KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Melihat Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Samsung Galaxy

Samsung Tips and Tricks - Semenjak Google merilis Android 6 Marshmallow, pengaturan apps yang terpasang sistem operasi dengan logo robot hijau ini jadi lebih ringkas. Pengguna sudah tidak bisa lagi melihat running apps.


Padahal sebelumnya (di Android 5.0 Lollipop, 4.0 Kitkat, dan versi di bawahnya), seluruh proses aplikasi yang berjalan di background bisa dengan mudah kita lihat melalui menu Settings > Apps > RAM Usage.


Memang ada Device Care untuk cek pemakaian memori Samsung.


Tampilan Cek Pemakaian RAM Samsung

Tapi informasinya sangat terbatas. Kita hanya bisa melihat kapasitas RAM terpakai dan tersedia, Clean untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, serta mengatur daftar putih saja.


Cara Cek Pemakaian RAM HP Samsung Tanpa Aplikasi

Sebenarnya tutorial ini tidak hanya untuk ponsel pintar keluaran Samsung saja. Kalian juga bisa menggunakannya di Asus, Google Pixel, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, HTC, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Sony, Nokia, dan merek populer lainnya.


Baca juga :


Pertama, kita perlu mengaktifkan mode pengembang di gadget kita. Silahkan buka Settings > About phone > Software information.


Informasi Software OneUI Samsung

Tekan Build number 7x sampai muncul pesan developer mode has been turned on. Kembali ke halaman utama Settings, kalian akan menjumpai menu baru bernama Developer Options seperti gambar berikut :


Opsi Pengembang Samsung Aktif

Jangan berlama-lama, tap menu tersebut. Sekarang cari dan pilih opsi Running services. Hasilnya akan seperti screenshot di bawah ini :


Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Taraaaa, sekarang aplikasi yang sedang berjalan di smartphone atau tablet Samsung beserta informasi memory used, cached, and free sudah muncul.


Mudah sekali kan untuk melihat penggunaan RAM di Android?. Share artikel ini jika bermanfaat, like and Subscribe akun sosial media Umahdroid untuk mendapatkan update tutorial Samsung keren lainnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan