KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Masuk BIOS / UEFI Via Windows 11 Recovery, Tidak Sampai 2 Menit

Masuk BIOS Lewat Windows - Sesuai judul artikel di atas, hari ini Umahdroid ingin bagikan langkah masuk setting Basic Input / Output System yang merupakan lanjutan dari artikel tutorial masuk BIOS dengan keyboard.


Untuk kalian yang belum tahu, BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yakni perangkat lunak atau program antarmuka tingkat dasar sebagai pengatur proses input-output data pada komputer.


Tidak seperti sistem operasi yang terpasang di Hard Disk atau Solid State Drive (SSD), BIOS umumnya tertanam pada chip flash memory yang disebut CMOS.


Tampilan Setting BIOS / UEFI

Ia berfungsi untuk memberikan instruksi Power On Selft Test untuk inisialisasi dan identifikasi CPU, RAM, VGA Card, keyboard, mouse, storage, CD / DVD Drive, atau peripheral lain saat booting.


Pengguna biasanya menggunakannya untuk mengatur boot order untuk booting from USB saat akan meng-install Windows 7, 8, 10, 11, hingga Linux.


Cara Buka BIOS Melalui Recovery Windows

Sekarang waktunya eksekusi. Kita asumsikan perangkat kalian sudah booting atau menyala dan posisi kalian sudah ada di sistem operasi Windows 10. Klik menu Start > kemudian pilih Settings.


Baca juga :


Begitu jendela pengaturan sistem operasi terbuka, silahkan masuk ke menu System > yang ada pada sidebar, pilih menu Recovery.



Perhatikan pada bagian Recovery options. Di sini ada 3 menu, yakni Reset this PC, Go back, dan Advanced startup. Klik tombol Restart now pada mnue terakhir yang kita sebut lalu tunggu sampai masuk ke blue screen.


Jika sudah, masuk ke menu Troubleshoot > kemudian pilih menu Advanced Options > lalu pilih UEFI Firmware Settings > terus hantam tombol Restart.


Aksi tersebut akan membuat mesin reboot secara mandiri dan otomatis masuk ke BIOS / UEFI dalam beberapa detik. Bagaimana, gampang kan cara masuk UEFI Windows 10 tanpa menggunakan papan ketik fisik?.


Semoga bermanfaat dan berkah. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca artikel mengenai aplikasi pembuat bootable flash disk terbaik.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan