KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Kenapa Baterai TWS Yang Satu Lebih Cepat Habis? Apakah Itu Normal?

Baterai TWS Beda Sebelah - Selamat sore!. Hari ini Umahdroid kembali sharing mengenai salah satu aksesoris HP yang sering dicari setelah di artikel sebelumnya kita juga membagikan cara cek codec Bluetooth Android.


True Wireless Stereo atau yang sering masyarakat sebut sebagai TWS adalah teknologi perangkat audio nirkabel yang menggunakan teknologi Bluetooth untuk menerima serta mengirim suara.


Diawali dari Apple yang merilis AirPods, TWS jadi sangat populer di kalangan pengguna gadget, terutama pengguna smartphone dalam beberapa tahun terakhir.


Edifier W240TN TWS Bluetooth Earbuds

Untuk kalian yang baru menggunakan TWS, ada kemungkinan kalian akan sedikit bingung karena baterai earbuds tidak sama setelah dipakai beberapa waktu, baik untuk mendengarkan musik atau video call.


Mengapa ini bisa terjadi?. Apakah perangkat audio yang baru kalian beli rusak?. Tenang, kita akan berikan jawabannya. Simak post ini sampai habis.


Alasan Satu Baterai Earbuds Lebih Cepat Habis

Perbedaan battery antara Left (L) and Right (R) pada sebuah TWS sebenarnya bukanlah masalah baru dan perlu dikhawatirkan. Tidak hanya kalian, kejadian ini banyak dialami user lain, termasuk kita.


Baca juga :


Selisih 5%-10% (misalnya) pada penyimpan energi itu nomal. Hal tersebut terjadi karena sistem yang digunakan pada True Wireless Stereo itu sendiri.


Solusi Baterai TWS Cepat Habis Sebelah

Ini karena earbud pertama terhubung ke telepon dan yang satunya terhubung ke earbud pertama. Earbud pertama yang jadi master kemudian bertugas untuk mengelola koneksi dan fitur untuk kedua earbud.


Dengan kata lain, earbud master (juga disebut sebagai main unit) tadi melakukan pekerjaan yang lebih berat dibandingkan dengan earbud satunya.


Semakin besar pekerjaan yang dilakukan, maka secara otomatis semakin besar juga daya listrik yang dikonsumsi. Itulah faktor utama penyebab salah satu baterai earbuds selalu lebih cepat habis.


Jika bedanya sampai 25%+ bisa jadi baterai TWS drop. Bila kondisi baru, mungkin apes kebagian barang defect. Segera gunakan teknologi garansi.


Bagaimana, paham kan indikator atau level baterai yang tersisa bisa bervariasi antara tangkai kiri dan tangkai kanan ini bukan error?. Selanjutnya kalian mungkin tertarik membaca perbedaan baterai Xiaomi ORI dan KW.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Budi
    Budi
    24 Oktober
    • Kunjungi profil
    Terimakasih telah berbagi ilmu 🙏
    • Budi
      Tiwo Satriatama
      10 November
      • Kunjungi profil
      Sama-sama
    Reply