KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cuma 5 Detik! Ini 2 Cara Masuk BIOS / UEFI ASUS ROG, TUF, Vivobook, DLL

Enter ASUS BIOS - Yosh, apa kabar semua?. Sesuai judul artikel di atas, hari ini Umahdroid ingin sharing masuk Basic Input / Output System setelah beberapa waktu yang kita juga bagikan tutorial masuk BIOS Lenovo.


Untuk kalian yang belum tahu, BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yakni perangkat lunak atau program antarmuka tingkat dasar sebagai pengatur proses input-output data pada komputer.


Tidak seperti sistem operasi yang terpasang di Hard Disk atau Solid State Drive (SSD), BIOS umumnya tertanam pada chip flash memory yang disebut CMOS.


Masuk BIOS / UEFI ASUS Tanpa Ribet

Ia berfungsi untuk memberikan instruksi Power On Selft Test untuk inisialisasi dan identifikasi CPU, RAM, VGA Card, keyboard, mouse, storage, CD / DVD Drive, atau peripheral lain saat booting.


Pengguna biasanya menggunakannya untuk mengatur boot order untuk booting from USB saat akan meng-install Windows 7, 8, 10, 11, hingga Linux.


Dengan setting UEFI BIOS, kita juga bisa melakukan overclocking, tweaking RAM, mengatur FAN, menghidupkan virtualization, dan masih banyak lagi. Terus bagaimana cara mengaksesnya?. Jom kita mulaikan!.


Metode #1 Masuk Setting BIOS / UEFI PC ASUS

Kita akan bagikan dua cara berbeda untuk masuk ke konfigurasi BIOS / UEFI dari perangkat komputer buatan perusahaan yang berbasis di Republik Tiongkok / Taiwan saingan dari MSI dan Gigabyte.


Baca juga :


Langkah pertama dan utama, jika komputer desktop kesayangan kalian masih dalam keadaaan hidup, langsung saja Restart atau Shutdown dulu.



Setelah kondisinya benar-benar mati (jika kalian memilih untuk mematikannnya pada langkah di atas), tekan tombol Power untuk menghidupkan. Dengan kata lain, kalian skip saja bagian ini jika memilih restart.


Ketika layar monitor menampilkan logo ASUS, buru-burulah untuk menekan tombol Delete (ada juga yang menyebut DEL) atau F2 pada keyboard.


Taraaaaa, komputer desktop "snsv" akan secara otomatis masuk ke konfigurasi Basic Input Output System (BIOS) / Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Bagaimana, gampang kan?.


Metode #2 Masuk Setting BIOS / UEFI Laptop ASUS

Jangan kawatir jika cara di atas tidak work. Pengguna ASUS punya opsi lain yang masih menggunakan tombol. Untuk metode tanpa "pencet-pencet", kalian bisa merapat ke artikel cara masuk BIOS Windows 10 tanpa keyboard.


Apabila di bagian pertama bisa dilakukan dengan muat ulang, untuk bagian ini mesin harus dalam kondisi mati. Jadi jika masih hidup, silahkan Shutdown dulu.



Kita asumsikan laptop kalian sudah dalam kondisi mati. Tekan dan tahan tombol F2 (di beberapa model perlu tekan tombol Esc) > kemudian dengan tombol tersebut masih dalam posisi ditekan, hantam tombol Power.


Eng ing eng, brand yang dihujat netizen karena menempatkan tombol hapus di pojok kanan atas jadi satu dengan papan ketik ini sudah login UEFI / BIOS.


Jika ada bagian yang kurang tentang tutorial mengakses BIOS ASUS yang kita bagikan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar yang tersedia. Terimakasih, semoga bermanfaat dan berkah!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan