KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengguna Bisa Buka WhatsApp dengan Fingerprint Kedepannya

Touch ID dan Face ID WhatsApp - Berbahagialah para pengguna aplikasi pesan instan milik Facebook ini, karena kedepannya pengguna WhatsApp iOS nantinya akan memiliki 2 pilihan untuk membuka WhatsApp.

Kedua opsi tersebut yakni menggunakan pemindai sidik dan pemindai wajah pada smartphone mereka. Kabar ini dicuitkan melalui Twitter oleh WABetainfo. Agak telat memang mengingat kompetitor seperti Telegram.

Aplikasi lain seperti Microsoft Outlook juga sudah lebih dulu mendukung biometrik.

WhatsApp IOS

Fitur baru yang nantinya dibenamkan ini tentu sangat berguna sebagai keamanan tambahan dan melindungi privasi obrolan dari tangan-tangan jahil. Melalui wabetainfo.com, mereka menyebut jika fitur ini masih dalam pengembangan.

Fitur Pada WhatsApp Beta Terbaru

Tahap pengujian Alpha adalah tahap yang dilakukan oleh beberapa internal perusahaan sebelum akhirnya dilakukan pengujian tahap beta yang dilakukan oleh orang luar perusahaan hingga resmi dirilis untuk publik.

Baca juga :

Kedua fitur baru WhatsApp ini akan ditempatkan pada menu Privacy Settings seperti gambar tangkapan layar berikut :

Touch ID IOS Settings

Ketika Touch ID atau Face ID dihidupkan, pengguna akan membutuhkan otentikasi setiap kali user membuka aplikasi :

Touch ID WhatsApp iPhone

Namun apabila keduanya tidak bisa mengenali, maka WhatsApp akan meminta kode password iPhone seperti pada screenshot dibawah berikut :

Passcode WhatsApp IOS

Dalam artikel tersebut juga dijelaskan, fitur ini sudah berfungsi dengan baik, akan tetapi WhatsApp masih perlu meningkatkan waktu respon otentikasi yang saat ini masih agak lambat.

Selain untuk WhatsApp personal, fitur ini juga akan diluncurkan untuk WhatsApp Business.

Update!

Lewat akun Twitter resimya, pihak WhatsApp akhirnya secara resmi mengumunkan fitur fingerprint unlock resmi hadir pertanggal 1 November 2019 setelah 1 tahun lebih pengembangan.

Setelah diperbarui, kalian bisa mengaktifkannya dengan :
  • Buka Settings
  • Masuk ke menu Account
  • Pilih opsi Privacy
  • Lalu tap pada Fingerprint lock
  • Hidupkan Unlock with fingerprint
  • Konfirmasi sidik jari kalian

Untuk menikmatinya, silahkan update aplikasinya via Google Play Store.

Sayangnya hingga artikel ini diterbitkan, kita tidak dapat menemukan informasi detail mengenai kapan fitur ini akan dirilis secara publik.

Itu saja yang bisa kita share tentang fitur untuk membuka WhatsApp menggunakan fingerprint di HP. Bagikan artikel ini jika bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung. Salam!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan