KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Biaya Pembuatan Galaxy S9 Plus Hanya Setengah Harganya

Samsung Galaxy S9 Plus - Kita sepakat jika sebuah ponsel flagship umumnya memiliki harga yang relatif mahal dibanding ponsel non flagship. Tidak terkecuali smartphone terbaru Samsung Galaxy S9 Plus yang belum lama dirilis. Sebenarnya berapa sih ongkos pembuatan S9 Plus?. Mari kita cari tahu!.

Sebagai informasi saja, Samsung S9 Plus menjadi varian paling mahal di seri Galaxy. Sebuah website Tech Insights mencoba menganalisa berapa biaya yang dikeluarkan oleh produsen asal Korea Selatan ini untuk merakit Galaxy S9 Plus.

Dari hasil analisa, S9 Plus dibuat dengan biaya sekitar US $379 atau jima dikonversi ke Rupiah sekitar 5.2 juta per unitnya.


Biaya tersebut lebih mahal US $10 dari Samsung Galaxy Note 8. Tak pelak, ponsel ini menjadi ponsel Samsung dengan ongkos pembuatan termahal sampai artikel ini diterbitkan.

Samsung Galaxy S9 Plus

Tidak hanya membandingkan dengan Note 8 saja, website tersebut juga membandingkannya dengan biaya pembuatan smartphone lain seperri Galaxy S8 Plus yang nilainya mencapai US $343 atau sekitar Rp. 4.7 juta, serta iPhone 8 Plus yang masih memiliki biaya pembuatan dibawahnya, yakni US $324.50 atau Rp. 4.4 juta.

Walaupun menjadi smartphone Samsung dengan ongkos termahal, namun S9 Plus masih dibawah dari iPhone X. Ponsel buatan Apple yang tampil dengan poni tersebut dibuat dengan biaya US $398.50 atau 5.3 juta rupiah.

Kenapa Mahal?

Pertanyaannya apa sih yang membuat biaya pembuatan per unit S9 Plus mahal?. Mereka menyebut jika chipset Exynos 9810 adalah salah satu komponen yang memiliki kontribusi paling besar dengan nilai mencapai US $68.

Panel layar yang digunakan disini adalah Super AMOLED dengan kontribusi harga USD 72.

Sisanya ada beberapa komponen yang memang mahal, seperti kamera, memori, dan bagian non-elektrik lainnya.

Perlu diingat jika harga jual sebuah ponsel juga dipengaruhi oleh biaya R&D, marketing, dan lainnya. Jadi jangan heran jika margin antar ongkos pembuatan dan harga pasarnya cukup besar. Sumber gambar : Digitaltrends
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan