KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

End To End Encryption Obrolan Group Hadir Di Google Messages

Fitur Baru Google Messages - Google terus memoles aplikasi pesan garapannya agar tetap relevan di era sekarang dan masa depan. Salah satu upaya tersebut dengan tersedianya enkripsi end to end untuk obrolan grup.


Sebagai tambahan informasi untuk kalian yang belum tahu atau kurang familiar, Google Messages adalah aplikasi perpesanan yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android dan Wear OS.


Anggap saja GM itu aplikasi iMessage Apple versi Google yang menjembatani kesenjangan antara sistem SMS tradisional, RCS, dan pesan instan.


Fitur Baru Google Message

Rich Communication Services (RCS) diintegrasikan menjelang akhir tahun 2010-an. Ia memungkinkan transfer pesan yang lebih panjang, gambar dan video berkualitas lebih baik, dan banyak lagi.


End to end Encryption sebenarnya sudah tersedia di Google Message untuk obrolan 1:1. Debut E2E untuk grup debut di akhir tahun 2022.


Enkripsi Ujung Ke Ujung Pada Google Message

Semua obrolan grup, termasuk teks, gambar, video, berkas atau media apa pun, akan diamankan oleh enkripsi saat data berpindah antar device. Sistem enkripsi mengubah data tersebut menjadi teks acak.


Baca juga :


Pesan tadi tidak dapat didekodekan tanpa sebuah kunci rahasia yang hanya dibuat di perangkat kita dan perangkat yang menerima pesan.


Keamanan E2EE Google Message

Ini untuk memastikan tidak ada "orang ketiga" yang terlibat pada rantai pertukaran data. Dan FYI, sistem enkripsi yang digunakan oleh Google adalah Signal Protocol milik Signal - Pengirim Pesan Privat.


Sekarang kalian bisa memakai Google Message untuk memulai obrolan grup, membalas pesan, memberikan reaksi emoji, seperti WhatsApp.


Untuk saat ini, enkripsi dalam percakapan grup dalam versi beta. Kalian harus gabung sebagai penguji beta agar bisa mencoba fitur tersebut, meski seharusnya tidak lama lagi Google meluncurkan ke versi stable.


Begitu fiturnya aktif dalam percakapan, kita akan melihat banner dengan ikon gembok di obrolan grup dan simbol gembok di sebelah tombol kirim.


Download Google Message Terbaru

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan