KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Apa Sih Nomor ICCID dan 3 Cara Mengetahui ICCID Kartu Seluler

Nomor ICCID Kartu Seluler - Apa itu nomor ICCID?. Bagaimana cara mengetahui ICCID dari nomor HP kita?. Tenang, hari ini kita akan bahas tentang nomor unik pada SIM Card yang juga diperlukan untuk UNREG kartu Live.On.


Selain Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), beberapa operator seluler di Indonesia juga memberlakukan registrasi kartunya dengan melampirkan nomor ICCID dari kartu.


XL Live.On dan Tri adalah contohnya. Keduanya kompak meminta nomor ICCID saat seseorang ingin mendaftarkan kartu SIM miliknya.


Nomor ICCID SIM Card Semua Operator

Masalahnya, tidak semua orang mengerti dan paham tentang kode yang merupakan singkatan dari Integrated Circuit Card Identifier ini. Itulah alasan utama mengapa kita putuskan untuk menulisnya.


Semoga artikel Umahdroid kali ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang nomor seri yang sering membingungkan para pengguna awam.


Mengenal - Apa Itu Nomor ICCID Pada SIM Card?

ICCID adalah sebuah serial number yang terdapat pada sebuah kartu seluler. Ia terdiri dari 19 hingga 20 digit angka unik. Meski demikian, ada operator seluler yang hanya memberikan 13 digit angka.


Baca juga :


Nomor yang terdapat pada Integrated Circuit Card Identifier berfungsi untuk mengidentifikasi data dari kartu SIM itu sendiri.


Ia mencatat setiap informasi penting yang ada di kartu seluler, mulai dari nomor yang terpasang, identitas pendaftaran dan pembuatan, identitas perusahaan pembuat kartu, sampai dengan kode negara asal.


Karena itu, Telkomsel AS, Simpati, Halo, XL, AXIS, Live.On, Tri, Indosat IM3, Mentari, Smartfren dan kartu lainnya pasti memiliki nomor unik ini.


Semuanya hal tentang ICCID telah diatur berdasarkan Undang-undang Internasional tentang Telekomunikasi dan tercantum dalam International Telecomunication Union E.118.


Bagaimana Cara Untuk Mengecek Nomor ICCID?

Mengetahui nomor ICCID sebuah kartu sebenarnya sangatlah mudah. Karena berlaku seperti halnya nomer serial, deretan nomor tersebut biasanya dicetak di bagian bungkus kartu yang kalian beli.


Letaknya ada di sticker label bagian belakang, tepat di bawah kode batang. Kalian pasti bisa dengan mudah menemukannya.


Cara kedua untuk melihat ICCID juga bisa dilakukan dengan memeriksa "rumah kartu". Itu loh, tempat yang menyatu dengan kartu dan biasanya hanya dibuang setelah kartunya diambil.


Selain kedua metode di atas, 13 angka sampai 20 digit nomor ICCID juga dicetak dibagian belakang kartu seluler. Coba kalian cek, pasti ada.


Itulah tiga cara mengecek nomor seri ICCID semua operator yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, situasi, dan kondisi masing-masing untuk membantu saat akan registrasi ulang kartu SIM. Semoga bermanfaat!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan