KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Yahoo Ganti Nama Menjadi Altaba, Ada Apa Gerangan?

Yahoo dijual - Ada yang tidak kenal dengan Yahoo? Siapapun kenal dengan perusahaan ini. Hingga sekarang, kita juga lebih prefer ke Yahoo untuk layanan email. Karena pendaftarannya relatif lebih mudah dibanding Google. Nah berita tekno kali ini adalah tentang penggantian nama Yahoo menjadi Altaba.

Kembali ke pertengahan tahun lalu, tepatnya pada bulan Juli 2016, operator selular Verizon akhirnya menyetujui untuk mengakuisisi perusahaan raksasa digital Yahoo lewat sebuah kesepakatan. Kabarnya akhuisisi ini mencapai nominal sekitar 5 miliar US dollar.

Bagi yang sudah malang melintang di dunia digital mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama besar Verizon. Namun yang belum, maka kita akan coba bahas sedikit saja.

Verizon adalah sebuah perusahaan telekomunikasi ( penyedia layanan telepon, broadband internet, televisi digital ), IT Global Provider, Entertainment Services, dan Global Security Solutions Provider. Tercatat pada September 2014, mereka adalah salah satu dari yang terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan ini berbasis di Avenue of the Americas, Midtown Manhattan, New York.

Yahoo Ganti Nama Jadi Altaba

Verizon sendiri awalnya berdiri dengan nama Bell Atlantic, sebuah anak perusahaan dari Bell Operating Company. Bell Company sendiri memiliki 7 anak perusahaan yakni :
  • Ameritech
  • Bell Atlantic
  • BellSouth
  • NYNEX
  • Pacific Telesis
  • Southwestern Bell
  • dan US West

Nah Yahoo sendiri adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang didirikan pada 2 Maret 1995 dan berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo!

Dari perjanjian jual beli tersebut, 15% saham milik Alibaba dan 35,5% saham adalah milik Yahoo Jepang akan jatuh ke tangan Verizon.


Kabar yang beredar, kesepakatan ini juga menyisakan saham Yahoo yang tidak dijual akan berganti nama menjadi Altaba. Hal tersebut terungkap dalam pengajuan penawaran yang diserahkan Yahoo ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (disingkat SEC).

Perusahaan ini harus rela berganti nama karena telah kehilangan aset utamanya. Disisi lain, branding Yahoo yang sudah begitu kuat akan tetap dipertahankan, namun sebagai bagian dari Verizon.

Dengan demikian, pemilik baru perusahaan ini sepertinya tetap ingin mempertahankan brand Yahoo yang sudah terlanjur akrab dan populer untukdi masyarakat global.

Baca juga Pendiri Google Siapkan Mobil Terbang

Selain mengganti nama, dewan direksi Yahoo; Tor Braham, Eric Brandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney dan Jeffrey Smith, saat ini diusulkan menempati kursi direktur di Altaba. Sementara itu Marissa Mayer selaku SEO Yahoo, dikabarkan akan mundur dari perusahaan.

Bagaimana menurut teman-teman tentang Altaba hasil dari penggantian nama Yahoo? Setuju atau masa bodohkah? Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkungjung dan sampai ketemu di posting selanjutnya!
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan