KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Trik Membuat Pangkat Di Atas dan Bawah Pada Microsoft Word

Membuat Teks Pangkat - Yohohoho selamat sore kawan-kawan!. Semoga baik seperti yang didambakan oleh semua yang hidup. Oke, sesuai judul artikel, hari ini Umahdroid ingin sharing tutorial Microsoft Office Word.


Seperti yang kita ketahui bersama, di dalam ilmu matematika, pangkat adalah bentuk perkalian antara suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri atau bisa juga disebut dengan perkalian berulang.


Apabila suatu bilangan memiliki sebuah angka yang "nongkrong" di pojok kanan atas, misalnya 5², maka angka 2 tersebut merupakan pangkat dari 5.


Format Simbol Microsoft Word

Pangkat juga bisa dikatakan sebagai metode penulisan yang jauh lebih sederhana, cepat, dan juga efisien. Ia juga bisa memudahkan pembaca membaca karena tidak harus menulis perkaliannya satu-persatu.


Coba perhatikan, jika ada bentuk 7 × 7 × 7 × 7 dan bentuk 7⁴, mana yang lebih mudah untuk ditulis dan dibaca?. Pasti jawabannya yang 7⁴.


Cara Menulis Angka Kecil Di Atas Huruf di Word

Format yang sedang kita bahas tentunya tidak hanya berfungsi untuk menulis pangkat saja. Kalian juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menulis satuan derajat celcius, misalnya 35°C.


Baca juga :


Disini kita memiliki 2 metode mudah. Metode pertama dengan tombol klik mouse sedangkan metode kedua dengan kombinasi tombol keyboard.


Angka Kecil Di Atas Microsoft Word

Tanpa banyak babibu langsung saja kita praktekkan. Untuk membuat pangkat di atas seperti screenshot, cukup tekan tiga buah tombol Ctrl + Shift + = pada papan ketik kalian secara bersamaan.


Misal, untuk membuat 4 pangkat 6, ketik saja angka 46. Setelah itu blok atau seleksi angka 6, kemudian tekan tombol kombinasi tadi.


Dengan shortcut keyboard tersebut, maka angka 6 tadi akan langsung mengecil dan naik ke atas secara otomatis. Oh ya, cara ini tidak hanya berlaku untuk angka saja, huruf juga bisa.


Oh ya untuk mengembalikan ke format semula atau untuk melanjutkan mengetik karakter normal, tekan saja tombol yang sama.


Cara Menulis Angka Kecil Di Bawah Huruf di Word

Membuat karakter yang mejeng di atas sudah, sekarang kita masuk ke bagian kedua untuk membuat simbol di bawah pada perangkat lunak perkantoran saingan dari aplikasi LibreOffice - Free Office Suite.


Format ini berguna untuk menulis rumus kimia. Contoh Air, senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang dirumuskan sebagai H₂O.


Angka Kecil Di Bawah Microsoft Word

Jika sebelumnya kita memakai tiga tombol kombinasi, sekarang kita eliminasi satu button. Untuk membuat teks di bawah, tekan tanpa Shift. Singkatnya yang kita tekan sekarang hanya Ctrl + =


Caranya masih sama seperti sebelumnya. Ketikan H2O seperti biasa, seleksi angka 2, kemudian tekan bersamaan kedua tombol tadi.


Dengan shortcut keyboard tersebut, maka angka 2 tadi akan secara otomatis mengecil kemudian turun ke bawah. Dan persis seperti poin sebelumnya, ini juga berlaku untuk huruf atau simbol lain.


Tekan kombinasi tombol yang sama untuk mengembalikan ke format semula atau melanjutkan mengetik karakter normal. Bagaimana - mudah bukan?.


Itulah cara tercepat menulis angka kecil di bawah dan di atas pada Microsoft Office Word yang bisa kita bagikan. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca posting keren melihat password WiFi yang tersimpan di Laptop.

0

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan