KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pilihan Aplikasi Chat Yang Aman Selain WhatsApp dan Telegram

Aplikasi Chat Gratis Terbaik - Rasanya kita rasa sepakat jika aplikasi pesan instan modern jadi aplikasi yang wajib ada di HP untuk menggantikan SMS. Terus terang saja, kita mulai pesimis dengan Rich Communication Services.


Implementasinya yang belum merata, API yang belum dibuka oleh Google, dan tidak adanya kampanye yang "menggebrak" (menurut kita) jadi penyebab mengapa pertumbuhan RCS kurang maksimal.


WhatsApp dan Telegram disisi lain terus tumbuh. Adopsi layanan pesan nama yang kita sebut kedua bahkan termasuk yang paling cepat.


Aplikasi Chat Yang Aman Dari Penyadapan

Fiturnya yang seabreg, performanya yang sangat stabil, dan "bukan Facebook" jadi alasan mengapa Ia jadi aplikasi yang paling banyak disarankan sebagai aplikasi pengganti WhatsApp.


Tapi tahukah kalian jika ada layanan lain selain WA dan TELE yang jauh lebih secure dan ramah privasi?. Nah berikut daftarnya!.


Pilihan #1 - Signal Private Messenger

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan nama ini. Signal kita tempatkan di urutan pertama karena sistem keamanan, kontribusi, serta komitmennya menjaga privasi penggunanya.


Baca juga :


Jumlah pengguna Signal meroket setelah Elon Musk mencuit "Use Signal" lewat akun Twitter-nya dan perubahan privacy policy WA.


Cara Menggunakan Signal App Android

Selain pesan, kontak, profil, dan backup yang encrypted end to end by the default, Ia juga dibekali fitur keren notification profile, dissapearing message, screen security, incognito keyboard, relay calls, and sealed sender.


Relay calls membuat IP penelpon tidak diketahui lawan bicaranya, sedangkan sealed sender membuat server tidak mengetahui identitas pengirim pesan.


Signal dapat di-download secara gratis untuk Android di Google Play Store, iPhone / iPad di App Store, dan website resminya di signal.org/download untuk versi Desktop (Linux, Windows, MacOS).


Cara menggunakan Signal app kurang lebih sama dengan WhatsApp, cukup pasang > jalankan > registrasi dengan nomor telepon > siap dipakai.


Pilihan #2 - Session Private Messenger

Opsi kedua kita berikan kepada Session, sebuah aplikasi open source yang dibuat berdasarkan source code Signal. Bedanya, pesan dikirim via jaringan terdesentralisasi dengan sistem union seperti Tor.


Sistem permintaan "bawang" seperti ini dinilai jauh lebih aman karena tidak ada satu server-pun yang tahu asal dan tujuan pesan.


Tampilan Obrolan Session App Android


Desain yang ditawarkan Session cocok untuk kalian yang ingin memiliki aplikasi chat anonim, karena tidak seperti kompetitornya, Session tidak membutuhkan nomor telepon atau email. Cukup install > launch > generate ID > use.


Karena tidak mempunyai peladen pusat yang menyimpan informasi identitas, pastikan kalian menyimpan recovery phrase.


Tanpa itu, akun aplikasi chat yang web-nya beralamat di getsession.org kalian tidak bisa dikembalikan seperti semula jika ingin pindah perangkat. Satu lagi yang perlu diketahui, Session tidak memiliki fitur pencadangan.


Pilihan #3 - Element Secure Messenger

Seperti dua aplikasi sebelumnya, Element merupakan open source software instant messaging client yang berjalan di atas protokol Matrix. Ia juga support end-to-end encryption out of the box.


Baca juga :


Elemen awalnya dikenal sebagai Vektor saat beta pada tahun 2016. Pada September di tahun yang sama, Ia berganti nama menjadi Riot.


Element Matrix Client Android Chat

Yang menarik dari aplikasi dengan logo warna hijau adalah kemampuannya yang bisa menjembatani communication services lain ke dalam aplikasi melalui Matrix, termasuk IRC, Slack, Telegram, dan Jitsi Meet.


Kalian bisa memilih akun GitHub, GitLab, Facebook, Apple ID, Google, atau layanan surat elektronik gratis lain untuk membuat akun Matrix.


Element Secure Messenger tersedia untuk smartphone Android lewat Google Play dan F-Droid, iOS lewat App Store, serta perangkat desktop berbasis sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.


Kesimpulan: Bingung Pilih Yang Mana?

Meskipun sama-sama aman, 3 aplikasi yang kita sebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan berbagai pertimbangan (terutama user-base), kita lebih memilih Signal.


"Sayang kontakku masih sedikit yang pakai". Alasan ini memang banyak dikeluhkan. Kalau mau, kalian bisa coba pakai Watomatic.


Cara Membalas Pesan WA Otomatis

Trik ini cukup ampuh untuk mengajak orang lain gabung. Konsepnya begini, jika ada pesan WA, Watomatic akan autoreply dengan pesan yang sudah kita set sedemikian rupa agar si pengirim memasang Signal.


Kalian bisa merangkai kata-katanya sesuai kondisi dan kebutuhan. Untuk yang ingin migrasi tapi memang belum bisa meninggalkan WA sepenuhnya, jangan dipaksa. Pasang saja dulu berdampingan dengan aplikasi si ijo.


WhatsApp besar karena kita, Signal juga bisa besar karena kita. Dan ingat, monopoli selalu buruk untuk konsumen.

14 komentar

14 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    22 Oktober
    • Kunjungi profil
    berharap kedepannya bisa bikin video status
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      25 Oktober
      • Kunjungi profil
      Status di Signal namanya Stories. Fiturnya udah ada di tahap beta. Detailnya bisa dilihat di posting baru Umahdroid

      https://www.umahdroid.com/2022/10/menjajal-fitur-story-pada-signal-lebih.html
    Reply
  • Angga
    Angga
    01 Mei
    • Kunjungi profil
    Baru pakai signal 1 minggu, sejauh ini mudah digunakan. Jernih suaranya ⭐⭐⭐⭐⭐
    • Angga
      Tiwo Satriatama
      02 Mei
      • Kunjungi profil
      Bener. Terimakasih sharingnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 Maret
    • Kunjungi profil
    Session gx bisa buat nelfon
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 Maret
      • Kunjungi profil
      Bener. Kalo nggak salah inget, fiturnya lagi di-develop. Nggak tau bakal dirilis kapan
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Maret
    • Kunjungi profil
    Fitur signal udah bagus, cukup nyaman dipakai. Suaranya bening cuma kalau lagi telp ada telp masuk suaranya tertimpa dengan telp lain
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 April
      • Kunjungi profil
      Tunggu versi selanjutnya. Telecom integration "ditanem" di versi 5.34 (sekarang versi beta)

      Update: Desain sistemnya OEM bikin banyak bug jadi integrasinya untuk sementara ini masih belum diaktifkan developer
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Maret
    • Kunjungi profil
    Threema?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 April
      • Kunjungi profil
      Nggak masuk kriteria karena berbayar. Walaupun cuma sekali tapi kalo harus ngeluarin duit rasanya "berat" buat kebanyakan orang
    Reply
  • Semed
    Semed
    25 Februari
    • Kunjungi profil
    Kemana line, wechat, fb messenger, dll?
    • Semed
      Tiwo Satriatama
      23 Maret
      • Kunjungi profil
      Nggak MiChat sekalian? Wkwk
    • Semed
      Unknown
      21 April
      • Kunjungi profil
      ngakak 😂😂😂
    • Semed
      Tiwo Satriatama
      28 April
      • Kunjungi profil
      Wkwkwk
    Reply