KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Setelah Geser Samsung, OPPO Kembali Kuasai Pasar Indonesia

Merk HP Terbaik Q2 2022 - International Data Corporation (IDC) baru saja merilis laporan pasar ponsel Indonesia pada kuartal kedua. Kali ini OPPO kembali menjadi vendor smartphone nomor satu di Indonesia.


IDC melaporkan pasar ponsel pintar Indonesia mengalami penurunan sebesar 10% YoY pada Q2. Padahal jika dibandingkan Q1, pengapalan ponsel pada Q2 mengalami peningkatan 6,9% menjadi 9,5 juta unit.


Secara keseluruhan, paruh pertama tahun 2022 ditutup dengan pengiriman 13,7% lebih rendah dibandingkan paruh pertama pada tahun sebelumnya.


Ponsel Oppo Jadi Ponsel Terbaik Q2

Vendor dan konsumen sebenarnya sudah bersiap belanja ponsel saat bulan Ramadan, tapi permintaan justru melambat karena beberapa faktor.


Pelonggaran PPKM yang mengizinkan mudik saat itu membuat masyarakat memilih mengalokasikan dana untuk biaya perjalanan dan menghabiskan lebih sedikit uang untuk belanja barang elektronik.


Seiring dengan aktivitas yang kembali normal, belanja konsumen bergeser ke area lain seperti, terutama untuk kebutuhan primer.


Pasar Indonesia Diprediksi Tidak Akan Meningkat

IDC memperkirakan bahwa pasar telepon genggam cerdas di Indonesia tidak akan mengalami peningkatan pada paruh kedua tahun 2022 karena dipengaruhi beberapa faktor ekonomi makro.


Baca juga :


Inflasi, pergerakan nilai tukar mata uang, peningkatan suku bunga, serta kenaikan harga bahan bakar yang mengikis daya beli konsumen.


Pangsa Pasar Ponsel Indonesia

Dari hasil analisis, OPPO kembali menguasai pasar dengan 2 juta unit pada periode Q2 2022 dan menguasai 20.6% pangsa pasar. Mereka menggeser Samsung yang menjadi vendor nomor satu pada Q1 2022.


Performa tersebut didukung oleh portofolio kelas menengahnya dengan rentang harga USD 200 dan USD 400, seperti OPPO A96 dan Reno7 series.


Firma analis tersebut mengatakan jika kategori ini mewakili 46.9% total pengiriman OPPO pada Q2 2022. Dilain pihak, Samsung juga terbantu pengiriman mid-range di lini Galaxy A dan Galaxy M.


Posisi ketiga, keempat, dan kelima berturut-turut dipegang oleh Vivo dengan 17.8%, Xiaomi dengan 15.6%, dan Realme dengan 12.1%.


Itu saja data marketshare smartphone terbaru yang bisa Umahdroid bagikan. Semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca penyebab dulu Nokia tidak pilih Android.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan