebenarnya cukup mudah. Aksi ini bisa dilakukan melalui 2 cara. Masing-masing yakni Command Line Interface (CLI) maupun Graphical User Interface (GUI).


#1 Melihat Program Yang Terpasang Lewat GUI

Kita mulai dari yang pertama. Cara paling mudah dan ramah pemula karena tinggal klak-klik klak-klik pada mouse adalah dengan menjalankan saja Software Manager yang disediakan out of the box.


Baca juga :


Begitu terbuka, silahkankan masuk ke tab Installed. Jreng, menu ini secara instan akan menampilkan program yang terpasang berdasar abjad A-Z.


Aplikasi Yang Terinstall Ubuntu Graphical

Disini kita bisa melihat dengan jelas versi yang terpasang di komputer kita. Kita juga bisa melakukan klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi di Ubuntu tanpa Terminal.


Salah satu kekurangan jika kalian memilih metode ini adalah SM hanya menampilkan programnya saja. Ia tidak support menampilkan paket serta dependensi.


Untuk informasi saja, software manager di GNOME namanya Software, di KDE namanya Discover, di Cinnamon namanya Software Center, di elementary OS namanya AppCenter, dan di Pop!_OS namanya Pop Shop.


Terakhir, jika kalian menggunakan Ubuntu versi kekinian, maka kemungkinan besar kalian menggunakan Snap Store.


#2 Melihat Program Yang Terpasang Lewat CLI

Mengeksekusi berbagai perintah menggunakan perintah berbasis teks bukanlah hal yang tabu di dunia free open source operating system. Terminal sudah seperti Swiss knife army untuk para pengguna distribusi Linux.


Untuk distro yang menggunakan debian package seperti Ubuntu, Mint Linux, Kali Linux, KDE Neon, kita bisa menjalankan perintah dpkg -l di Terminal.


Aplikasi Yang Terinstall Ubuntu Terminal

Sistem akan secara merespon dengan menghasilkan output berupa list packages yang terinstal di dalam sistem Linux berupa text yang tersusun dalam sebuah tabel dari nama, versi, arsitektur, hingga deskripsi.


Oh ya penting untuk kita informasikan, kode "ii" yang ada di awal baris menandakan bahwa paket aplikasi tersebut terinstall di dalam sistem komputer.


Kita juga bisa mengombinasikannya dengan perintah grep. Sebagai contoh, jika ingin melakukan filter apakah Inkscape terpasang di sistem, kita bisa menggunakan perintah dpkg -l | grep inkscape


Sekarang kalian sudah tahu cara mendaftar dan memfilter paket yang diinstal pada Ubuntu. Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan