KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Versi Layar 5.5 inci

Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL - Mugkin kalian sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambasador Asus : Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari. Nah kali kita akan coba listing dan bagikan pada pembaca Umahdroid perihal kelemahan dan masalah Zenfone 3 Max versi Snapdragon.

Asus memang terlihat cukup serius dengan lini Zenfone 3 Max. Ini terbukti dengan adanya peningkatakan spesifikasi yang cukup signifikan dibanding dengan versi sebelumnya.

Mulai dari ditunjuknya Snapdragon yang sebelumnya menggunakan MediaTek, peningkatan kamera, desain fisik, kembalinya tombol kapasitif yang tadinya menggunakan tombol virtual, digunakannya teknologi laser, dan lain-lain.

Penasaran apa saja kelemahan dari ponsel berlayar 5.5 inci ini? Mari kita bahas satu persatu!

Suara Speaker Mlempem

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari phablet ini adalah output audio. Jika kalian termasuk orang yang suka memainkan musik lewat speaker ponsel, mungkin ini akan sedikit mengganggu. Sebenarnya tidak ada masalah pada hasil suara yang dihasilkan jika setelan volume yang digunakan tinggi.

Kelemahan Asus Zenfone 3 Max

Namun jika volumenya diturunkan hingga titik tertentu, suaranya akan seperti orang yang asmanya kumat. Hampir semua pengguna Zenfone 3 Max seri ini mengalaminya.

Entahlah ini bug dari software atau memang kualitas hardware speakernya yang jelek.

Apakah mengganggu? Jelas! Manusia normal akan cenderung memutar musik dengan volume rendah di suasana sunyi.

Perlindungan Layar Kurang Greget

Sebagaimana kita ketahui Zenfone 3 Max ZC553KL menggunakan layar 5.5 jenis IPS dengan kerapatan pixel mencapai mencapai 401 ppi. Namun sangat disayangkan, Asus tidak melapisi layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass sebagaimana ponsel-ponsel lain.

Sangat disayangkan jika layarnya yang besar hanya dilapisi Oleophobic Coating. Walaupun bisa mengurangi jejak sidik jari yang mungkin tertinggal di layar, namun proteksinya tentu saja jadi kurang greget.

Jadi, apabila kalian sudah mantap meminang smartphone ini, pastikan segera melapisinya dengan tempered glass untuk jaga-jaga dari pada menyesal nantinya. Umumnya penggantian layar smartphone memerlukan biaya yang relatif mahal.

Border Hitam

Kekurangan lain pada layar tidak hanya tanpa Gorilla Glass. Memang sih bezel dari Zenfone 3 Max ZC553KL terlihat tipis. Ini yang menjadikan bagian depan HP ini mempunyai nilai estetika yang bagus. Screen to body ratio nya mencapai 72.3%.

Namun sangat disayangkan, ada kekurangan yang yah seharusnya tidak perlu terjadi.

Garis Hitam di Layar Zenfone 3 Max

Border / bingkai hitam di sekujur layar nya mengurangi nilai plus yang ada di atas kertas. Memang secara performa tidak mengganggu, namun kembali, hal ini mengurangi desain cantik yang disandangnya. Apalagi pada warna silver, border hitam pada layar Zenfone 3 Max ZC553KL akan sangat terlihat jelas.

Salah satu trik yang mungkin berguna adalah dengan membeli Zenfone ZC553KL warna Gray untuk menyiasati garis hitam yang membentang dipinggir layar. Bagian depan varian warna ini berwarna gelap jadi akan lebih tersamar.

Bagian Sisi Mudah Retak

Smartphone ini mengusung desain unibodi dengan material metal pada bagian belakang. Namun kita tidak akan bahas soal bagian belakangnya. Kelemahan lain ada pada bagian sisi-sisi Zenfone 3 Max versi Snapdragon ini.

Fisiknya ternyata yang kurang prima.

Body Zenfone 3 Max Mudah Retak

Ini terbukti dengan banyaknya keluhan pengguna tentang retaknya lubang sekrup yang ada dibagian bawah, tepatnya diantara lubang charger beberapa hari setelah pembelian ( lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya - photo by Kent Ung ), padahal ponselnya tidak pernah terjatuh.

Asumsi sementara ini karena tertekan saat ditaruh di celana. Seharusnya kejadian semacam ini tidak perlu terjadi apabila material atau kualitas perakitannya sudah baik.

Sensor Cahaya Labil

Sensor cahaya berguna untuk mengatur pencahayaan otomatis. Jadi ketika kita di area dengan kondisi terang, maka layar akan otomatis meningkatkan kecerahan layarnya. Begitupun sebaliknya, apabila kondisi minim cahaya.

Namun ternyata kemampuan ini tidak bekerja dengan semestinya. Ketika opsi kecerahan otomatis dihidupkan, Zenfone 3 Max ZC553KL bisa berubah sendiri. Kadang bisa cerah sendiri, kadang bisa redup sendiri. Sebagai tambahan saja, kekurangan ini juga terjadi pada Zenfone 3 Laser.

Bagaimana solusinya? Atur manual. Caranya :
  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Display
  • Pilih Brightness Level
  • Disable dengan menghilangkan checklist pada Automatic Brightness

Atau jika ingin cara yang lebih simpel lagi dari home screen, kalian bisa swipe ke bawah notifikasi panel, lalu disable tombol Auto yang ada di sebelah kiri layar. Selesai!

Belum Support Fast Charging

Selipan nama Max pada Zenfone 3 ini menandakan baterai besar yang diusungnya. Dengan kapasitas baterai 4100mAh pada Zenfone 3 Max ZC553KL ditujukan untuk menyasar pengguna yang mendambakan ponsel Android baterai awet.

Baca juga :

Apakah Zenfone 3 Max versi Snapdragon support fast charging? Sayangya tidak! Padahal Snapdragon 430 sudah mendukung Quick Charge 3.0 yang konon bisa mengisi baterai lebih cepat hingga 3x lipat.

Kalian bisa simpulkan sendiri kan? Ya, dengan kata lain untuk mengisi baterai hingga 100%, pengguna akan membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya sekitar 3 jam.

Tidak Ada Backlight

Nampaknya Asus masih mempertahankan kekurangan ini. Dari Zenfone generasi pertama ( zenfone 4 / 5 / 6 ) masih berlanjut hingga generasi ketiga. Backlight yang bisa sangat membantu ketika smartphone digunakan di kondisi yang gelap nyatanya belum ada.

Bagi pengguna smartphone Asus yang sudah cukup lama mungkin tidak akan kesulitan untuk menekannya karena sudah biasa dengan keadaan ini. Namun tentunya mungkin akan berbeda cerita pada pengguna Zenfone baru yang perlu menyesuaikan.

Bahkan untuk Zenfone 3 tipe ZE520 dan ZE552KL pun yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi belum memiliki backlight pada tombol kapasitifnya. Cukup disayangkan memang, kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang.

Tidak Ada Earphone

Lagi-lagi ini kebiasaan lama Asus. Tidak jauh berbeda dengan kekurangan sebelumnya. Untuk pasar Indonesia, Asus masih enggan memberikan eaephone bawaan di paket penjualan. Jadi mau tidak mau kalian perlu menggunakan earphone sendiri.

Earphone Asus ZenEar Original

Sebenarnya perusahaan asal Taiwan ini telah mengeluarkan ZenEar, sebuah earphone keren buatan Asus. Namun sekali lagi, kalian mesti membelinya sendiri. Harganya sekitar RP. 130 ribuan. Kalian bisa membaca review Asus ZenEar, earphone stylish performa keren.

Tapi kalian perlu waspada karena banyak earphone Asus palsu yang beredar di luar sana. Jadi telitilah dalam membeli barang, alih-alih harganya lebih murah, eh ternyata KW.

Bloatware Melimpah

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstall secara default ( bawaan pabrik ) pada sebuah perangkat atau device termasuk smartphone Android dimana aplikasi ini cenderung kurang / tidak berguna bagi penggunanya.

Biasanya bloatware diikutkan oleh produsen sebagai kontrak dengan pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dengan vendor tersebut.

Memang sih Bloatware di Android bisa kita hapus atau uninstall. Namun tidak semuanya, beberapa aplikasi tersebut dikategorikan sebagai aplikasi sistem. Akibatnya kita sebagai pengguna tidak bisa menghapusnya begitu saja. Yah paling mentok di disable app saja.

Saran kita sih buat yang mau beli ini HP ditunda dulu. banyak sekali kekurangan dan keluhan dari para pengguna seri ini dan menunggu Asus Zenfone 4 Max Terbaru karena spesifikasinya lebih tinggi dengan harga yang tidak jauh beda.

Kekurangan Lain?

Sementara, ini saja kekurangan Zenfone 3 Max ZC553KL yang bisa kita share. Apabila kalian mempunyai kekurangan lain, jangan ragu untuk berbagi lewat komentar dibawah untuk pengetahuan kita semua. Akhir kata, semoga bermanfaat dan berkah. Aaamin!
141 komentar

141 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • hdrarfq
    hdrarfq
    06 Agustus
    • Kunjungi profil
    Min mau tanya, ni hp sinyal tidak stabil, kadang tiba2 kosong jarak brp detik full lagi, trus kosong, pkokny gak stabil dah.., dan dibawah kanan tutup belakang ada patah, kata konter coba ganti tutup belakang, apakah ganti tutup belakang bisa jadi solusi?
    • hdrarfq
      Tiwo Satriatama
      10 Agustus
      • Kunjungi profil
      Kurang paham deh kalo gitu. Apa tutupnya berkaitan dengan antena?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 Maret
    • Kunjungi profil
    Cara ngilangin layar berkedip gmna ya gans???
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Maret
      • Kunjungi profil
      Flickr maksudnya?. Biasanya kabelnya yang bermasalah
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Februari
    • Kunjungi profil
    Asus sya pada saat dicas mati dia suka restart, jdi ngak msuk2 ngecasnya...itu knp ya... mhin oencerahan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      14 Februari
      • Kunjungi profil
      Kemungkinan hardwarenya bermasalah Kak. Coba bawa ke ASC
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 Oktober
    • Kunjungi profil
    Gimana caranya downgrade OS min?? Zc5523KL saya berkedip terus setelah saya apgrade dari Nougate ke oreo
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      10 Oktober
      • Kunjungi profil
      Bisa pake ADB & Fastboot atau Asus Flash Tool Mas
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    30 September
    • Kunjungi profil
    Zc553kl terus2an berkedip setelah pembaruan sistem, apa yg harus saya lakukan biar normal kembali?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      30 September
      • Kunjungi profil
      Downgrade aja kalo gitu Kak
    Reply
  • yag
    yag
    05 Agustus
    • Kunjungi profil
    Bedanya firmware 3 max x00dd sama x00ddb ap
    Reply
  • Informasi terkini
    Informasi terkini
    09 Juni
    • Kunjungi profil
    Hp saya seri zc553kl kok layarnya suka berkedip ditambah lagi bagian atas layar timbul garis memanjang dan layar bergoyang dan berkedip mhon pencerahanya mas buat kasus ini.makasih
    • Informasi terkini
      Tiwo Satriatama
      09 Juni
      • Kunjungi profil
      Kemungkinan besar kabel fleksibelnya yang bermasalah Mas
    Reply
  • tahilalats
    tahilalats
    22 Mei
    • Kunjungi profil
    Zenfone 3 max ada yg snap ada yg mediatek. Mana yg lebih baik??
    • tahilalats
      Tiwo Satriatama
      22 Mei
      • Kunjungi profil
      Vote Snapdragon :D
      Kalo saya sih BIG NO buat MediaTek. Ini murni dari Saya loh ya. Kalo user lain pilih MediaTek engga masalah, sah-sah saja. Hehe
    Reply
  • tahilalats
    tahilalats
    22 Mei
    • Kunjungi profil
    Askum
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    22 April
    • Kunjungi profil
    tiap muter musik pasti terpause sendiri, habis itu nyala sendiri, padahal kondisi hp nyala , bahkan lagi ane pegang, dan itu mengganggu kenyamanan

    sudah pake app pemutar musik lain juga hasilnya minim, mohon dibantu min kasih saran kira kira apa itu yaterimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 April
      • Kunjungi profil
      Coba cek pembaruan software Mas. Mungkin saja bug dari firmwarenya
    Reply
  • Ferzha
    Ferzha
    01 April
    • Kunjungi profil
    Saya juga punya 3 max layar berkedip kadang sempat ngeblank, biasanya knp ya???
    • Ferzha
      Tiwo Satriatama
      10 April
      • Kunjungi profil
      Bisa jadi karena ada komponen yang bermasalah. Bawa ke ASC aja kalo masih garansi Mas
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Februari
    • Kunjungi profil
    Nice info..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      10 April
      • Kunjungi profil
      :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    12 Februari
    • Kunjungi profil
    bazel bagian bawah retak.pdahal hp belum pernah jatuh.pembilan baru 1.bulan..kira2 di bawa ke Asc diganti gak ya casingnya..? zc553kl
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      18 Februari
      • Kunjungi profil
      Kalo memang tidak pernah jatuh bawa saja mas mumpung masih garansi
    Reply
  • PB lovers
    PB lovers
    07 Januari
    • Kunjungi profil
    Hp asus zenfone 3 max saya lcd ga bisa gerak tapi udah ganti lcd masih gabisa jg. Terus di cek mesin nya katanya bermasalah di mesin. Belum lama di beli. Tp terkhir ngga ada kebanting, ke gencet, cma saya letak di atas meja dan saya tinggal tidur. Kok gitu, udh abis klaim garansi udh abis.
    • PB lovers
      Tiwo Satriatama
      08 Januari
      • Kunjungi profil
      Bisa jadi karena cacat pabrik Mas. Garansi sudah habis berarti sudah dipakai setahun?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    21 November
    • Kunjungi profil
    Lah untung ya gak jadi beli asus yang tipe ini ya hihi
    Untung kemarin ambil Asus Zenfone 3 ZE552KL, yah walaupun kapasitas batre kecil gpp lah asal yg lain berfaedah hohoho
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 November
      • Kunjungi profil
      Betul sekali, yang penting fungsinya bisa memenuhi kebutuhan. Walaupun kecil tapi kehitung irit kok
    Reply
  • danis
    danis
    20 November
    • Kunjungi profil
    permisi mau nanya..
    asus zenfone 3 max zc553kl saya juga mengalami layar berkedip, belum sempet saya backup datanya layar hape saya tiba2 blank black screen sampe sekarang. saya sudah ke asus center ingin klaim garansi tapi kata asus center nya semua data pada hape saya akan hilang semua. Kira2 ada saran gak min buat backup data pada asus zenfone 3 max saya yg dalam keadaan layar blank black screen? Terimakasih..
    • danis
      Tiwo Satriatama
      20 November
      • Kunjungi profil
      Kalo cuma layar yang mati harusnya tetep konek ke pc. Tapi kalo hardware penyimpanan ya mesti direlakan Mas. Itu kenapa kita pernah membuat posting pentingnya backup data berkala. Semoga membantu
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    10 November
    • Kunjungi profil
    Punya saya juga retak bawahnya & lama kelamaan susah ngecas dan alhasil harus di ganjal konektornya supaya bisa ngecas. Mau ke ASC Bandung jauh :( gimana ya enaknya? Kalo beli casing orinya berapa ya? Trus ganti flexible pcb chargernya bisa sehari jadi ga ya? Biar cepet dijual hihi..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      17 November
      • Kunjungi profil
      Hehehe, udah mau ganti HP ya? Coba cek toko-toko online. Kalo ganti komponen bisa ditanyakan ke tukang service :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    05 November
    • Kunjungi profil
    Alhamdulillah asus saya lancar buat game smpe hbs batre pun ga panas. Yg msh penasaran "update asus" itu bikin troble ga ya? Lbh baik d update atau biarin aja??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      17 November
      • Kunjungi profil
      Alhamdulillah, semoga awet ya Mas :)
      Terserah sih, susah jawabnya. Bisa iya, bisa engga. Tapi kalo saya selalu diupdate untuk patching security itu yang penting
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    05 November
    • Kunjungi profil
    Pagi mbk.. Asus zenfone 4 max pro kwalitas suara spekernya gmn ya sbenarnya.. Apa memamng kecil gitu ya suaranya apa memang punyaku yg cacat dr pabrik ya.. Suaranya kurang kenceng kurang dri standartnya smatrphone lah pokoknya..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      17 November
      • Kunjungi profil
      Saya malah belum pernah pegang zenfone 4 max pro mas. Maaf ya
    Reply
  • Milanisti (The Angel Of Rossoneri Indonesia)
    Milanisti (The Angel Of Rossoneri Indonesia)
    25 Oktober
    • Kunjungi profil
    Waahh bener bgt tuh bagian sisi mudah retak. Itu yg sayaa alamin. Kirain karna jatuh sm anak sy. Ternyata emang bawaannya gitu ya... Hmmm hp mahal tp sayang bgt banyak minusnya. Dan 1 hal lagi layarnya yg saya mati setengah ga bisa d touch. Mau ke asus centernya tp maju mundur soalnya banyak review yg jelek. Mohon pencerahannya...
    • Milanisti (The Angel Of Rossoneri Indonesia)
      Tiwo Satriatama
      28 Oktober
      • Kunjungi profil
      Maju mundur gimana Mbas? Yap, minusnya memang begitu. Tapi engga tau deh sekarang masih begitu engga
    Reply
  • Myiszy
    Myiszy
    16 Oktober
    • Kunjungi profil
    Signal data sering timbul tenggelam.. Tdk stabil.. Harus
    On off paket data, Pdahal
    Sy jg pake Op.f3, dg krtu jringan
    Yg sama dan stabil, kamera dpn, tdk
    Real colour.. Kecewa bli hp mahal tp sehebat namanya... Hmm.. Sama dg laptop sy, hole mic in longgar, speaker sdh pecah, pdhal jrg keras2..huff.. Ga lagi lah bli merk ini..
    • Myiszy
      Tiwo Satriatama
      17 Oktober
      • Kunjungi profil
      Bisa juga karena faktor software. Yah, kalo gitu lain kali cari yang lebih awet :D
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    14 Oktober
    mau tanya dong,asus Zenfon 4 Max pro klo di pakein headset buat nelfn suaranya berbalik, itu knp yah??
    makasih sbelumnya��
    • Anonim
      Tiwo Satriatama
      17 Oktober
      • Kunjungi profil
      Belum pernah pegang Zenfone 4 Max Pro. Hehe
      Coba tanyakan lewat aplikasi MyASUS - Service Center saja Mbas
    Reply
  • Okta
    Okta
    07 Oktober
    • Kunjungi profil
    Asus 3max saya sminggu yg lalu dbawa k ASC karena stuck d logo dan tdk bisa charge batt,,, hari ini selesai dan semua normal, sampainya drumah sinyal kedua sim hilang, d coba d hp laun sim card tdk masalah.. Apa ada kesalahan saat service atau bagaimana ya??
    Sinyal muncul sbntar2, tp utk cek pulsa aja gbisa.
    • Okta
      Tiwo Satriatama
      09 Oktober
      • Kunjungi profil
      Pas di ASC sebelum pulang dicek engga Mbak Okta? Kalo dituker slot bagaimana?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 Oktober
    • Kunjungi profil
    Habis service touchascreen zinedine 3 max 5.5" yang di pecah d asc,baru sadar ternyata memori internal kok jadi 6,40gb,itu caranya gmna ya ,??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 Oktober
      • Kunjungi profil
      Coba buka file manager lalu masuk storage analyzer, cek disitu mba kira-kira file apa yang makan banyak memori. Kalau tidak ketemu juga coba factory reset saja (jangan lupa backup data penting dulu)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 September
    • Kunjungi profil
    Gw biasa kedap kedip biasa juga langsung blank hitam klo udah lama kedip trus kedsp kedip lagi itu gmna itu solusinya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 September
      • Kunjungi profil
      Bawa ke Asus Service Center aja untuk klaim garansi mas
    Reply
  • leoinformation
    leoinformation
    30 Agustus
    • Kunjungi profil
    nama hapenya cepat panas ya.sebentar atau sekitar satu menit saja digunakan sudah terasa panas
    • leoinformation
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Ada banyak sekali faktor / penyebab yang membauat ponsel cepet panas. Kecuali waktu dulu masih pake Intel emang iya gampang panas. Untungya Asus cepet move on ke Qualcom, jadi lebih adem
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Agustus
    • Kunjungi profil
    Alhamdulillah saya udh 1bln pake gada masalah. Cuma kalo mau colok headset harus dilepas dl karet pelindung nya karna ngeganjel selebihnya OK gada masalah, bahkan saya sblm nya juga pake asus zenfone 5, saya suka asus karna bagian dlm ny terkenal baik&bandel. Zenfone 5 sy prnh nyebur air tp skrg bisa hidup lg tanpa service
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Syukurlah kalo gitu. Ikut seneng dengernya :)

      Zenfone 5 ini dari awal rilis masih sehat sampe sekarang. Paling cuma casing belakang aja yang lapisannya udah mulai mengelupas.

      Belum pernah serive, bongkar, apalagi ganti komponen. Beberapa kali jatuh juga engga ada kenapa-kenapa.

      Terimakasih banyak ya sharingnya :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    20 Agustus
    • Kunjungi profil
    maaf ini hp saya baru beli kok malah fingerprint dan touchscreennya tidak berfungsi? padahal tidak jatuh. adakah solusinya? sebelumnya saya sempat pakai fingerprint 1 hari lancar setelah itu hp saya tinggal seharian, pas mau di pake lagi malah gak muncul buka kunci dengan sidik jari. mohon solusi. thanks
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Coba setting lagi di pengaturan Mas. Pernah suatu ketika finger print di Zenfone 3 kita juga ilang secara misterius. Cuma settting finger print aja kok di pengaturan. Alhamdulillah sampe sekarang engga ada masalahnya engga muncul lagi
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    18 Agustus
    • Kunjungi profil
    Belum seminggu pake zc553kl ini, rasanta aneh bgt sm kamera di dalem ruangan. Noise nya parah, terututama kamera depan. Apa emg gt yah?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Sebagus-bagusnya kamera ponsel yah cuma begitu aja sih Mba. Tetep aja engga akan semaksimal kamera beneran
    Reply
  • Saya
    Saya
    07 Agustus
    • Kunjungi profil
    Hp q asus zen 3max tiba2 lyarnya goyang2 dan kedip2 terus
    • Saya
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Bawa ke ASC saja untuk klaim garansi. Kemungkinan ada komponen yang tidak sehat
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Agustus
    • Kunjungi profil
    Bisa tolong diberikan saran untuk headset asus zen 3 max cz553kl, untuk smulean selalu ada bunyi berisik, seperti jack headset yg diputar2. Mohon bantuan headset yg rekom ya min. Thanks
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Kalo pake earphone lain gimana mas? Apa tetap begitu?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Agustus
    • Kunjungi profil
    Gmn ya caranya menampilkan kembali wallpaper asus zenfone 3 max,karena layar hp saya hitam dan tidak bisa menerapkan wallpaper,,memang saya bisa menerapkan wallpaper tapi terlihat hanya di layar kunci,,mohon bantuannya siapa saja,,
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Kalo dari Gallery lalu set sebagai wallpaper bisa engga mbak?
    Reply
  • Trio
    Trio
    01 Agustus
    • Kunjungi profil
    Saya sangat2 kecewa dengan asus zenfone 3 max 5.5" baru sebulan mendadak Touchscreen not function dan saya bawa ke asus center estimasi 4 minggu spare partnya ini membuat saya sangat kecewa dan ketidak puasan saya dengan asus firs and last..is the best samsung lebih kuat
    • Trio
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Semua perusahaan tanpa terkecuali pasti punya produk yang cacat produksi. Kalo pas apes beli barang malah dapet yang cacat itu emang bikin emosi. Apapun merknya, semoga pengalaman buruk Mas Trio tidak terulang lagi ya :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    30 Juli
    • Kunjungi profil
    Mendengarkan dari headset bisa tapi kalau dari speaker ga masuk masuk, itu knpa ya?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Semua suara tidak muncul mas?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Juli
    • Kunjungi profil
    Kenapa asus zenfone 3 max 553kl saya gak ada pemutar musik bawaan seperti hp lain ya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Juli
      • Kunjungi profil
      Pemutar musik bawannya menggunakan Google Play Music. Untuk Asus Music sudah tidak disupport di versi Android terbaru
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Juli
    • Kunjungi profil
    Mau tanya nih min kenapa ya zen3max saya kalo di pake main game ni hp cepat panas baterai nya hanya tahan sekitar 3jam setelah diisi 100% dan dalam kondisi standby hp ini tetep panas kecuali diganti ke mode pesawat
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      21 Juli
      • Kunjungi profil
      Pas buat ngegame pake mode baterainya apa power saving / normal / performance? Oh ya coba cek ada aplikasi yang berjalan di background. Sekiranya yang tidak perlu di stop saja
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    07 Juli
    • Kunjungi profil
    Min mau tanya, kenapa ya hp asus zenfone 3 max zc553kl saya berkedip sendiri?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      21 Juli
      • Kunjungi profil
      Selamat siang. Berkedip gimana mas? Flickering gitu layarnya?
    Reply
  • fadhil ramadhan
    fadhil ramadhan
    06 Juli
    • Kunjungi profil
    Misi mau tanya min, dulu wkt awal beli ini hp buat main game hanya berkurang 3-4% skrg kenapa berkurang bisa sampai 10% ya? Terima kasih
    • fadhil ramadhan
      Tiwo Satriatama
      07 Juli
      • Kunjungi profil
      Sudah berapa lama Mas Fadhil?
      Kalo pemakaian untuk game intens biasanya akan lebih sering isi ulang apalagi sambil dicharge. Kebiasaan ini yang buat kemampuan baterai cepat menurun.

      Terus ada juga faktor sinyal juga sangat berpengaruh. Kalo sinyalnya bagus maka baterai juga akan lebih awet.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 Juli
    • Kunjungi profil
    Dimana ya tempat aplikasi pemutar musik di asus zenfone 3 max zc553kl
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      07 Juli
      • Kunjungi profil
      Asus Music sudah tidak disupport di Android terbaru. Alternative lain pake Google Play Music. Kalo mau lebih oke bisa beli Poweramp di Play Store.

      Untuk tutorial membeli aplikasi ada di postingan ini : http://www.umahdroid.com/2016/09/cara-membeli-aplikasi-play-store-dengan-pulsa-alloperator.html

      Tapi kalo masih mau pake Asus Music, nanti kita coba postingkan yang versi terbaru
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    02 Juli
    • Kunjungi profil
    Asus zc553kl saya baru 10 hari tapi tiba2 ngehang dan touchscreen tidak berfungsi termasuk tombol home, back.. Ttpi tombol vol dan power lancar...
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      07 Juli
      • Kunjungi profil
      Coba reboot dari recovery mode. Kalo masih bermasalah lebih baik bawa ke ASC aja, biar klaim garansi. Garansi resmi kan Mba Dew?
    Reply
  • Habonaron Do Bona
    Habonaron Do Bona
    28 Juni
    • Kunjungi profil
    Saya jadi ragu buat up dari zen 2 max yg baterai 5000 mah.,padahal udh jatuh hati sm desainnya bro.
    • Habonaron Do Bona
      Tiwo Satriatama
      07 Juli
      • Kunjungi profil
      Mending tunggu sampe Zenfone 4 Max masuk Indonesia Mas Rom. Baterainya 5.000 mAh, desainnya lebih bagus (menurut saya), harganya juga boleh banget.

      Spesifikasinya bisa dicek pada posting terbaru kita lewat link http://www.umahdroid.com/2017/07/asus-zenfone-4-max-baterai-5000mah-3jutaan.html
    Reply
  • Suryoko
    Suryoko
    25 Juni
    • Kunjungi profil
    Maaf min,kemarin tgl 24 Juni 2017 saya hbs upgrade via OTA. Setelah selesai install dan skrg jd andoid 7.1.1 Nougat. Yg jd masalah,aplikasi kamera kok jadi error ya dan gak bisa buat memotret? Emang Asus Zenfone 3 Max ZC553KL mengalami masalah seperti itu? Mohon pencerahannya. Terima kasih banyak
    • Suryoko
      Tiwo Satriatama
      27 Juni
      • Kunjungi profil
      Ini aplikasi kamera bawaan ya Mas? Coba tes menggunakan aplikasi kamera yang lain. Kalo lancar mungkin masalah kompatibilitas firmware dengan aplikasi kamera bawaannya.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 Juni
    • Kunjungi profil
    Mau tanya, beli tempered glass yg pas buat zenfone 3 max zc553kl dimana ya? Huhu susah amat cari yang pas soalnya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      27 Juni
      • Kunjungi profil
      Hehe, benar sekali Mba Fitria. Kekurangan smartphone dengan layar 2D (melengkung disisinya) memang kadang susah untuk mencari tempered glass yang pas.

      Jikalau ada, biasanya layar tidak tercover sempurna. Ada yang bersisa di bagian sisi kanan-kiri layar (biasanya akan jadi warna putih), ada yang memang dibuat tidak full layar untuk menghindari sisa tersebut.

      Sebenarnya ada tempered glass yang pas alias tercover semua. Namun kadang malah menjadi masalah baru. Contoh timbulnya warna pelangi karena pemakaian tempered glass jenis ini. Ada juga yang mengurangi responsivitas layar.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    17 Juni
    • Kunjungi profil
    Layar benerbener ringkih.. apa pake tmpredglass bakal aman?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Tidak ada jaminan 100% aman. Soal aman engganya kembali ke penggunanya kak, jangan lupakan faktor apes :D Tapi kalo pertanyaannya apa bisa melindungi, jawabannya "Iya pasti". Misalkan :
      - Kalo jatuh engga langsung kena layarnya
      - Dari pada layar utama kegores, mending tempered glassnya yang kegores / lecet-lecet

      Semoga membantu :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 Juni
    • Kunjungi profil
    Mau tanya , klo setiap saya merekam video di dalam studio music , knp hasil rekamannya suara sember/gresek" gitu ya ?

    Apa ada setting an buat suara jernih saat merekam dan hasilnya bagus?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Iya kah kak? Sudah tidak lagi pakai HP ini. Diatas malah ada yang ngalamin engga ada suaranya. Coba chat pake aplikasi Asus Service kak
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Juni
    • Kunjungi profil
    saya pakai ASUS zenfone 3 max ZC553KL, tombol bagian bawah layar tiba2 ngehang sama sekali tidak bias, tetapi lacar beroperasi dgn baik. padahal baru di pakai sekitar 2 bulan. solusi nya apa Min
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Lebih baik bawa ke ASC saja minta klaim garansi saja kak
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Juni
    • Kunjungi profil
    Knapa panel bawah seperti home back itu tidak bisa digunakan sama sekali???
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Bawa ke ASC saja minta klaim garansi kak
    Reply
  • Chochothree
    Chochothree
    13 Juni
    • Kunjungi profil
    Saya mau beli hp asus ini, tapi kok kayak nya banyak yg complain gitu ya. Jadi ragu buat beli. Sebenarnya apa sih kekurangan hp ini?
    • Chochothree
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Kan sudah ditulis diposting kekurangannya. Hehe
    Reply
  • Agrobisnis
    Agrobisnis
    13 Juni
    • Kunjungi profil
    Mbak saya baru pakai zenfone ini sehari. Pas paginya baik baik aja. Tapi pas malamnya udah 2 kali restrat sendiri. Itu kenapa ya mbak? Gimana cara mengatasinya? Terima kasih
    • Agrobisnis
      Tiwo Satriatama
      22 Juni
      • Kunjungi profil
      Sampai sekarang masih restart sendiri engga? HP nya panas engga?
    Reply
  • Verdy
    Verdy
    10 Juni
    • Kunjungi profil
    Min..knpa yah btray hp zenfon 3 max sya cept terkuras pda saat standbay slma 8jam btray dri 100% mla tingal 80% pdahal baru sya pakai slma 2bulan
    • Verdy
      Tiwo Satriatama
      13 Juni
      • Kunjungi profil
      Wajar kok. Biasanya dari 100% ke 70-80% cepet berkurang. Nanti dari 70/80% kebawah baru rada awetan
    Reply
  • kuroreeboom
    kuroreeboom
    09 Juni
    • Kunjungi profil
    Banyak jg ya cacat produknya..
    Saya awal nya semangat banget mau beli ini hp tp setelah baca artikel mas jd galau hehe
    Kalo boleh minta saran hp merk dan tipe apa ya yg harganya deket kaya zf 3 max ini yg hampir sama speknya mas ?
    • kuroreeboom
      Tiwo Satriatama
      13 Juni
      • Kunjungi profil
      Yah memang begitu. Sebagai catatan kekurangan diatas seperti masalah sound dan sensor cahaya sudah fix setelah ada pembaruan software.
      Untuk yang paling mendekati ada Xiaomi Redmi Note 4. Coba deh Mas Kuro googling HH nya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 Juni
    • Kunjungi profil
    Zenfone ku baru dipake 2bulan, pake lagi denger lagu baru 2lagu, batere masi sekitar 75%,tiba2 restart sendiri. Setelah keluar tulisan ASUS , langsung padam total. Gak bisa hidup lagi. Nyesal wa beli HP ASUS. Skrg da dibawa ke asus service center. Tinggal nunggu kabar saja. Kalo hasil tak beres, saya harap ASUS tutup aja tuh pabrik nya.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      08 Juni
      • Kunjungi profil
      Turut berduka. Kayaknya lagi apes Mas Herman. Bisa jadi karena cacat dari pabrik, karena setiap produk apapun itu pasti ada kesalahan seperti ini. Semoga cepet beres urusannya ya Mas Herman
    Reply
  • Pariscreationsolshop
    Pariscreationsolshop
    31 Mei
    • Kunjungi profil
    Klo ngerekam suara suka gk kedenger begitupun juga dengan video tidak terdengar suaranya. Sarannya
    • Pariscreationsolshop
      Tiwo Satriatama
      08 Juni
      • Kunjungi profil
      Masih garansi kah Mba Siti? Bawa ke ASC saja buat klaim garansi mba
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    29 Mei
    • Kunjungi profil
    Apakah zd3 max ini cukup layak dibeli? Atau ada alternatif lain ya ?mks
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      08 Juni
      • Kunjungi profil
      Menurut kita sih layak mas. Tapi soal daya baterai lebih sangar yang seri Max pertama
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    27 Mei
    • Kunjungi profil
    Min mau nanya,, kok asus ZenFone 3 max gk ada app pemutar video?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      08 Juni
      • Kunjungi profil
      Pemutar video di Asus sudah built in. Misalkan buka ada video di ponsel mbas tap saja nanti akan ada pilihan buka dengan video player atau semacamnya
    Reply
  • EMDE Channel
    EMDE Channel
    20 Mei
    • Kunjungi profil
    Saya sebelumnya ngebet banget pingin beli HP Zenfone 3 Max ZC553KL ini, tapi pas banding spesifikasi terutama perihal fotografi kok gak ada mode Deep Of Field (kedalamn bidang) ya? apa benar memang gak ada mode itu? padahal saya suka banget dengan mode fotografi tersebut. Please response!
    • EMDE Channel
      Tiwo Satriatama
      25 Mei
      • Kunjungi profil
      Memang tidak ada. Tapi ada mode manual buat yang suka ngatur manual pengaturan cameranya. Kalo mau Asus buat fotogarafi lebih baik nabung sedikit lagi buat ambil ZE520KL.

      Biar baterainya kecil sering dinyiyirin sama fanboy merk sebelah tapi diluar dugaan bisa seawet ini dikelas ukuran segitu
    Reply
  • -
    -
    12 Mei
    • Kunjungi profil
    Mau tanya. Saya pernah menemuka blog mengatakan kalau seri z520tl tidak ada aplikasi untuk mp3 jadi untuk musik via google play music. Apakah yang seri ini juga?
    Terima kasih
    • -
      Tiwo Satriatama
      25 Mei
      • Kunjungi profil
      Google Play Music juga aplikasi untuk mp3. Di Nougat Asus Music sudah tidak di support lagi
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Mei
    • Kunjungi profil
    Lemahdilcdtouchsreensmpengetikajagabisaspasi
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    07 Mei
    • Kunjungi profil
    LCD tiba2 error mulai dr bawah merembet keatas,pdhl tdk prnh jatuh. Sy tny2 katanya LCD kena dan ongkos ganti 930rb blm trmasuk ongkos.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Mei
      • Kunjungi profil
      Engga bisa claim garansi mas?
    • Unknown
      Unknown
      22 Agustus
      • Kunjungi profil
      sama punya saya juga tuh.. awalnya sih kedip-kedip dilayar.. trus langsung blank layarnya hitam kadang putih.. dri cuma separo layar hingga semuanya
    • Unknown
      Unknown
      03 Desember
      • Kunjungi profil
      Punya sy juga, tiba2 ujung kanan bawah ga bsa, kemudian merambat ke 3 tombol bawah...skrg udah 1/3 lcd nya
      Kayaknya ini memamng kualitas lcd nya lemah...jelek
    • Unknown
      syamsul anam
      01 Agustus
      • Kunjungi profil
      iya dapet kasus sama lcd blank hitam di cas normal keluar indikator lampu, sya ganti konektor lcd di pcb alhamdulillah done
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    27 April
    • Kunjungi profil
    mas templar glass yg cocok gimana ? soalnya layar agak cekung tuh. minta saran mas
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Mei
      • Kunjungi profil
      Agak susah memang nyari tempered yang fit sama layar 2D smartphone kekinian. Kalo nekad pasang tempered biasa, alhasil pinggirnya putih karena engga nempel semua. Yang full ada sih, tapi efeknya ada yang dipasang jadi layarnya pelangi.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    25 April
    • Kunjungi profil
    Tempat saya, sim tray dan power button on/off aja yang agak kendor..
    overall good performance kok.. :) setelah update software, sound udah gak mlempem, sensor cahaya udah aman, kalo fast charging ditinggal tidur juga udah beres, hehe.. backlight?? gak terlalu penting juga.. :p
    cuman sayang di corglassnya aja sih yang bikin sedikit cemas.. semoga gak ada scratch dan gak terjadi retak diplastik atas & bawahnya.. aamiin ^.^
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Mei
      • Kunjungi profil
      Zenfone 3 basic juga goyang tombol volumenya. Oke deh, makasih mbas sharing ceritanya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lain
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    22 April
    • Kunjungi profil
    pada saat saya mau aktifin sensor jarinya kenapa ga bisa ya..! katanya "perangkat keras sensor tidak ada"
    mohon bantuanya.trims
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 April
      • Kunjungi profil
      Waduh ada lagi masalah. Bawa ke ASC aja mas / mba biar di cek. Kalo ada kerusakan bisa klaim garansi
    Reply
  • Wisnu
    Wisnu
    19 April
    • Kunjungi profil
    di hp saya tidak tersedia aplikasi splendid, jadi tidak bisa mengoptimalkan ketajaman warna layarnya, saya tidak tahu apa cuman di hp saya saja atau semua asus zenfon 3 max zc553kl emang seperti itu.. Mohon penjelasannya gan bagi yang tau
    • Wisnu
      Tiwo Satriatama
      25 April
      • Kunjungi profil
      Memang tidak support mas / tidak ada dari bawaan pabrik. Zenfone ZC520TL juga senasib. Agak heran juga, aplikasi ini kan penting banget buat ngatur komposisi layar.

      Dicoba install Splendid apk manual juga hasilnya tidak bisa dibuka mas
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    16 April
    • Kunjungi profil
    Mau nanya kenapa zenfon 3 Max saya pas bluetooh nya di aktifka hp nya ngeheng mati sendiri.... Mksh
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 April
      • Kunjungi profil
      Sudah coba factory reset mba? Kalo engga bener lebih baik klaim garansi saja, barang kali hardwarenya yang bermasalah
    Reply
  • syahirul alim
    syahirul alim
    13 April
    • Kunjungi profil
    hape ane body bawah retak di tempat dkt charger, ane kira karena jatuh padahal seinget saya g pernah jatuh tanpa case yg melindungi... trnyata bug dari hapenya...

    jadi kecewa :(
    • syahirul alim
      Tiwo Satriatama
      24 April
      • Kunjungi profil
      Betul sekali mas. Sayang sekali material fisiknya tidak max seperti namanya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 April
    • Kunjungi profil
    Sering rewel charger nya gak bisa full
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      10 April
      • Kunjungi profil
      Iyakah? Terimakasih mas Long informasinya. Semoga bermanfaat dan berkah
    Reply