KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp Dengan Watomatic

Auto Reply WhatsApp Personal - Entah karena sibuk, sedang liburan, fokus ke pekerjaan atau tugas, ingin merespon pelanggan lebih cepat, adalah beberapa alasan mengapa seseorang membutuhkan auto responder WhatsApp.


Sudah pindah dari WA ke aplikasi chat lain, seperti Signal, Telegram, Snapchat, atau aplikasi pesan instan lain ke setiap obrolan yang masuk juga termasuk motif mengapa auto-reply messages menjadi penting.


Apapun alasannya, balas otomatis mungkin jadi hal yang paling banyak dipikirkan oleh pengguna "Si Hijau".


Balas Otomatis Obrolan WhatsApp

Kita tidak perlu membuka aplikasi, copy > paste > send setiap kali ada obrolan dari teman-teman atau keluarga yang masuk. Sistem yang kita gunakan nantinya akan secara cerdas membalas pesan WhatsApp tanpa terlihat online.


Ini bisa banyak menghemat tenaga, waktu, serta daya baterai, karena jari kita tidak perlu "nyak-nyuk nyak-nyuk" layar smartphone.


Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

Sebenarnya pihak Facebook sudah memberikan sebuah metode untuk ini, yakni dengan WhatsApp Business dan WhatsApp’s Business APIs. Tapi masalahnya, metode tersebut tidak untuk semua orang.


Baca juga :


Apalagi setelah perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut memperbarui privacy policy WhatsApp yang banyak menuai protes dari pengguna.


Tutorial Auto Reply WhatsApp Personal

Sebagai gantinya, disini kita akan menggunakan Watomatic, yakni aplikasi mengirimkan balasan otomatis ke semua orang yang menghubungi kita di WhatsApp atau Facebook Messenger.


Ukuran APK-nya sangat kecil, tidak memiliki iklan dan pembelian dalam aplikasi, serta yang paling penting, Watomatic merupakan open source software.


Kode sumbernya tersedia dan dapat diakses di GitHub. Kalian bisa mempelajarinya jika memang tertarik dengan source code dari perangkat lunak yang dikhususkan untuk OS robot hijau buatan Deekshith Allamanen ini.


Fitur Utama Watomatic Auto Reply App

Watomatic juga bisa untuk auto-reply Facebook Messenger. Fitur ini mungkin jadi deal breaker atau minimal memiliki plus point, terlebih lagi jika kalian adalah pengguna setia layanan WA dan FB.


Watomatic Auto-reply Whatsapp & Facebook

Tampilan antarmuka pengguna aplikasinya sangat sederhana. Kita tidak perlu diribetkan dengan opsi seabreg yang mungkin tidak dipakai pengguna.


Berikut list fitur utama lainnya :

  • Auto reply to all incoming chats

  • Set your own auto reply message

  • Set a reply frequency

  • Auto reply to group chats

  • Respects your privacy

  • No Ads, no Analytics or Tracking

  • Free and Open Source


Ketika artikel ini diterbitkan, Watomatic 1.19.1 merupakan versi paling mutakhir. Versi ini dirillis oleh pengembang pada 13 Juni 2021 lalu.


Oh ya perlu kita sampaikan juga jika aplikasi ini membutuhkan minimal API Level 21 alias Android 5.0 Lollipop. Jadi untuk HP yang masih menjalankan Android 4.0 Kitkat ke bawah, maaf saja.


Memakai Watomatic Untuk Balas Otomatis

Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang aplikasinya. Kalian bisa install di Google Play Store, atau bisa juga dengan download Watomatic APK melalui link yang sudah Umahdroid disediakan.


Kita asumsikan kalian sudah selesai memasangnya, sekarang mari kita lanjutkan ke tutorial memakai Watomatic: Auto Reply for WhatsApp and Facebook.


#1 Menyiapkan Teks Balasan

Pertama-tama, silahkan buka aplikasinya > tekan Auto reply text > kemudian lanjutkan dengan mengetik pesan balasan sesuai kebutuhan.


Pesan Balas Chat Otomatis WhatsApp

Hilangkan checklist Append Watomatic attribution to help spread the word untuk menghilangkan atribusi. Tekan tombol Save jika sudah.


#2 Menghidupkan Watomatic

Kembali ke menu utama, sekarang toggle on atau enable pada Auto reply OFF kemudian tekan tombol Accept untuk mengaktifkan auto responder WhatsApp.


Ijin Aplikasi Balas WA Tanpa Online

Oh ya, kalian bisa memilih WhatsApp saja, Facebook saja, atau bisa juga keduanya di enable for apps. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan.


#3 Berikan Ijin Akses Notifikasi

Begitu kalian menekan tombol terima di langkah sebelumnya, ponsel pintar kalian akan secara otomatis menampilkan pengaturan Notification Access.


Hidupkan Akses Notifikasi Watomatic

Yang perlu kalian lakukan hanya toggle enable akses notifikasi lalu Allow untuk konfirmasi. Hasilnya akan seperti screenshot di atas.


#4 Test Hasil Auto Responder

Sekarang saatnya untuk menguji hasilnya. Coba pinjam ponsel atau minta teman kalian mengirim pesan. Jika tidak berhasil mungkin karena WhatApp terkunci.


Kunci Fitur Sidik Jari WhatsApp

Watomatic tidak bisa bekerja jika pemindai sidik jari WhatsApp aktif. Jadi silahkan nonaktifkan dulu via Settings > Accounts > Privacy > Fingerprint lock.


Aplikasi untuk membalas WA tanpa membuka messenger from Facebook ini sudah bisa kalian nikmati dengan elegan. Mudah bukan?.


Itu saja yang bisa Umahdroid bagikan tentang cara membalas chat tanpa membuka aplikasi WhatsApp. Jika masih ada bagian yang membingungkan, jangan sungkan untuk menuliskannya lewat komentar.


Download Watomatic APK Terbaru

5 komentar

5 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    20 Oktober
    • Kunjungi profil
    Ga support kitkat :'(
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      27 Oktober
      • Kunjungi profil
      Iya, minimal Android 5.0
    Reply
  • T Aasa
    T Aasa
    24 Juni
    • Kunjungi profil
    apakah auto reply nya bisa diatur buat kontak tertentu aja gan
    • T Aasa
      Tiwo Satriatama
      25 Juni
      • Kunjungi profil
      Bisa. Pengaturannya ada Advanced settings > Enable contact based replies. Abis itu tinggal pilih aja mau balas ke semua kecuali kontak tertentu atau pilih kontak manual
    • T Aasa
      T Aasa
      28 Desember
      • Kunjungi profil
      okeh. thank you
    Reply