Google Duo Resmi Gantikan Hangouts Jadi Aplikasi Wajib Android

19:57
Berita Android Terbaru, Umahdroid - Tidak lama setelah peluncuran Google Allo, kini perusahaan OTT yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini mengumumkan perubahan soal pre-installed aplikasi Android.

Hangouts yang selama ini menjadi aplikasi wajib yang disyaratkan Google sebagai GMS (Google Mobile Service) untuk disematkan pada smartphone Android nantinya bukan menjadi pre-installed apps bawaan pabrik lagi.

Perubahan peraturan ini akan mulai diterapkan pada bulan Desember tahun ini. Dengan kata lain, Hangouts tidak akan lagi ada pada smartphone Android baru setelah itu aturan ini.

Dalam sejarahnya Hangouts dirilis pada 15 Mei 2013 silam. Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang menyediakan service instant messaging media dengan fitur video chat, SMS dan VOIP.

Google Duo Aplikasi Video Call Untuk Android

Sebagai gantinya, Google Duo akan dijadikan sebagai pengganti aplikasi bawaan Android, "Google Duo akan menggantikan Hangouts sebagai inti dari aplikasi GMS, dan Hangouts menjadi GMS pilihan," ungkap Google dalam surat kepada mitra vendor seperti dikutip dari Phone Arena.

Beberapa pihak menyebut perubahan ini cukup bagus, karena secara sifat keduanya mempunyai layanan yang tidak jauh beda.

Namun tidak sedikit juga yang mempertanyakan keputusan perusahaan raksasa yang malah tidak memasukkan Allo sebagai salah aplikasi wajib GMS mengingat Google Allo punya fitur unik.

Padahal Allo dan Duo bisa saling melengkapi satu sama lain. Dalam hal ini Google Allo hadir sebagai aplikasi yang dikhususkan untuk berkirim pesan instan, sedangkan Google Duo adalah difokuskan sebagai aplikasi video call Android.

Lalu bagaimana dengan nasib Google Hangouts setelah perubahan ini diterapkan? Tenang saja, aplikasi chatting tersebut akan tetap dipertahankan oleh Google dan sampai sekarang tetap tersedia gratis di Google Play Store.


Dilain hal, Google mengakui tengah memiliki rencana lain untuk aplikasi dengan logo hijau dengan petik dua tersebut. Nantinya, Hangouts akan lebih ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Bukan tanpa alasan, namun karena aplikasi ini mendukung layanan Gmail dan Google Docs.

Selain hal di atas, Hangouts juga dapat dipakai di berbagai macam perangkat baik mobile atau desktop. Apalagi dalam pernyataan sebelumnya, Google menyebut akan menambahkan fitur baru untuk memperkuat kemampuan aplikasi tersebut.

Nah itu saja yang bisa kami share tentang berita Android terbaru, Hangouts akan digantikan Google Duo sebagai aplikasi bawaan Android mulai Desember 2016. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.