KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

RIP Google Play Music, Layanan Akan Dimatikan Mulai Oktober

Google Play Music Android - Siap-siap, kabar kurang sedap datang untuk kalian yang suka memutar lagu di smartphone. Google berencana untuk men-shutting down Play Music dan menggantinya dengan YouTube Music.

YouTube Music sendiri dirilis pada 2018 lalu. Perlahan, perusahaan raksasa internet asal Mountain View, Amerika Serikat tersebut mulai mengendorkan pengembangan Google Play Music.

Sejalan dengan itu, mereka mulai menambahkan fitur YouTube Music.

Google Hentikan Play Music Bawaan Android

Google sendiri telah memperkenalkan tool untuk transfer musik, album, serta daftar putar sebelum mereka benar-benar menghentikan Play Music pada Desember 2020 mendatang.

Keterangan Resmi Google

Dilansir dari posting blog resminya, keputusan final meminsiunkan aplikasi yang sudah menjadi aplikasi bawaan sistem operasi Android ini terbilang cepat. Meski demikian, Google akan melakukannya secara bertahap.

Baca juga :

Mereka akan mulai dari New Zealand dan Afrika Selatan pada September nanti, kemudian sisanya dilanjutkan pada bulan Oktober.

Tampilan Google Play Music Terbaru

Itu berarti user tidak bisa lagi streaming dari aplikasi dengan logo khas berwarna orange ini. Dengan kata lain, Play Music sudah tidak lagi berfungsi maksimal sebagaimana mestinya.

Google tetap menyimpan data upload, playlist, and purchases, setidaknya sampai akhir tahun.

Alternatif Memindahkan Data

Selain dengan alat yang sudah disediakan, kalian juga bisa download data yang tersimpan di server perusahaan pemiliki merek dagang ponsel pintar Pixel ini menggunakan fasitilas Google Takeout.

Download Data Google Menggunakan Takeout

Mereka juga akan mengingatkan pengguna sebelum kehilangan akses secara total ke akun serta data miliknya.

Di sisi lain, Google sudah menyematkan hampir semua fitur yang dimiliki Play Music ke YouTube Music, jadi setelah pindah, pengguna setianya tidak terlalu merasa kehilangan.

Itu saja yang bisa kita bagikan soal aplikasi Google Play Music yang akan segera dihentikan tahun ini. Tetap jaga kesehatan semua!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan