Cara Lock Jaringan 4G LTE di Asus Zenfone Semua Tipe

10:34
Tutorial setting 4G only di Zenfone - Kebanyakan atau hampir seluruh smartphone sekarang memang sudah support jaringan 4G. Tidak terkecuali smartphone Asus Zenfone. Kali ini Umahdroid akan berbagi tips Android bagi kalian yang mungkin sedang kalian cari, bagaimana mengatur jaringan agar tetap 4G LTE di Zenfone.

Tutorial di artikel ini bisa digunakan di semua seri Asus Zenfone. Syaratnya smartphone kalian memang sudah mendukung jaringan LTE, dan ada area kalian sudah tercover jaringan yang terkenal paket internetnya murah ini.

Sebagaimana kita ketahui, WCDMA / GSM (3G) memang lebih mahal. Jadi kebanyakan user dengan smartphone LTE akan lebih memilih paket 4G dibanding 3G. Masalahnya, jika kalian tidak hanya memiliki paket 4G saja.

Langkah-langkah Setting 4G LTE di Zenfone

Jika ini dibiarkan bisa pindah sendiri dan otomatis pulsa kalian akan dipotong karena berjalan di 3G.

Untuk itu juga Umahdroid akan share mengunci jaringan 4G Only di Zenfone agar tidak berubah mengikuti jaringan otomatis.

Penasaran bagaiamana? Mari kita mulai!

Setting Sinyal 4G Only di Asus Zenfone

Untuk langkah-langkahnya sangat mudah. Kalian bisa langsung praktekan sendiri, dan pastinya tanpa Root atau aplikasi pihak ketiga. Kembali kita ingatkan, pastikan tempat kalian mempunyai jangkauan atau coverage LTE yang bagus.

Berikut yang perlu kalian lakukan untuk mengelock Zenfone di 4G LTE :
  • Pertama buka Dialup
  • Setelah itu ketikan *#*#4636#*#*
  • Nanti akan muncul jendela baru dengan berbagai pilihan seperti : Device Information, Usage Statistic, dan Wi-Fi Information
  • Langsung saja pilih Device Information atau jika dalam bahasa Indonesia berarti Informasi Perangkat
  • Ganti LTE Only pada menu Set Preferred Network Type atau Setel Jenis Jaringan yang Disukai
  • Selesai. Tunggu sebentar, jaringan ponsel kalian akan otomatis lock 4G
  • Selamat menikmati paket internetan murah

Kelemahan dan Kekurangan

Tutorial diatas memang sangat mudah diterapkan. Namun ada harga yang harus kalian bayar ketika menerapkan ini. Bukan harga berupa duit, pulsa, atau semacamnya ya. Ini hanya istilah aja :D

Jangan kaget jika nanti doi marah-marah karena nomor kalian tidak bisa dihubungi.

Jangan lewatkan :

Tapi tenang saja, HP kalian engga rusak kok.

Sebenarnya, 4G LTE yang kalian gunakan tidak support untuk digunakan mengakses voices dan mail SMS secara langsung. Bahasanya diterima?

Maksudnya begini, jika kalian mengatur jaringan seluler Zenfone 4G only, maka SIM card tersebut tidak bisa digunakan untuk telfon dan SMS. Dengan kata lain, 4G hanya bisa digunakan untuk data internet saja.

Ketika kalian telponan, atau SMS an kalian menggunakan jaringan 3G / 2G. Jikalau menggunakan Volte, kalian perlu menggunaman aikasi khusus Vo-LTE. Sayangnya, tidak semua provider dan baru Smartfren GSM+ saja yang bisa.

Sampai disini setuju? #SetelMarioTeguh

Itulah langkah-langkah mudah setting lock 4G agar tidak berubah otomatis jadi 3G atau Edge. Share pengetahuan ini apabila bermanfaat. Sampai ketemu diposting selanjutnya!

Artikel Rekomendasi

4 Komentar
avatar

Waaah keren akhirnya nemu juga cara lock nya disini... Makasiih yaaa...
Trus klo mau unlock lagi setelah nya gimana yaa???

Balas
avatar

Tinggal ganti aja ke setelan sebelum dirubah kak. Sama-sama, senang bisa membantu :)

Balas
avatar

Di zenfone 5 tidak bisa me-lock sinyal 4g.
Apa memang belum suport ?

Balas
avatar

Zenfone 5 ada 2 versi : versi yang masih 3G dan versi yang sudah 4G LTE. Untuk Zenfone 5 yang LTE serinya A500KL. Begitu Mas Dewa

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.