KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Google Duo Gantikan Hangouts Menjadi Aplikasi Wajib Android

Berita Android Terbaru, Umahdroid - Tidak lama setelah peluncuran Google Allo, kini perusahaan OTT yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini mengumumkan perubahan soal pre-installed aplikasi Android.

Hangouts yang selama ini menjadi aplikasi wajib yang disyaratkan Google sebagai GMS (Google Mobile Service) untuk disematkan pada smartphone Android nantinya tidak termasuk ke dalam aplikasi bawaan pabrik lagi.

Perubahan peraturan ini akan mulai diterapkan pada bulan Desember tahun ini.

Google Duo Aplikasi Video Call Untuk Android

Dengan kata lain, aplikasi pesan instan yang memanfaatkan jaringan internet seperti WhatsApp ini tidak akan lagi ada pada smartphone Android baru setelah aturan ini resmi berjalan.

Selamat Tinggal Google Hangouts

Hangouts dirilis pada 15 Mei 2013 silam. Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang menyediakan service instant messaging media dengan fitur video chat, SMS dan VOIP.

Baca juga :
Sebagai gantinya, Google Duo akan dijadikan sebagai pengganti Hangouts sebagai inti dari aplikasi GMS, dan Hangouts menjadi GMS pilihan.

Panggilan Grup Dengan Google Duo

Beberapa pihak menyebut perubahan ini cukup bagus, karena secara sifat keduanya mempunyai layanan yang tidak jauh beda. Namun tidak sedikit juga yang justru mempertanyakan keputusan perusahaan raksasa ini.

Mengapa mereka tidak memasukkan Google Allo, padahal keduanya bisa saling melengkapi. Allo untuk berkirim pesan instan, sedangkan Duo untuk video call.

Nasib Hangouts Kata Mbah Google

Google mengakui tengah memiliki rencana lain untuk Hangouts, sehingga aplikasi chatting dengan logo hijau dengan petik dua tersebut akan tetap dipertahankan oleh Google dan tetap tersedia di Google Play Store.

Nantinya, Ia akan lebih ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Bukan tanpa alasan, namun karena aplikasi ini mendukung layanan Gmail dan Google Docs.

Selain hal di atas, Hangouts juga dapat dipakai di berbagai macam perangkat baik mobile atau desktop. Apalagi dalam pernyataan sebelumnya, Google menyebut akan menambahkan fitur baru untuk memperkuat kemampuan aplikasi tersebut.

Nah itu saja yang bisa kami share tentang berita Android terbaru, Hangouts akan digantikan Google Duo sebagai aplikasi bawaan Android mulai Desember 2016. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan