KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Kegunaan Google Play Service For Instant Apps di HP Android

Play Service Instant Apps - Kembali lagi Umahdroid akan berbagi pengetahuan tentang layanan Google dalam sebuah smartphone berbasis sistem operasi Android. Kali ini kita akan bahas cara menggunakan aplikasi instan, setelah beberapa waktu yang lalu kita sudah jelaskan fungsi carrier services di Android.

Proyek bernama Android Instant Apps ini dikenalkan ke publik dalam acara tahunan Google I/O Developer Conference yang acaranya sendiri dilangsungkan pada tanggal 18 Mei 2016 sampai 20 Mei 2016 lalu.

Artinya, ini sudah berjalan 3 tahun lebih. Yah cukup lama memang.

Google Play Service for Instant Apps

Perusahaan yang bermarkaas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini kemudian memberikan dukungan untuk pengembang dengan merilis Android Studio 3 pada Oktober 2017.

Apa itu Google Play Service for Instant Apps?

Google Play Service for Instant Apps adalah program perangkat lunak kecil yang memungkinkan pengguna ponsel pintar untuk menjalankan sebuah aplikasi Android tanpa perlu repot-repot menginstalnya ke sistem.

Aplikasi instan akan memiliki tombol Try Now yang letaknya tepat di atas tombol Install seperti tangkapan layar berikut :

Contoh Instant App Android di Play Store

Ketika menekan tombol tersebut, ponsel kita akan secara otomatis download assets yang dibutuhkan. Begitu selesai, sistem akan memenjalakannya tanpa perlu diperintah.

Berikut gambar saat running di Asus Zenfone :

Cara Menggunakan Google Play Instant

Teknologi seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang baru karena sekilas mirip dengan aplikasi potable yang bisa kita jumpai di platform Microsoft Windows dan AppImage pada distribusi Linux.

Dari segi pengembang, aplikasi instan Android sedikit lebih rumit karena produk yang mereka garap harus bersifat modular.

Fungsi Google Play Service for Instant Apps

Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya, kita bisa menjalankan tanpa instal aplikasi yang kita inginkan. Pendekatan semacam ini tentu akan melegakan storage pada perangkat.

Google Play Service for Instant Apps itu Apa

Android instant apps akan sangat membantu organisasi e-commerce dan games.

Pengguna yang menemukan aplikasi instan dari hasil pencarian Google atau situs web perusahaan akan diarahkan untuk mengunduh versi lengkapnya. Dengan begitu rasio pemasangan akan meningkat.

Cara Menggunakan Instant Apps di Android

Kita perlu menghidupkannya terlebih dahulu. Buka menu Settings > gulir ke bawah lalu pilih Google > cari Google Play Instant > sekarang klik Upgrade web links untuk mengaktifkan dan menonaktifkan > Selesai.

Play Service for Instant Apps Versi Terbaru

Atau bisa juga dengan buka Play Store, masuk ke Setelan, lalu pilih Google Play Instan. Selebihnya sama seperti diatas.

Baca juga :

Jika tidak ada pilihan tersebut, kemungkinan ponsel kalian tidak support. Untuk menikmati fitur ini, perangkat harus menjalankan Android 6.0 Marshmallow atau versi diatasnya.

Langkah Menghapus Instant Apps

Walau pada dasarnya tidak terpasang di ponsel, tapi kita bisa menghapus dengan cara di bawah Clear app. Pilihan install juga tersedia di halaman yang sama. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat screenshot dibawah ini :

Hapus Aplikasi Instan Android

Tekan tombol konfirmasi yang ada pada dialog baru. Oh ya, menu tersebut ada di Setelan Telepon > Aplikasi dan Notifikasi > Info Aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Instan

Salah satu manfaatnya utama dari konsep ini adalah soal discover-ability. Terkadang, pengembang aplikasi Android sering berjuang untuk meningkatkan visibilitas aplikasi karena berperingkat rendah.

Instant apps memiliki sejumlah keterbatasan. Mereka tidak bisa :
  • Berjalan di latar belakang
  • Memberikan layanan notifikasi
  • Mengakses penyimpanan eksternal
  • Mengidentifikasi Mobile Equipment Identity (IMEI)
  • Melihat alamat kode otentikasi pesan (MAC)

Bagikan apa fungsi Google Play Service for instant apps ke teman-teman kalian di sosial media supaya tidak gaptek. Sampai jumpa di artikel teknologi lainnya. Terimakasih sudah membaca!.
4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    13 April
    • Kunjungi profil
    Apakah beresiko jika datanya di hapus??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      14 April
      • Kunjungi profil
      Cuma data aplikasinya aja. Tidak berpengaruh ke data pribadi seperti foto, musik, video, dan sebagainya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    05 Oktober
    • Kunjungi profil
    Tanya donk, cara menghilangkan notifikasi instant apps
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      06 Oktober
      • Kunjungi profil
      Maksudnya mematikan update instant apps atau notifikasinya aja?. Kalo cuma notifikasi tinggal di atur aja di pengaturan aplikasi > notifikasi > matikan
    Reply