KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Memindahkan Akun Google Authenticator ke HP Lain 2023

Ganti Device Google Authenticator - Menggunakan verifikasi 2 langkah atau two-step verification adalah cara tepat untuk melindungi akun dan data dari hacker. Hari ini Umahdroid akan berbagi tutorial memindahkan data Google Authenticator.


Verifikasi dua langkah menjadi sangat penting terutama bagi pemilik akun yang memakai Google untuk bisnis, kerja, meyimpan data baik berupa kontak, maupun dokumen di Google Drive, dan data penting lainnya.


Siapapun yang login atau mencoba membobol akun akan memerlukan kode tambahan.

Transfer Akun Google Authenticator

Authenticator tidak hanya untuk Google saja, tapi juga layanan yang lain. Contohnya, GitHub, Tokopedia, Ubisoft, Firefox, Facebook, Instagram, Dropbox, Mega, dan website-website populer lainnya.


Selayang Pandang, Apa itu Google Authenticator?

Authenticator adalah aplikasi pengautentikasi untuk mengimplementasikan layanan verifikasi 2 langkah menggunakan algoritma Time-based One-time Password (TOTP) dan HMAC-based One-time Password (HOTP).


Baca juga :


Saat masuk ke situs atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung Google Authenticator, Ia membuat 6 digit password sekali pakai yang harus di-input untuk masuk.



Versi perangkat lunak dengan logo G sebelumnya diluncurkan di bawah bendera open-source, sayangnya mulai 2013, perusahaan multinasional asal negeri berjuluk Paman Sam ini mengubahnya menjadi proprietary.


Salah satu software keamanan yang menurut kita wajib ini tersedia secara gratis untuk platform Android dan iOS.


Kelebihan Google Authenticator Daripada SMS

Apa bedanya dengan verfikasi kode yang dikirim lewat SMS?. Sama saja. Tapi bagaimana jika kode keamanan yang dikirim via aplikasi pesan singkat tidak kunjung masuk alias delay atau bagaimana jika smartphone tidak mendapat sinyal?.


Bukankah menunggu termasuk kegiatan yang tidak menyenangkan?.


Kekurangan Kode OTP Lewat SMS

Lain halnya Authenticator, pengguna bisa langsung memasukan kode yang ada pada aplikasi tanpa menunggu pesan singkat yang dikirim ke nomor terdaftar.


Kode yang tampil pada layar aplikasi merupakan kode One Time Password atau sering disingkat dengan OTP yang akan berganti secara otomatis. Dengan demikian pengguna tidak perlu kawatir lupa pin Google Authenticator.


Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru

Dulu kita sempat membuat artikel ini, tapi karena ada pembaruan jadi tulisan tersebut sudah tidak atau kurang relevan. Itulah mengapa kita menulis ulang tutorial ganti device Google Authenticator.


Baca juga :


Pertama-tama, pastikan Google Authenticator yang terpasang merupakan versi terbaru. Jika masih versi lama, silahkan update via Play Store terlebih dulu.


Google Authenticator Versi Terbaru

Saat artikel ini ditulis, versi 5.10 adalah paling mutakhir. Nah, kita asumsikan syarat di atas sudah kalian penuhi. Sekarang mari kita lanjutkan ke topik bahasan utama untuk memindahkan kata sandi sekali pakai.


Langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Jalankan aplikasi Google Authenticator di ponsel kalian

  • Tekan menu titik 3 yang ada letaknya di pojok kanan atas

  • Pilih menu Transfer accounts kemudian Export account :


Cara Transfer Akun Google Authenticator

  • Checklist akun yang ingin dipindahkan ke lalu tekan Next

  • Ambil HP baru kalian terus scan QR Code yang tampil

  • Ulangi langkah sebelumnya (2 kali pemindaian kode)


Taraaaaa, sekarang akun dari perangkat lama sudah berpindah ke perangkat baru. Nanti juga akan ada keterangan Accounts were recently imported.


Jika ada yang ditanyakan soal Google Authenticator jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel teknologi menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan berkah!.


Download Google Authenticator

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • BASUKI
    BASUKI
    06 Januari
    • Kunjungi profil
    untuk tranfer akun GA memang ada menu transfer baik export maupun impor dari Hp lama. namun bagaiamana caranya transfer akun jika hp lama hilang? dan belum sempat lakukan transfer akun
    • BASUKI
      Tiwo Satriatama
      09 Januari
      • Kunjungi profil
      Tidak bisa karena kita harus punya akses ke device lama kita. Untuk mengakalinya, cabut akses 2FA dari akun terus setel ulang dengan HP yang baru
    Reply