KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tips Menghemat Baterai Asus Zenfone yang Boros Agar Awet

Cara jitu dan ampuh hemat baterai Zenfone - Sebenarnya saya agak telat dalam membuat post ini, mengingat Firmware baru Lollipop sudah cukup lama rilis, dimana system baru ini sudah support change font tanpa root.

Di pembaruan ini cukup banyak penambahan dan perubahan yang diberikan oleh Developer Asus, mulai dari penambahan :
  • Fitur tema dan font
  • Perubahan menu pengaturan
  • Power management
  • dan seterusnya

Selain itu, di artikel ini juga akan saya gunakan untuk membahas kenapa dan penyebab Network baik koneksi wifi atau koneksi data mobile di Zenfone sering mati sendiri setelah upgrade firmware.

Tips Hemat Batterai ASUS Zenfone Supaya Awet

Mungkin sobat disini juga mengalami wifi Asus Zenfone sobat kadang mati sendiri setelah kondisi layar padam / sleep semenjak melakukan update ke system terbaru. Namun setelah membuka lockscreen, Network (Wifi Connection + Mobile Data) akan kembali aktif.

Power Management

Di paragraf atas saya tuliskan tentang perubahan Power Management pada system, inilah yang menjadi penyebab koneksi internet di smartphone sobat sering OFF sendiri.

Baca juga :

Apabila kita cermati atau mau membuka masing-masing fitur yang diberikan atau yang ada di aplikasi bawaan Power Saving, ada beberapa pilihan yakni Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customize.

Best Battey Mode, Saver For Android

Masing-masing dari mode tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Di dalam Power Saver, ada 2 buah tab dengan fungsi yang berbeda yakni Battery Mode dan Smart Switch. Lihat screenshot berikut :

Saya akan jelaskan satu-persatu namun sedikit tentang masing-masing fungsi tersebut agar sobat bisa lebih memaksimalkan kinerja Zenfone sobat.

A. Battery Mode

Seperti yang saya katakan diatas, di tab pertama adalah Battery Mode, dimana fitur ini untuk memilih mode yang akan sobat pakai. Isi dari menu ini antara lain : Performance Mode, Normal Mode, Power Saving Mode, Super Saving Mode, dan Costumized Mode.

Baca juga :

Apa saja fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing pilihan tadi? Ok, berikut saya buatkan descriptionnya :

1. Performance Mode

Yang paling atas ketika membuka aplikasi bawaan manajemen baterai Power Saver adalah Mode Performance. Bila kita menggunakan mode ini ponsel kita akan mempunyai kekuatan lebih dibanding dengan mode-mode yang lain.

Performance Mode ASUS Zenfone

Disini sobat akan menjumpai keterangan 'Highest CPU Performace, high brightness (Recomended for gaming and online videos)'.

ode ini direkomendasikan untuk yang suka nge-game, streaming video maupun TV. Ketika performa CPU dimaksimalkan, baterai kita akan langsung terkena imbasnya, dengan kata lain akan lebih cepat terkuras.

2. Normal Mode

Perubahan manajemen power di Asus selanjutnya adalah mode normal. Bisa dikatakan dimode yang kedua ini adalah mode standard. sesuai dengan keterangan, "Smartly adjust CPU performance and brightness".

Normal Mode ASUS Zenfone

Normal Mode akan menggunakan CPU dan Brightness secara pintar. Maka baterai yang kita pakai juga akan lebih awet dibanding dengan mode sebelumnya yang dimaksimalkan untuk mencapai performa terbaik.

3. Power Saving Mode

Kemudian yang ketiga adalah mode Power Saving. Inilah yang menjadi biang kerok dari masalah Wifi mati sendiri setelah Zenfone kita dalam keadaan sleep. Coba deh sobat baca keterangan bagian ini.

Android ASUS Power Saving Mode

"Network are disabled when the device is asleep and reconnect when awake. Online notification (eg. What's App.) will be received when device is awake (Low Internet usage)".

Apabila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka kurang lebih seperti ini

"Jaringan (termasuk data mobile dan wifi) akan dinonaktifkan saat android kita dalam keadaan sleep dan otomatis mengkoneksikan ulang ketika hidup. Notifikasi online seperti what's app akan diterima ketika device kita dalam penggunaan".

4. Super Saving Mode

Di pengaturan Power Management pada firmware versi 3.24.40.78 berbeda dengan firmware sebelumya yakni 3.24.40.60. Di versi tersebut, Super Saving Mode masih mengijinkan kita menghidupkan Network (Wifi+Data Perangkat). Jadi walaupun kita memilihnya kita masih bisa berinternet ria.

Android ASUS Super Power Saving Mode

Itu tidak terjadi di Lollipop 78, jika sobat memilih mode ini maka otomatis Network baik Wifi Connection atau Mobile Data akan otomatis Disabled / OFF, jadi irit, karena jaringan off, dan graphic effect akan direduce.

5. Costumized Mode

Nah yang terakhir adalah Customized Mode. Inilah yang sering digunakan di Zenfone admin. Berbeda dengan mode-mode diatas, dengan Costumized Mode kita bisa melakukan costumisasi atau menyetel sendiri pengaturannya.

ASUS Power Management Costumized Mode

Di bagian CPU, Brightness kita bisa rubah sendiri, apakah akan memakai Smart atau High Performace. Demikian juga pada fitur Networking, kita bisa memilih 3 buah pilihan :
  • Turn On (Tetap Hidup)
  • Always Disable (Selalu Nonaktif)
  • Disable when asleep (Nonaktif Otomatis Ketika Sleep)

Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat.

B. Smart Switch

Sesusai nama menunya, bab yang kedua ini adalah Smart Switch yang fungsinya untuk mengatur jadwal. Ini juga yang sangat saya senang di firmware Lollipop 3.24.40.78 Zenfone 5.

Power Management ASUS Smart Switch

User lebih diberikan keluasan untuk melakukan costumisasi power HH. Di menu ini ada 2 buah option yang bisa kita utak-atik sesuka hati, yakni Switch by battery level dan Switch by schedule.

1. Switch by battery level

Dari keterangan tersebut sudah bisa dipahami bukan? Sesuai dengan nama fitur dan deskripsinya nya, fitur ini digunakan untuk mengubah mode yang sedang kita pakai ke Super Saving Mode ketika baterai HP sudah di posisi tertentu.

Maksud dari posisi tertentu disini adalah presentasae battery Zenfone :
  • Never
  • Battery level < 10%
  • Battery level < 15%
  • Battery level < 20%
  • Battery level < 25%
  • Battery level < 30%

Jadi begini, misalkan saya pilih yang ke-2 Battery level < 10% maka secara otomatis ketika daya baterai Zenfone saya kurang dari 10% maka Mode Battery yang sedang kita pakai otomatis akan berganti menjadi Super Saving Mode.

Dengan fungsi seperti ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan baterai. Selanjutnya kita bahas yang kedua.

2. Switch by schedule

Fitur ini juga fitur selalu admin gunakan. Deskripsinya adalah Assign a scheduke to switch modes automatically. Berbeda dengan pada fitur sebelumnya yang berbasis presentase baterai Zenfone, lalu fitur ini menggunakan waktu sebagai acuan.

Ketika kita membukanya ada 4 buah pilihan :
  • Switch by schedule ON/OFF
  • Start time : Jadwal kapan (jam berapa) kita akan mengaktifkan mode
  • End time : Jadwal kapan (jam berapa) kita akan mengaktifkan mode
  • During this period switch to : Memilih mode apa yang kita guakan dalam jangka start time dan end time

Misalkan di malam hari kita tidur, Zenfone kan tidak terpakai, nah sobat bisa gunakan Switch by Schedule ini. Start time kita set menjadi 1 AM, End time kita set jadi 5 AM, dan During this period switch to Super Saving Mode.

Jadi, mulai dari jam 1 pagi sampai dengan jam 5 pagi maka otomatis mode yang aktif akan menggunakan Super Saving Mode. Selebihnya setelah jam 5.01 AM akan berubah kembali ke mode yang sebelumnya di set.

Penutup

Semoga dengan penjelasan singkat diatas sobat lebih bisa memilih mode mana yang paling cocok untuk keperluan, kegiatan sobat Umahdroid. Dengan sedikit konfiguarasi dan menjaga suhu batterai akan berefek pada umur komponen.

Tapi jika memang sudah baterai sudah drop, maka sebaiknya ganti baterai Zenfone nya saja.

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang cara menghemat baterai Zenfone supaya wwet. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung!.
10 komentar

10 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    08 April
    • Kunjungi profil
    Min ane pengguna zenfone.. smua trik ente udah ane coba dan manfaat banget.. untuk tambahan tolong di update post terbaru nya ya min.. ane siap share ke tmen2 zen ane..makasih :)
    Reply
  • PenPen mYz
    PenPen mYz
    19 Desember
    • Kunjungi profil
    apa disini cuma saya kalo posisi super saving sering muncul pesan bla bla telah berhenti. kadang juga gga bisa dibalikin ke setting mode yang laen. ngatasinya gimana um? mksh :)
    • PenPen mYz
      Tiwo Satriatama
      20 Desember
      • Kunjungi profil
      Saya juga begitu. Beberapa teman juga mengalami kejadian serupa, kalo saya simpulkan pribadi ini adalah bug. Kalo ngatasi biasanya saya langsung ke setting -> aplikasi -> cari power saver -> clear data -> baru itu reboot. Selesai
    Reply
  • Aidan ZulFadli fahraza
    Aidan ZulFadli fahraza
    09 Desember
    • Kunjungi profil
    Gan.. mav gan.. tlong share tentang *theme DIY for Zenui*... mkasih gan..
    • Aidan ZulFadli fahraza
      Tiwo Satriatama
      10 Desember
      • Kunjungi profil
      Insyaalloh akan saya post nanti. Terimakasih requestnya kang fajar
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 November
    • Kunjungi profil
    Lengkap selengkap lengkapnya ya disini...thanks kang...
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 November
      • Kunjungi profil
      Terimakasih kembali kang edy susalistio, semoga bermanfaat untuk akang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    21 November
    • Kunjungi profil
    penjelasan ente lengkap . udah kaya sop buah min :v . ijin share
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 November
      • Kunjungi profil
      Sop buah :D Terimakasih kang gefeng. Saya senang menyediakan informasi untuk sobat Umahdroid. Semoga bermanfaat dan berkah
    Reply