KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tips Cerdas Memilih Mechanical Keyboard Sebelum Membelinya

Mechanical Keyboard Indonesia - Siapa yang belum tahu apa itu mechanical keyboard ayo ngacung?. Jangan kawatir, hari ini Umahdroid akan berikan informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keyboard mekanik yang sudah tersohor kualitas, durabilitas, dan kemantapannya.

Saking nikmatnya saat dipakai mengetik, sampai-sampai ada istilah "Sekali anda memakai MECHANICAL / CAPACITIVE KEYBOARD, selamanya anda tidak akan mau untuk kembali memakai keyboard biasa lagi".

Itu sudah kita buktikan setelah melakukan review Ducky One Tenkeyless.

Tenkeyless Mechanical Keyboard

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian yang ingin membeli mechanical keyboard untuk pertama kalinya namun masih bingung memilih mana yang sesuai kebutuhan.

Apa itu Mechanical Keyboard?

Sederhananya, dipasaran ada 2 jenis keyboard yakni rubber dome (membrane) dan mekanikal. Jenis pertama menggunakan lembaran karet untuk meregistrasi keystroke, harganya murah, dan kurang enak dipakai.

Mechanical Switch

Sedangkan mechanical keyboard adalah keyboard yang diproduksi dengan teknologi spring activated dalam bentuk individual switch, harganya lebih mahal, enak dipakai, dan awet.

Baca juga :

Teknologi ini sebenarnya bukanlah hal baru. Untuk para veteran tentu tidak asing dengan keyboard legendaris IBM Model M yang diproduksi tahun 1984.

Perhatikan Ukuran Keyboard

Mengingat papan ketik memiliki varian yang cukup banyak, hal pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah form factor atau bentuk fisik dan dimensi keyboard itu sendiri.

Faktor ini secara langsung akan mempengaruhi jumlah tombol yang tersedia. Disini ada 4 ukuran yang akan kita bahas :
  • Full size
  • Tenkeyless
  • Size 75%
  • Size 65%

#1 Full Size

Keyboard full size adalah yang paling umum digunakan. Seperti namanya, jenis pertama ini memiliki ukuran penuh dimana semua tombol tersedia. Full size memiliki setidaknya 104 buah tombol.

Full Size Keyboard

Keyboard jenis pertama ini paling mudah dijumpai karena banyak digunakan oleh pengguna PC biasa, lingkungan kantor, warung internet (warnet), atau mesin kasir pada toko.

#2 Tenkeyless (80%)

Selanjutnya adalah Tenkeyless atau sering disingkat TKL. Pada dasarnya ini adalah keyboard full size namun tanpa number pad atau numpad. Jumlah tombolnya tidak kurang dari 88.

TKL Size Keyboard

Model inilah yang jadi pilihan kita saat hijrah dari Logitech K375s multi device ke mechanical karena dimensinya kompak jadi tidak terlalu memakan banyak tempat. Toh numpad juga hampir tidak pernah kita pakai.

#3 Size 75%

Form factor yang ketiga ini agak kurang populer di pasaran jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Dari segi ukuran, 75% jelas lebih kecil dibanding TKL.

Keyboard 75%

Meski demikian seharusnya kalian cukup familiar dengan model 75% karena mirip dengan yang digunakan pada perangkat komputer jinjing aka laptop.

#4 Size 60%

Keyboard 60% membuang semua function row yang biasanya digunakan untuk mengakses fungsi tertentu dengan menekan tombol kombinasi Fn+Tombol lain. Form factor ini hanya memiliki 61 tombol saja (tergantung layout).

Keyboard 60%

Pilihan ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan keyboard minimalis dan mudah dibawa kemana-mana karena tidak terlalu memakan ruang tas.

Memilih Switch Mechanical

Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya, mechanical keyboard menggunakan individual switch untuk setiap tombolnya. Nah switch ini memiliki jenis yang sangat beragam.

Perdedaan Cherry MX Red, Brown, Blue

Produsen membedakannya berdasarkan warna. Masing-masing warna tadi memiliki cita rasa yang berbeda.

SwitchFeelActuation Force
MX RedLinear45g
MX BlackLinear60g
MX BlueClicky + Tactile55g
MX GreenClicky + Tactile80g
MX BrownTactile45g
MX ClearTactile65g

Sebenarnya masih ada lagi tapi itu saja yang kita tulis karena di Indonesia memang itu yang paling umum. Untuk informasi lebih detail tentang karakter masing-masing switch, silahkan cek perbedaan switch mechanical keyboard.

Cherry MX Blue Switch

Perusahaan atau brand pembuat switch yang paling terkenal tentu saja Cherry MX. Memang soal harga lebih mahal, tapi itu sepadan dengan build quality serta durability yang akan kita dapatkan.

Jika memang ada bugdetnya kita selalu merekomendasikan merk asal Jerman ini. Tapi selain itu ada Gateron, Outemu, Kailh, Greetech, dll.

Keycaps yang Digunakan

Meski penting, kenyataanya material keycap sering kurang mendapat perhatian. Yah paling tidak tahu alasan kenapa keyboard yang ini lebih mahal dari yang lain karena perbedaan jenis keycaps.

Side Print Keycaps

Material keycap keyboard umumnya menggunakan 2 jenis bahan, yakni ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) dan PBT (Polybutylene Terephthalate).

#1 Bahan ABS

ABS adalah bahan yang paling umum digunakan untuk menekan biaya produksi karena biaya pembuatannya lebih murah. Kesan plastiknya sangat terasa, enteng, dan biasanya akan menguning seiring penggunaan.

#2 Bahan PBT

PBT menggunakan bahan berkualitas tinggi, awet, sedikit lebih berat, dan materialnya bertekstur. Kebetulan Ducky One Side Print TKL milik kita menggunakan jenis ini. Kekurangan keycap PBT (katanya) akan sedikit lengket jika sudah lama.

#3 Teknik Pembuatan

Ada beberapa teknik yang biasa digunakan untuk membubuhkan simbol pada keycap, antara lain :
  • Pad printing
  • Laser engraving
  • Double shot injection

Dari ketiga teknik diatas, double shot adalah teknik dengan hasil yang terbaik karena menggunakan 2 lapisan dimana lapisan pertama merupakan ukiran dan lapisan kedua di bawahnya menutup ukiran tersebut.

Cari Harga yang Sesuai

Setelah diputuskan mana yang pas, sekarang waktunya menabung atau menyusun anggaran karena harga mechanical keyboard memang lebih mahal ketimbang keyboard biasa.

Mechanical Keyboard Dibawah 1 Juta

Harganya variatif, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan dompet.

Jika memungkinkan sangat disarankan untuk datang langsung ke toko agar bisa mencoba sendiri. Terutama bagi yang baru akan membeli keyboard mechanical untuk pertama kalinya.

Itu saja tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mechanical keyboard ala Umahdroid. Jika ada informasi yang dirasa penting belum kita sampaikan tolong tulis di kolom komentar supaya bisa bermanfaat bagi orang lain. Credit keyboard size image to blog.wooting.nl.
6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • JokoWin
    JokoWin
    01 April
    • Kunjungi profil
    Size 40% ada knp nda dicantumkan?
    • JokoWin
      Tiwo Satriatama
      02 April
      • Kunjungi profil
      Tidak. Walau memang ada, tapi Saya sendiri belum pernah lihat model 40% di Indonesia
    Reply
  • Umar
    Umar
    23 Maret
    • Kunjungi profil
    Wishlist ane nih. Smoga kebeli tahun ini 🙏
    • Umar
      Tiwo Satriatama
      26 Maret
      • Kunjungi profil
      Aamiin, semoga lekas terbeli
    Reply
  • Google User
    Google User
    22 Maret
    • Kunjungi profil
    bang tactile itu apa?
    • Google User
      Tiwo Satriatama
      22 Maret
      • Kunjungi profil
      Tactile itu kalo ditekan kaya ada yang mengganjal, engga langsung mendelep
    Reply