KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Fix Telegram Window Style Dan Cursor Terlalu Besar di Linux

Aplikasi Telegram Linux - Apa kabar teman-teman?. Semoga baik-baik saja dan tetap sehat meski sedang menjalankan ibadah puasa. Sesuai judul, hari ini kita ingin berbagi tentang aplikasi saingan Signal Private Messenger.


Hal yang ingin Umahdroid share kali ini adalah masalah yang sering dialami oleh para pengguna Telegram Desktop yang secara khusus menggunakan sistem operasi Linux seperti Ubuntu, Fedora, Arch, dst.


Masalah pertama yakni soal titlebar yang membuatnya terlihat out of place karena window style-nya tidak seragam dengan jendela pada aplikasi lain.


Telegram Wayland Wrong Cursor

Problem lainnya yakni cursor yang lebih besar ketika diarahkan dan beroperasi di jendela aplikasi Telegram. Dan perlu kita informasikan juga, kedua issue itu hanya muncul saat kalian menggunakan Wayland.


Benar ini hanya masalah kosmetik karena secara fungsionalitas tidak ada masalah sama sekali. Tapi jika bisa kita perbaiki, kenapa tidak?.


Trik Mengatasi Problem Telegram Pada Wayland

Sebelum masuk lebih jauh, kita ingin katakan jika masalah yang kita hadapi terjadi pada Telegram Desktop yang kita pasang dengan download executable package langsung dari website resminya.


Baca juga :


Agar lebih jelas lagi, berikut tampilan Telegram di Fedora kita sebelum dan sesudah diperbaiki (klik untuk memperbesar gambar) :


Use System Window Telegram Linux

Kalian bisa lihat pada screenshot di atas, pointer yang semula berukuran jumbo pada gambar sebelah kiri sekarang kembali ke ukuran normal pada gambar sebelah kanan, sesuai yang diterapkan oleh sistem.


Hal yang sama juga terjadi pada titlebar. Window frame bawaan Telegram yang terlihat aneh sudah tidak ada lagi. No more Ugly Telegram on Wayland!.


Untuk mengatasinya kedua masalah tersebut sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menambahkan sedikit trik agar aplikasi dengan logo pesawat kertas ini respect our theme.


Langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi File Manager kemudian cari file telegram.desktop

  • Lokasi berkasnya biasanya ada di ~/.local/share/applications

  • Setelah ketemu, silahkan buka dengan aplikasi text editor Linux


[Desktop Entry]
Name=Telegram Desktop
Comment=Official desktop version of Telegram messaging app
TryExec=/home/blukutuwuk/.local/bin/Telegram
Exec=env QT_QPA_PLATFORM=xcb /home/blukutuwuk/.local/bin/Telegram -workdir /home/blukutuwuk/.local/share/TelegramDesktop/ -- %u
Icon=telegram
Terminal=false
StartupWMClass=TelegramDesktop
Type=Application
Categories=Chat;Network;InstantMessaging;Qt;
MimeType=x-scheme-handler/tg;
Keywords=tg;chat;im;messaging;messenger;sms;tdesktop;
Actions=Quit;
SingleMainWindow=true
X-GNOME-UsesNotifications=true
X-GNOME-SingleWindow=true

  • Tambahkan teks env QT_QPA_PLATFORM=xcb pada bagian exec

  • Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat berkas .desktop kita di atas

  • Jika sudah ditambah, sekarang silahkan simpan konfigurasinya


Langkah selanjutnya tinggal restart Telegram. Caranya mudah, jika aplikasinya masih terbuka, silahkan tutup kemudian buka ulang.


Sekarang tiba saatnya untuk membuat aplikasinya memakai jendela sistem. Buka Telegram > Settings > Advanced > aktifkan opsi Use system window frame yang ada pada bagian System integration.


Itulah cara mengatasi use system window frame for Telegram missing. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik mengubah tampilan Ubuntu lebih keren.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan