KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Arctic Freezer 34 eSports DUO, CPU Cooler Single Tower Mantap

Arctic Freezer 34 eSports - Cooler CPU adalah komponen krusial dalam sebuah PC, itulah mengapa kita perlu membeli pendingin prosesor yang bagus selain hal penting lainnya, sebagai contoh memilih casing PC yang benar.


Dan sesuai judul artikel di atas, hari ini kita ingin sharing preview tentang Arctic Freezer 34 eSports, sebuah cooler processor berjenis single tower yang (seingat kita) tidak pernah mendapat review buruk.


Produk ini sebenarnya memiliki 2 buah versi. Keduanya dibedakan berdasarkan kipas yang dibawa. Versi pertama mengguna satu fan dan satunya lagi dua fan.


Review Arctic Freezer 34 eSport DUO

Ia tersedia dalam beberapa varian warna. Ada white, grey - white, grey, yellow, green, and red. Semuanya bisa kalian pilih dan selera atau sesuaikan setup PC rakitan yang ingin kalian bangun.


Kebetulan unit yang nongkrong di gubug Umahdroid saat ini adalah warna hitam dengan corak abu-abu di bagian kipasnya.


Sebelum mulai, kita ingin menulis sanggahan dulu, artikel ini bukan review performa cooling. Artikel ini lebih kita tujukan untuk mengulas desain dan teknologi yang disematkan pada produk. Oke, sekarang jom kita mulakan!.


Paket Penjualan Arctic Freezer 34 eSports DUO

Seperti kebanyakan konten komponen perangkat komputer lainnya, kita akan mulai dari kotak tower CPU Cooler with BioniX P-Series Fans in push-pull-configuration yang dibuat oleh perusahaan asal Jerman ini.


Baca juga :


Bagian depan dipenuhi oleh logo, visual, garansi, nama produk, serta platform socket Intel dan AMD yang didukung oleh Arctic Freezer 34 eSports DUO.


Paket Penjualan Arctic Freezer 34 eSport

Untuk rev 4 dan rev 5, kita akan mendapatkan unit cooler-nya, mounting clips & screw, thumb nuts, standoffs untuk Intel 2066 / 2011 / 1700 / 1200 / 115x , AMD AM4 / AM5, rubber rings, backplate beserta nuts-nya.


Selain itu, mereka juga mem-bundling Arctic Freezer 34 eSports DUO dengan beberapa washers dan backplate untuk pengguna platform kubu biru.


Arctic MX 4 Thermal Paste Terbaik Murah

Tidak ketinggalan, Artic juga menyertakan satu buah thermal paste MX-4 0.8 g dalam bentukan suntikan kecil seperti Thermal Grizzly Kryonaut. Penampakan lebih jelasnya bisa dilihat lewat gambar gambar di atas.


Oh ya sekedar informasi saja, Arctic MX-4 untuk ukuran 4 g dijual dengan harga Rp 125.000, sedangkan untuk 8 g dijual di angka Rp 170.000.


Banderol tersebut kita sortir termurah yang dari official store Tokopedia. Kalian tentu bisa mendapatkannya lebih murah di non OS dan kombinasi voucher atau GoPay Coins saat check out.


Desain Tower CPU Cooler Si Penantang Noctua

Arctic Freezer 34 eSports DUO mengusunng 4 buah heatpipe sambil menghadirkan tumpukan sirip pendingin yang saling bertautan untuk mempromosikan terowongan udara langsung melalui menara pendingin.


Untuk membuka kipasnya, kita hanya perlu menarik kawat pengait yang ada kemudian lepas seperti melepas cooler jenis tower pada umumnya.


Desain Arctic Freezer 34 eSport DUO

Oh ya untuk informasi tambahan saja, kawat pengait untuk "mengawinkan" fan dengan heatshink processor ini sudah dibuat paten, sehingga tidak bisa dicopot. Tapi menurut kita itu bukan masalah.


Masuk ke bagian mounting base, Arctic Freezer 34 eSports mengusung desain direct contact yang langsung menargetkan DIE prosesor.


Arctic Freezer 34 eSport Mounting Base

Dari sudut ini, tepi gigi gergaji di bagian depan dan belakang sirip pendingin sangat terlihat. Hal tersebut dimaksudkan untuk memecah aliran udara dan memberikan gerakan turbulen melalui pendingin.


Beralih ke dimensinya, panjangnya 103 mm, lebar 124 mm, tinggi 157 mm, dan berat 764g. Oya, siripnya sendiri ada 54 buah dengan ketebalan 0.4 mm.


Dengan fan berukuran 120 mm dan spesifikasi ukuran tersebut, mestinya Arctic Freezer 34 eSports DUO aman digunakan di casing PC yang kecil. Kalian juga tidak perlu kawatir Ia akan mentok RAM.


Ditenagai Oleh Dua Arctic BioniX P Series Fans

Seperti yang kita katakan sebelumnya, "obat penurun panas" processor ini disenjatai dengan Arctic BioniX P berukuran 12 cm. Untuk yang belum tahu Arctic P series adalah line-up fan berjenis high static pressure.


Baca juga :


Harga satuan seri ini di Tokped adalah Rp 220.000. Karena jumlahnya dua, berarti Rp 440.000. Mahal?. Iya. Tapi ada yang lebih mahal *uhuk Noctua.


Arctic BioniX P Series No RGB Fan

Kembali ke topik. Hal yang paling kita suka dari fan buatan Actic adalah adanya PWM Sharing Technology (PST) yang memungkinkan pengguna menghubungkan satu fan PWM ke fan PWM lainnya secara langsung.


Pendekatan seperti ini membuat kita sebagai konsumen jelas menang karena kita tidak perlu repot membeli splitter / adapter tambahan di toko komputer.


Arctic BioniX P 120 PWM PST Fan

Memang harganya tidak mahal (dari belasan sampai puluhan ribu), tapi tetap saja, selain kita bisa sedikit menghemat biaya rakit PC, kemampuan bisa langsung "toblos" pada fan PST ini sangat berfaedah.


Yah, rasanya kita sepakat harga komponen saat ini yang cukup mbelgedes. Apalagi jika kita mau menengok spion ke beberapa tahun lalu.


Itu saja ocehan kita tentang Arctic Freezer 34 eSports DUO. Semoga bisa bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan di hati pemirsa.


Terakhir, pihak Arctic tidak menyertakan manual book. Jangan kawatir, kalian bisa mengunjungi petunjuk pemasangan Arctic Freezer 34 eSports.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan