KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Google Diam-Diam Kumpulkan Pesan dan Panggilan Pengguna

Data Pengguna Google - Isu privasi dan keamanan memang topik yang menarik. Kali ini giliran pemilik brand Pixel yang ketahuan mengumpulkan info panggilan dan pesan singkat yang merupakan data pribadi pengguna.


Kedua data tersebut "ditambang" dari dua aplikasi, yakni Google Messages dan Phone by Google. Kedunya tersedia dan dapat di-download secara gratis di toko aplikasi resmi, Google Play Store.


Untuk yang belum tahu, Messages adalah aplikasi pesan singkat yang mendukung teknologi Rich Communication Services atau biasa disingkat RCS.


Privasi Data Pengguna Google

RCS juga disebut sebagai Advanced Messaging, Joyn, SMSoIP, Message+, dan SMS+, sedangkan Phone by Google disisi lain merupakan aplikasi pemanggil atau biasa disebut dialer.


Kedua aplikasi ini kadang jadi aplikasi bawaan (disebut juga bloatware) suatu ponsel berbasis sistem operasi Android.


Pesan & Panggilan Pengguna Dikirim ke Google

Menurut sebuah makalah penelitian, "Data Apa yang Dikirim oleh Google Dialer dan Aplikasi Pesan di Android ke Google?", Google Messages dan Google Dialer telah mengirimkan data tentang komunikasi pengguna.


Baca juga :


Karya ilmiah ini diterbitkan oleh Douglas Leith, seorang seorang profesor ilmu komputer dari Trinity College Dublin.


Pengumpulan Data Pengguna Google

Menurutnya, Google melakukan praktek ini tanpa pemberitahuan dan persetujuan pengguna. Lebih dari itu, mereka tidak memberikan opsi sama sekali untuk menonaktifkannya.


Aplikasi ini mengumpulkan hash pesan SHA256 beserta waktunya, nomor telepon, log panggilan masuk dan keluar, waktu, serta durasi panggilan.


Data tersebut memungkinkan Google untuk memetakan pertukaran pesan teks (menghubungkan pengirim dan penerima). "Saya terkejut melihat data ini dikumpulkan oleh aplikasi ini," kata Leith.


Bagaimana Sebaiknya Sikap Kita Sebagai User

Kalian mungkin pernah mendengar atau membaca "jika kamu tidak membayar untuk produk, maka kamulah produknya". Kata-kata ini memang valid untuk menggambarkan situasi ini.


Perlu diketahui, itu tidak berlaku untuk kebanyakan perangkat lunak yang menjunjung spirit free open source software.


Signal Android Untuk Kirim SMS

Dunia FOSS nyaris selalu memiliki alternatif untuk "memerangi" pengumpulan data pengguna yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan profit seperti Facebook (Meta), Google, Amazon, Microsoft, dan seterusnya.


Untuk menggantikan posisi Google Messages, kita sarankan untuk menggunakan Signal Private Messenger.


Ya, selain bisa dipakai untuk berkirim pesan ke sesama pengguna Signal lewat data / internet, kalian juga menyetelnya sebagai aplikasi pesan default supaya bisa dipakai untuk mengirim teks SMS dan MMS.


Soal papan pemanggil, kalian bisa menggunakan Simple Dialer. Jangan kawatir, keduanya dapat dipasang secara gratis via link di bawah.


Simple Dialer Call | Signal Messenger

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan