KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

WD Blue SA510, SSD SATA III Pengganti Hardisk Yang Handal

Review SSD WD Blue SATA - Apa kabar semua?. Semoga baik dan sehat selalu. Sesuai judul, hari ini kita akan berbagi artikel tentang penerus WD Blue 3D NAND 1TB. Seri ini adalah salah satu Solid State Drive SATA terbaik.


Storage berfungsi sebagai tempat bersemayan sebuah sistem operasi (Windows dan Linux misalnya), sebagai media untuk menyimpan dokumen, foto, video, atau sekedar sebagai media backup data.


Dengan kegunannya, rasanya kita semua sepakat jika media penyimpanan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah PC Desktop / Laptop.


Review SSD WD Blue 3D NAND

WD Blue SA510 yang sedang kita bahas termasuk ke dalam tier B. Selain Samsung 870 Evo dan Crucial MX500, produk dari Western Digital ini termasuk seri yang paling sering direkomendasikan oleh PC builder.


Tipe ini sama dengan SanDisk Ultra 3D yang juga dijual di Indonesia. Sayangnya, garansi model tersebut di Indonesia hanya 3 tahun saja.


Apa saja yang akan kalian dapatkan jika membeli SSD SATA WD dengan warna biru ini?. Bagaimana dengan performa yang ditawarkan?. Tanpa banyak babibu, jom langsung saja kita mulai.


Bongkar Box SSD SATA WD Blue SA510 Terbaru

Kotak produknya cukup simpel. Desainnya tegas dengan kombinasi warna biru dan putih. Di bagian depan, kita bisa menemukan sticker Eternal Asia (EA). Mereka merupakan distributor resmi WD di Tanah Air.


Baca juga :


Bagian belakang kotan diisi dengan spesifikasi singkat serta kode QR yang bisa kalian scan untuk klaim Dropbox Professional selama 3 bulan.


Paket Penjualan SSD WD Blues SATA

Seperti gambar di atas (klik untuk memperbesar), paket penjualan WD Blue SA510 sangat minimalis. Kita hanya mendapatkan satu buah SSD itu sendiri dan kitab support, warranty, and regulator guide.


Untuk kalian yang baru pertama kalinya memegang Solid State Drive, jangan kaget karena bobotnya sangat ringan. Memang begitulah berat SSD.


Oh ya untuk tips tambahan saja, ada baiknya untuk mengecek serial number terlebih dahulu sebelum segelnya dibuka untuk memastikan produk yang kita beli asli atau palsu, original or fake.


Penampilan SSD WD Blue SA510 Non M2 NVMe

Mohon maaf, kita tidak akan membahas bagimana instalasinya. Karena ini bukan SSD M2, jadi tutorialnya sama seperti yang sudah kita bagikan sebelumnya. Silahkan merapat ke artikel cara memasang SSD di laptop.


Keluarga dari SSD WD Blue ini memiliki form factor 2.5 inci. Bentuk dan ukurannya sama persis seperti hard disk yang biasa ditemukan pada komputer jinjing.


Desain Fisik WD Blue SATA III SSD

Sisinya memiliki warna hitam. Di bagian atas terdapat stiker dengan logo Western Digital berwarna biru dan putih, sedangkan bagian bawahnya terdapat stiker informasi produk, termasuk serial number (S/N) dan kode batang.


Kedua bagian tersebut menggunakan 2 buah material yang berbeda. Bagian yang satu plastik, bagian sisanya lagi alumunium.


Untuk penampakan, terus terang saja kita lebih suka dengan desain minimalis milik Samsung Evo. Warnanya yang hitam legam dan casing all metal kesannya jauh lebih gagah jika dipajang di PC.


Performa Dan Kinerja WD Blue 1TB SATA III SSD

Media penyimpanan yang satu ini menggunakan memori NAND dengan tipe Triple Layer Cell (TLC) hasil kolaborasi Western Digital dengan Toshiba. Kontroler yang digunakan pada drive ini adalah Marvell 88SS1074.


Baca juga :


Kecepatan WD Blue SA510 mendekati apa yang diklaim oleh WD, yakni 557.9 MB/s untuk average read rate dan 502 MB/s untuk average write rate.


Benchmark WD Blue SSD SATA III

Pengujian selanjutnya adalah tes copy-paste. Disini kita menggunakan 1.630 file audio (mp3) berukuran 15.3GB yang disalin ke SSD dengan Ugreen HDD enclosure. Hasilnya, proses selesai dalam waktu 3.04 menit.


Bagaimana jika digunakan untuk bermain gim, apa tambah lancar?. Tentu. Kinerja loading game dan loading texture saat gaming meningkat derastis.


Kelajuannya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan storage berbasis piringan membuat kakak tingkat dari WD Green ini juga cocok jika dipakai untuk kebutuhan office maupun editing.


Kesimpulan Penerus WD Blue 3D NAND SATA III

Upgrade HDD ke SSD untuk C atau drive D / E bisa meningkatkan kinerja sistem untuk berbagai skema pemakaian. Notebook jadi lebih enteng dan hemat baterai juga akan dirasakan ketika memakai Solid State Drive.


Saat artikel ini diterbitkan, harga WD Blue SA510 ada di kisaran Rp 1.648.000,- (banderol paling rendah diambil dari official store Tokopedia).


Update Harga SSD WD Blue Terbaru

Kenapa tidak ambil 870 Evo saja yang TBW nya lebih tinggi dan harganya lebih murah?. Pertanyaan yang bagus. Dari riset yang kita lakukan, SSD Samsung tipe tersebut sering rusak sebelum waktunya.


Masalah ini banyak dikeluhkan di forum, komentar YouTube, atau situs seperti Reddit. Silahkan cari dengan kata kunci "Samsung 870 Evo failure" di Google.


Disana ada banyak sekali cerita horor tentang media penyimpanan buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Sebenarnya mereka tahu problem ini. Sayangnya mereka lebih memilih bisu dan tuli.


Itulah review SSD WD Blues yang bisa kita ceritakan. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih!.

6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Lolo Lolo
    Lolo Lolo
    06 November
    • Kunjungi profil
    Yang penting ssd
    • Lolo Lolo
      Tiwo Satriatama
      07 November
      • Kunjungi profil
      Betul itu wkwkwk
    Reply
  • Z
    Z
    03 November
    • Kunjungi profil
    ada dram nya ga bang?
    • Z
      Tiwo Satriatama
      03 November
      • Kunjungi profil
      Enggak, dram-less mas
    • Z
      Z
      03 November
      • Kunjungi profil
      wadaw,, info dari mana bang?
    • Z
      Tiwo Satriatama
      04 November
      • Kunjungi profil
      Orang WD-nya sendiri yang ngomong
    Reply