KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Download dan Install Zoom di Ubuntu, Linux Mint, Semua Versi

Instalasi Zoom di Linux - Komunikasi jarak jauh saat ini memang sudah jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Sekarang kita tidak hanya dapat mengirim dan menerima pesan instan saja, tapi bisa juga meeting online.

Aplikasi video conference banyak digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Contoh paling gampang adalah saat pandemi COVID-19. Metode work from home banyak dipakai, terutama pekerja perkantoran.

Kegiatan belajar-mengajar bagi Guru, Dosen, Pelajar, dan Mahasiswa juga dikerjakan tanpa perlu meninggalkan rumah.

Download dan Install Zoom di Linux

Bahkan tes sampai dengan wisuda juga dikerjakan secara virtual. Dari banyaknya aplikasi panggilan video rame-rame, Zoom merupakan perangkat lunak yang paling populer saat ini.

Apa itu Zoom Cloud Meeting?

Zoom adalah salah satu aplikasi panggilan video gratis paling populer untuk chatting, online meetings, screen-sharing, dan video conferencing yang tidak hanya tersedia untuk ponsel pintar saja, tapi juga PC desktop / Laptop.

Baca juga :

Aplikasinya sendiri tersedia untuk Android dan iOS, sedangkan untuk komputer, Zoom tersedia untuk Linux, Mac OS X, dan Windows.

Cara Install Zoom Ubuntu


Apa bedanya Zoom Meeting dengan. Zoom Room?. Singkatnya, Edisi Meeting di-hosting oleh Zoom (ini yang banyak dipakai orang umum), sedangkan edisi Room merupakan physical hardware setup yang umumnya dipakai perusahaan.

Oh ya, jika dibutuhkan, kita juga merekam layar sesi virtual yang sedang berlangsung agar dapat diputar setelah sesi berakhir.

Cara Memasang Zoom di Linux Ubuntu

Memasang Zoom di distribusi Linux sebenarnya sangat mudah. Tapi bagi pemula yang mungkin baru migrasi dari sistem operasi Windows, mungkin lain cerita. Kalian bisa langsung menginstalnya lewat Snap Store atau Ubuntu Software Center.


Tapi perlu kita sampaikan, ukuran aplikasi snap lumayan besar, jadi mungkin tidak cocok untuk pengguna dengan storage pas-pasan.

Baca juga :

Syukurlah, pengembang Zoom merilis paket tradisional. Jadi yah, kita rekomendasikan untuk memakai cara ini saja daripada snap package.

Langsung, saja, ikuti langkah-langkah berikut :
  • Pertama silahkan unduh Zoom Linux (link ada di bawah)
  • Ubah kolom sesuai distro Linux kalian lalu klik tombol Download

Download Zoom Linux Terbaru

  • Buka folder hasil unduhan tadi menggunakan file manager
  • Klik kanan pada area kosong > pilih Open Terminal > lalu jalankan :

sudo dpkg -i zoom_*.deb
sudo apt -f install

  • Perintah kedua digunakan untuk memasang paket dependensi
  • Begitu terpasang kalian bisa membukanya via launcher

Taraaaaaaa, Zoom Linux sudah siap digunakan untuk mengikuti webinar, kuliah online, kerja dari rumah, dan kegiatan konferensi lainnya.

Cara Uninstall Zoom di Linux Ubuntu

Jika dirasa sudah tidak dibutuhkan, kalian bisa menghapus Zoom dari sistem. Distribusi Linux memiliki banyak cara untuk remove program. Ada Synaptic, Software Center, Gdebi, dst.

Tapi disini kita akan pakai Terminal saja, karena lebih cepat :

sudo apt remove zoom
sudo apt autoremove

Untuk tambahan informasi saja, perintah pada baris kedua di atas berfungsi untuk menghapus dependencies yang tidak terpakai dari sistem.

Jika ada bagian yang bingung tentang cara install Zoom di Ubuntu, Linux Mint, Debian, Pop! OS, Elementary, Zorin, Kali Linux, dan turunannya, silahkan tuliskan lewat komentar di bawah. Terimakasih!

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan