KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengalaman Beli Kartu By.U dari Telkomsel, 11 Ribu Dapat 11 GB

SIM Card Telkomsel by.U - Jadi waktu even 11.11 kemarin kita mendapat kabar jika by.u sedang ada promo paket internet murah 11 GB dijual dengan harga Rp 11.000 saja. Jadi langsung saja kita beli saingan kartu XL Live.On.

Apakah kalian pernah mendengar HUP Beta?. Kartu yang sempat membuat geger dunia persilatan operator seluler Indonesia karena paket internet murahnya tersebut merupakan pendahulu dari by.U.

Saat itu Ia masih dalam tahap uji coba. Mungkin karena hal itu juga jumlahnya cukup terbatas, sehinggga dilakukan dengan sistem pre-order.

Perbedaan By.U dan Kartu Biasa

by.U adalah layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia yang menyediakan pengalaman digital end-to-end untuk seluruh kebutuhan telekomunikasi yang diposisikan untuk menyasar generasi Z.

Review Kartu Perdana By.U dari Telkomsel

Meski sama-sama kartu prabayar, tapi ada perbedaan mencolok antara by.U dengan kartu prabayar Telkomsel lainnya seperti Kartu As, Simpati, Loop, dan Halo.

Baca juga :

Jika biasanya konsumen membeli, registasi kartu, pulsa / paket internet, dan tetek bengeknya melalui pihak ketiga (bisa konter, mini market, toko daring, dll), maka lain halnya dengan by.U.

Semua layanan mulai dari registrasi SIM Card, beli pulsa dan kuota internet, metode pembayaran, sampai cek pulsa dilakukan secara digital lewat aplikasi.

Cara Membeli Kartu By.U via Aplikasi

Alurnya sebenarnya tidak jauh berbeda seperti belanja online di marketplace pada umumnya. Tapi karena ini cerita pengalaman, maka akan kita jelaskan secara detail mengenai bagaimana cara membeli kartu by.U.

Langsung saja, mari kita mulai gan!.

Langkah Ke-1

Pertama-tama, silahkan instal aplikasi by.U yang tersedia secara gratis di Google Play Store atau klik tautan ini untuk mendapatkan bonus kuota 2GB secara cuma-cuma (dibaca gratis).

Langkah Pertama Membeli Kartu Perdana By.U

Tampilan halaman awal setelah intro akan seperti ini gambar di atas. Tekan tombol Yuk, Mulai lalu daftar atau login dengan akun Gmail atau Facebook untuk masuk ke dashboard utama.

Langkah Ke-2

Begitu masuk ke beranda, pilih paket internet yang tersedia lalu tekan Beli. Sesuai dengan promo yang kita sebut sebelumnya, disini kita pilih 11 GB yang kebetulan harganya sedang promo Rp 11.000 :

Order Paket Internet Murah By.U

Nanti akan ada opsi tambah topping pulsa dengan nominal :
  • Rp 5000
  • Rp 10000
  • Rp 20000
  • Rp 25000
  • Rp 50000
  • Rp 100000

Oh ya perlu kita sampaikan, topping yang dimaksud pada langkah ini sifatnya opsional, jadi boleh dipilih, boleh tidak.

Langkah Ke-3

Sekarang waktunya memilih nomor kartu. Prefiks atau kode nomor operator yang digunakan by.U adalah 0851. Tangkapan layarnya bisa dilihat pada gambar berikut (klik untuk memperbesar) :

Memilih Nomor By.U Lewat Aplikasi Android

Jika tidak ada nomor yang cantik, biarkan saja sampai waktu mundur di atas itu habis supaya sistem refresh nomor baru secara otomatis.

Langkah Ke-4

Calon pelanggan diberikan 2 opsi untuk delivery SIM Card. Keduanya adalah diambil sendiri atau diantar. Nah disini kita memilih SIM Card Diantar, jadi kita perlu mengisi data nama penerima dan alamat tujuan.

Silahkan isi dengan sejelas mungkin supaya paket tidak nyasar :

Metode Pengiriman Kartu By.U dengan JNE

Kartu nantinya dipaketkan lewat pengiriman JNE. Enaknya, kita tidak dikenai biaya sepeserpun untuk ini aka gratis ongkir. Good job lah untuk manajemennya!.

Langkah ke-5

Bagian inilah yang menurut kita cukup disayangkan. Metode pembayaran by.U kurang variatif. Hanya ada wallet, virtual account (Mandiri, BNI, dan Permata), dan credit card saja, jadi kita tidak bisa bayar dengan transfer bank BRI / BRIVA.

Metode Pembayaran Telkomsel By.U

Untuk payment method dompet digital bisa dibayar dengan :
  • LinkAja
  • Ovo
  • GoPay

Untungnya waktu itu masih ada sisa Ovo Points hasil cashback dari pembelian Samsung Galaxy A8 Star di Tokopedia beberapa waktu yang lalu, jadi tidak perlu repot untuk top-up saldo.

Langkah Ke-6

Jika pembayaran berhasil, nanti akan muncul pesan Selamat, Pembayaran berhasil. SIM kamu akan segera dikirim ya disertai ID pembayaran dan nomor HP.

Pembayaran Sukses SIM Segera Dikirim

Tekan kembali ke menu utama. Sekarang akan ada 2 tombol baru, yaitu Aktifkan SIM dan Lacak SIM Card untuk mengetahui paket sudah sampai mana.

Proses Pengiriman By.U dengan JNE

Dalam kasus yang kita alami, pesanan kita diproses setelah 2 hari dari tanggal check out. Artinya, barang baru diserahkan ke pihak pengirim barang / jasa ekspedisi pada tanggal 13 November 2019.

Tak apa, toh JNE Reguler biasanya sampai dalam 2 sampai 4 hari kerja.

Melacak Pesanan Kartu Perdana Telkomsel By.U

Tanggal 15 November status pelacakan paket menunjukan jika paket sudah dibawa delivery courier ke alamat tujuan. Ntap sistem JNE, tidak seperti J&T dan Ninja Xpress yang bobrok banget.

Sore harinya sekitar pukul 3.40, mas-mas kurir datang mengantar paket kartu perdana digital pertama di Tanah Air ini.

Buka Isi Paket Kartu By.U

Kebetulan kita sendiri yang menerima paket, jadi bisa langsung unboxing untuk melihat isinya. Oh ya, kemasan paket hanya menggunakan plastik biasa mirip seperti paket kiriman dokumen.

Kartu Perdana By.U Sampai di Alamat Tujuan

Didalam amplop sendiri terdapat 1 buah kartu SIM 4G yang sudah dipotong micro dan nano. Ada satu yang unik, mereka menyertakan SIM Card Ejector.

Selebihnya tidak ada yang spesial, jadi tinggal mengaktifkan kartu by.U.

Itulah cara membeli kartu perdana by.U Telkomsel. Secara keseluruhan, kita puas dengan layanan yang diberikan oleh provider ini. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih sudah membaca!.
4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    04 Desember
    • Kunjungi profil
    Penggunaan kartu by u apa saja
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      05 Desember
      • Kunjungi profil
      Maksudnya?
    Reply
  • Yon
    Yon
    04 Februari
    • Kunjungi profil
    ngisi pulsanya begimane gan
    • Yon
      Tiwo Satriatama
      04 Februari
      • Kunjungi profil
      Langsung lewat aplikasi by.u
    Reply