KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Fungsi Android System WebView Dalam Sebuah Ponsel Kekinian

Android System WebView - Jika kalian pengguna sistem operasi Android, maka hampir bisa dipastikan smartphone kalian memiliki ASW yang terpasanga out of the box. Lalu pertanyaannya, Android System WebView itu apa?.


Salah satu dari sekian banyak aplikasi bawaan pabrik ini hanya dapat ditemukan di Settings dan Google Play Store ketika ada update Android System WebView. Kita tidak akan menemukannya di app drawer.


Itu artinya, kita tidak bisa menjalankannya dengan ketukan.


Fungsi Android System WebView

Lain halnya dengan aplikasi, misal Galeri atau YouTube, yang bisa di-run dengan buka menu aplikasi kemudian tap untuk membukanya. Kalian baru bisa melihat perangkat lunak bawaan ini melalui Pengaturan > Aplikasi > Tampilkan aplikasi sistem.


Ia tersedia di seluruh merek HP, mulai dari Asus, Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Lenovo, LG, HTC, Motorola, Sony, Pixel, Samsung, Huawei, dll.


Mengenal System WebView di HP Android

Android System WebView adalah mesin browser web yang dibangun berbasis mesin WebKit milik Chromium. Kegunaanya untuk membuka halaman sebuah website tanpa meninggalkan aplikasi yang sedang dibuka.


Baca juga :


Misalkan ketika kalian klik sebuah link di Facebook, maka alamat tadi akan terbuka dalam "mini-browser", sehingga pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi.


Android System WebView Update Terbaru

Tanpa adanya WebView di HP, maka kalian akan otomatis dialihkan ke aplikasi peramban seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan seterusnya. Untuk kembali ke FB, kalian perlu beralih jendela.


Sebelum Android 5 Lollipop, WebView hanya bisa diperbarui melalui pembaruan sistem perangkat Android utama yang dirilis oleh produsen.


Tapi setelah itu, pengguna diberi keleluasan untuk memperbarui ASW langsung melalui Google Play Store untuk mendapatkan rilis lebih cepat, perbaikan bug, serta penambalan celah keamanan.


Apakah Saya Butuh Android System WebView?

Begitu mengetahui fungsinya, apakah Android System WebView boleh dihapus atau apakah kalian memerlukannya?. Jika ponsel kalian masih menggunakan Marshmallow (6.0) atau versi di bawahnya, sebaiknya biarkan apa adanya.


Tapi jika HP kalian sudah menjalankan Nougat atau versi lebih tinggi, kalian bisa uninstall atau disable lewat pengaturan.


Cara Disable Android System WebView

WebView berdasarkan Google Chrome dijadikan opsi default pada Android 7 ke atas. Namun pada Android 10 berubah lagi, dimana WebView membuat komponen terpisah, berbagi kode dengan browser sejuta umat buatan Google.


Itulah mengapa ada aplikasi tertentu yang tidak akan bisa dibuka jika ASW di ponsel pintar kalian dinonaktifkan.


Berikut langkah-langkah untuk disable app-nya :

  • Silahkan ambil ponsel pintar kesayangan kalian

  • Buka Settings, kemudian cari dan pilih Applications

  • Tekan menu titik 3 yang ada di pojok kanan atas layar

  • Pilih opsi Show system apps pada menu tersebut

  • Scroll sampai ketemu Android System WebView

  • Begitu ketemu, buka kemudian tekan Disable


Seperti sudah kita katakan seblumnya, ASW merupakan aplikasi sistem, jadi tidak ada cara menghapus Android System Webview di Android tanpa root.


Yang bisa kita lakukan hanya "melumpuhkannya" saja. Itu saja yang bisa kita tulis. Jangan lupa like / follow / join / subscribe akun sosial media Umahdroid untuk mendapatkan pembaruan informasi teknologi terbaru.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan