KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Baterai Masa Depan Bisa Penuh Hitungan Detik untuk Seminggu

Teknologi baterai terbaru - Di dunia gadget, baterai adalah komponen yang vital. Apalagi untuk pengguna smartphone, dengan kemampuan baterai yang bagus maka mobilitas dan produktivitas bisa meningkat.

Dulu kita pernah share ilmuwan yang sedang mengembangkan baterai teknologi gula. Nah teknologi pengisian baterai terbaru kali ini lebih keren lagi!

Teknologi pengisian baterai cepat sudah banyak diterapkan pada smartphone. Beberapa produsen mempunyai sebutan masing-masing, misalnya MediaTek dengan Pump Express, turbo charging, adaptive fast charging, rapid charging.

Ada juga VOOC Flash charge di Android Oppo, atau Qualcomm Quick Charge pada ponsel pintar dengan tipe processor yang relatif baru.

Pengembangan teknologi ini terus dilakukan. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan kecepatan maksimal saat charging, lebih awet dalam pemakaian, serta keamanan pengguna.

Teknologi Media Penyimpan Daya Terbaru

Baru-baru ini, para peneliti dari University of Central Florida melakukan riset teknologi baterai hingga akhirnya menemukan teknologi fast charge yang lebih canggih. Mungkin teknologi ini bisa akan menjadi teknologi baterai masa depan.

Superkapasitor atau peranti penyimpan energi tersebut diklaim bisa dengan mudah terisi penuh hanya dalam hitungan detik saja. Selain pengisian yang super cepat, mereka juga menyebut daya yang tersimpan bisa bertahan lebih lama.

Baca juga :

Salah satu peneliti yang tergabung dalam riset tersebut, Nitin Choudhary mengatakan jika media tersebut bisa bertahan lebih dari seminggu, "Anda bisa mengisi ponsel dalam dalam beberapa detik dan tidak perlu mengisi ulang baterai selama lebih dari seminggu"

Menariknya lagi, superkapasitor hasil dari penelitian tersebut mempunyai ukuran super mini. Ukurannya hanya seujung kuku jari manusia saja.

Baterai Android Paling Awet Masa Depan

Selain ukurannya yang mini, piranti tersebut juga sangat tipis dan fleksibel. Unik ya?

Dengan demikian bisa mengehemat lebih banyak tempat pada smartphone, smartwatch, serta tablet. Kita tahu betapa besarnya ukuran baterai sekarang.

Dibandingkan dengan baterai lithiom ion yang umumnya digunakan pada gadget, Superkapasitor baterai memiliki kemampuan bertahan hingga 30.000 kali.

Teknologi baterai terbaru ini masih dalam bentuk prototipe, jadi masih perlu banyak pengembangan sebelum digunakan pada device. Tidak menutup kemungkinan teknologi ini akan menjadi baterai masa depan mengingat kemampuannya yang menakjubkan.

Menakjubkan bukan kecepatan charging dari Superkapasitor ini? Lebih lagi daya tahannya awet sekali, bisa sampai seminggu pemakaian. Bahaimana menurut teman-teman? Sumber Engadget
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan