KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mempercepat LibreOffice dalam 1 Menit di Linux Ubuntu

Membuat LibreOffice lebih cepat - Apakah kalian pengguna LibreOffice dan merasa free open source office suite untuk Linux, Windows, dan Mac OS X ini lambat saat membuka dokumen?. Percayalah, kalian tidak sendiri.

Banyak pengguna aplikasi pengganti Microsoft Office ini mengalami hal serupa terutama saat membuka dokumen berukuran besar. Dalam keadaan seperti ini, LibreOffice lag, hang, dan semacamnya.

Pada posting kali ini kita akan gunakan untuk berbagi sedikit tips dan trik tentang manajemen memori untuk meningkatkan performa LibreOffice.

LibreOffice

LibreOffice memiliki pengatuan memory option yang digunakan untuk mengontrol alokasi memori sistem yang digunakan nantinya.

Baca juga :

Secara default memori yang ada membatasi penggunaan, atau dengan kata lain software open source ini tidak memanfaatkan sepenuhnya. Semakin besar, maka semakin bagus pula hasilnya.

LibreOffice Memory Option

Untuk meningkatkan alokasi memori operasi LibreOffice sebenarnya cukup mudah. Kita tidak perlu mengetik baris perintah karena bisa dilakukan dengan GUI. Oh ya, disini kita menggunakan distribusi Linux.

Langsung saja, silahkan ikuti langkah berikut :
  • Buka setelan memory option melalui menu Tools > Options atau shortcut key menggunakan Alt+F12.
  • Setelah itu pilih Memory yang ada pada sidebar. Kalian akan menjumpai berbagai pengaturan untuk meningkatkan alokasi memori :

Tutorial Mempercepat Kinerja LibreOffice di Linux

  • Klik tombol OK untuk konfirmasi atau Cancel untuk membatalkan
  • Langkah selanjutnya sudah tidak ada aka selesai

Seharusnya sekarang pesaing WPS Office ini lebih gegas dan secara keseluruhan performanya lebih baik, terutama saat memproses dokumen berukuran besar.

Semoga tips sederhana meningkatkan performa LibreOffice ini bisa bermanfaat. Ikuti akun Umahdroid untuk mendapatkan tutorial Linux lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa diposting selanjutnya!.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • yanali
    yanali
    30 November
    • Kunjungi profil
    ubuntu gan? udh versi berapa gan? ane udh lama ga pake ubuntu.. maklum laptop ane dipake sekeluarga.. jadinya udh ga se intensif dulu make nya.. 😁 mumpung dapat upgrade wedus 10 jadinya ane download aja, tapi gak ke instal, sekarang masih wedus 7,dulu pas masih pake sendiri ane dual boit.. ubuntu khusus buat ane saja sama wedus 7, salam gan..
    • yanali
      Tiwo Satriatama
      30 November
      • Kunjungi profil
      Iya nih, tapi masih belajar :D
      Ini pake 16.04 LTS. Kalo versi yang udah rilis sih 17.10. 18.04 LTS lagi digodog
    Reply