Tips Menghemat Baterai ASUS Zenfone Supaya Awet

00:33
Cara jitu dan ampuh hemat baterai Zenfone - Sebenarnya saya agak telat dalam membuat materi post ini, mengingat Firmware baru Lollipop 3.24.40.78 sudah cukup lama digulirkan, dimana system baru ini sudah support theme, dan font changer tanpa harus root dulu.

Tapi tidak ada salahnya saya tulis, barangkali ada sobat Umahdroid yang belum tahu beberapa perubahan systemnya. Di pembaruan ini cukup banyak penambahan dan perubahan yang diberikan oleh Developer ASUS, mulai dari penambahan fitur tema, font, perubahan menu pengaturan, power management dan seterusnya.

Selain itu, di artikel ini juga akan saya gunakan untuk membahas kenapa dan penyebab Network baik koneksi wifi atau koneksi data mobile di Zenfone sering mati sendiri setelah upgrade firmware.

Tips Hemat Batterai ASUS Zenfone Supaya Awet

Mungkin sobat disini juga mengalami wifi Asus Zenfone sobat kadang mati sendiri setelah kondisi layar padam / sleep semenjak melakukan update ke system terbaru. Namun setelah membuka lockscreen, Network (Wifi Connection + Mobile Data) akan kembali aktif.

Di paragraf atas saya tuliskan tentang perubahan Power Management pada system, inilah yang menjadi penyebab koneksi internet di smartphone android ASUS sobat sering OFF sendiri.

Apabila kita cermati atau mau membuka masing-masing fitur yang diberikan atau yang ada di aplikasi bawaan Power Saving, ada beberapa pilihan yakni Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customize.

Masing-masing dari mode tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Di dalam Power Saver, ada 2 buah tab dengan fungsi yang berbeda yakni Battery Mode dan Smart Switch. Lihat screenshot berikut :

Best Battey Mode, Saver For Android

Saya akan jelaskan satu-persatu namun sedikit tentang masing-masing fungsi tersebut agar sobat bisa lebih memaksimalkan kinerja Zenfone sobat.

A. Battery Mode

Seperti yang saya katakan diatas, di tab pertama adalah Battery Mode, dimana fitur ini untuk memilih mode yang akan sobat pakai. Isi dari menu ini antara lain : Performance Mode, Normal Mode, Power Saving Mode, Super Saving Mode, dan Costumized Mode.

Apa saja fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing pilihan tadi? Ok, berikut saya buatkan descriptionnya :

1. Performance Mode

Performance Mode ASUS Zenfone

Yang paling atas ketika membuka aplikasi bawaan manajemen baterai Power Saver adalah Mode Performance. Bila kita menggunakan mode ini ponsel kita akan mempunyai kekuatan lebih dibanding dengan mode-mode yang lain.

Kenapa saya bilang kekuatan? Coba sobat buka menu ini, disana sobat akan menjumpai sedikit keterangan :

'Highest CPU Performace, high brightness (Recomended for gaming and online videos)'

Sampai disini sudah punya gambaran kan? Seperti yang disebutkan tadi, mode ini direkomendasikan untuk yang suka nge-game, streaming baik TV atau video.

Yang perlu diperhatikan adalah daya baterai kita. Karena ketika performa CPU dimaksimalkan, efeknya sudah bisa ditebak, otomatis baterai kita akan langsung terkena imbasnya, dengan kata lain akan cepat habis / boros.

2. Normal Mode

Normal Mode ASUS Zenfone

Perubahan manajemen power di ASUS selanjutnya adalah mode normal. Bisa dikatakan dimode yang kedua ini adalah mode standard. sesuai dengan keterangan

"Smartly adjust CPU performance and brightness"

Normal Mode akan menggunakan CPU dan Brightness secara pintar. Maka baterai yang kita pakai juga akan lebih awet dibanding dengan mode sebelumnya yang dimaksimalkan untuk mencapai performa terbaik.

3. Power Saving Mode

Android ASUS Power Saving Mode

Kemudian yang ketiga adalah mode Power Saving. Inilah yang menjadi biang kerok dari masalah Wifi mati sendiri setelah Zenfone kita dalam keadaan sleep. Coba deh sobat baca

"Network are disabled when the device is asleep and reconnect when awake. Online notification (eg. What's App.) will be received when device is awake (Low Internet usage)".

Apabila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka kurang lebih seperti ini

"Jaringan (termasuk data mobile dan wifi) akan dinonaktifkan saat android kita dalam keadaan sleep dan otomatis mengkoneksikan ulang ketika hidup. Notifikasi online seperti what's app akan diterima ketika device kita dalam penggunaan".

Bagaimana sudah paham kan?

4. Super Saving Mode

Android ASUS Super Power Saving Mode

Di pengaturan Power Management pada firmware versi 3.24.40.78 berbeda dengan firmware sebelumya yakni 3.24.40.60.

Apa bedanya?

Baik, di versi Lollipop 60, Super Saving Mode masih mengijinkan kita menghidupkan Network (Wifi+Data Perangkat). Jadi walaupun kita memilihnya kita masih bisa berinternet ria.

Berbanding terbalik dengan di Lollipop 78, jika sobat memilih mode ini di firmware L 78 maka otomatis Network baik Wifi Connection atau Mobile Data akan otomatis Disabled / OFF.

Soal daya penggunaan battery memang mode SuSa ini paling irit, karena jaringan off, dan graphic effect yang ada di HH kita akan direduce sedemikian rupa.

5. Costumized Mode

ASUS Power Management Costumized Mode

Nah yang terakhir adalah Coutumized Mode. Inilah yang sering digunakan di Zenfone admin. Berbeda dengan mode-mode diatas, dengan Costumized Mode kita bisa melakukan costumisasi atau menyetel sendiri pengaturannya.

Di bagian CPU, Brightness kita bisa rubah sendiri, apakah akan memakai Smart atau High Performace. Demikian juga pada fitur Networking, kita bisa memilih 3 buah pilihan :
  • Turn On (Tetap Hidup)
  • Always Disable (Selalu Nonaktif)
  • Disable when asleep (Nonaktif Otomatis Ketika Sleep)

Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat.

B. Smart Switch

Sesusai nama menunya, bab yang kedua ini adalah Smart Switch yang fungsinya untuk mengatur jadwal. Ini juga yang sangat saya senang di firmware Lollipop 3.24.40.78 ASUS Zenfone 5.

User lebih diberikan keluasan untuk melakukan costumisasi power HH. Di menu ini ada 2 buah option yang bisa kita utak-atik sesuka hati, yakni Switch by battery level dan Switch by schedule.

Power Management ASUS Smart Switch

Nah gambar diatas adalah screenshotnya. Penjelasan singkat tentang kedua fitur tersebut bisa sobat baca pada poin-poin dibawah ini :

1. Switch by battery level

Di menu ini tertulis :

'Switch to Super saving mode when battery is lower than XX%'

Dari keterangan tersebut sudah bisa dipahami bukan? Sesuai dengan nama fitur dan description nya, fitur ini digunakan untuk mengubah mode yang sedang kita pakai ke Super Saving Mode ketika baterai sudah di posisi tertentu.

Maksud dari posisi tertentu disini, adalah presentasae daya battery Zenfone. Pilihannya 6 buah, berikut daftarnya :
  • Never
  • Battery level < 10%
  • Battery level < 15%
  • Battery level < 20%
  • Battery level < 25%
  • Battery level < 30%

Masih bingung maksudnya? Jadi begini, misalkan saya pilih yang ke-2 Battery level < 10% maka secara otomatis ketika daya baterai Zenfone saya kurang dari 10% maka Mode Battery yang sedang kita pakai otomatis akan berganti menjadi Super Saving Mode.

Dengan fungsi seperti ini, tentunya sangat baik untuk kesehatan dan umur baterai. Sudah paham kan? Selanjutnya kita bahas yang kedua. Lanjut!!

2. Switch by schedule

Fitur ini juga fitur selalu admin gunakan. Deskripsinya adalah :

'Assign a scheduke to switch modes automatically'

Namun berbeda dengan pada fitur sebelumnya yang berbasis presentase baterai Zenfone, lalu fitur ini menggunakan waktu sebagai acuan. Ketika kita membukanya ada 4 buah pilihan :
  • Switch by schedule ON/OFF
  • Start time : Jadwal kapan (jam berapa) kita akan mengaktifkan mode
  • End time : Jadwal kapan (jam berapa) kita akan mengaktifkan mode
  • During this period switch to : Memilih mode apa yang kita guakan dalam jangka start time dan end time

Yang pertama sudah tidak perlu dijelaskan ya, karena cuma enable dan disable aja kok.

Contoh nyatanya seperti ini : Misalkan di malam hari kita tidur, Zenfone kan tidak terpakai, nah sobat bisa gunakan Switch by Schedule ini. Start time kita set menjadi 1 AM, End time kita set jadi 5 AM, dan During this period switch to Super Saving Mode.

Jadi, mulai dari jam 1 pagi sampai dengan jam 5 pagi maka otomatis mode yang aktif akan menggunakan Super Saving Mode. Selebihnya setelah jam 5.01 AM akan berubah kembali ke mode yang sebelumnya di set.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Bagaimana? Sudah lebih tau kan sekarang tentang Power Management lewat aplikasi default ASUS Power Saver.

Saya harap dengan penjelasan singkat diatas sobat lebih bisa memilih mode mana yang paling cocok untuk keperluan, kegiatan sobat Umahdroid. Dengan sedikit konfiguarasi dan menjaga suhu batterai akan berefek pada umur komponen ( Hardware ) termasuk ponsel itu sendiri.

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang Tips Menghemat Baterai ASUS Zenfone Supaya Awet. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

10 Komentar
avatar

penjelasan ente lengkap . udah kaya sop buah min :v . ijin share

Balas
avatar

Sop buah :D Terimakasih kang gefeng. Saya senang menyediakan informasi untuk sobat Umahdroid. Semoga bermanfaat dan berkah

Balas
avatar

Lengkap selengkap lengkapnya ya disini...thanks kang...

Balas
avatar

Terimakasih kembali kang edy susalistio, semoga bermanfaat untuk akang

Balas
avatar

Gan.. mav gan.. tlong share tentang *theme DIY for Zenui*... mkasih gan..

Balas
avatar

Insyaalloh akan saya post nanti. Terimakasih requestnya kang fajar

Balas
avatar

apa disini cuma saya kalo posisi super saving sering muncul pesan bla bla telah berhenti. kadang juga gga bisa dibalikin ke setting mode yang laen. ngatasinya gimana um? mksh :)

Balas
avatar

Saya juga begitu. Beberapa teman juga mengalami kejadian serupa, kalo saya simpulkan pribadi ini adalah bug. Kalo ngatasi biasanya saya langsung ke setting -> aplikasi -> cari power saver -> clear data -> baru itu reboot. Selesai

Balas
avatar

kirain cuma aku doank um. makasih work um :))

Balas
avatar

Min ane pengguna zenfone.. smua trik ente udah ane coba dan manfaat banget.. untuk tambahan tolong di update post terbaru nya ya min.. ane siap share ke tmen2 zen ane..makasih :)

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.